Konsep Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok

  • Rika Lutfiana Utami Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
    (ID)

Abstract

Belajar bahasa merupakan pembelajaran yang tidak mudah, khususnya bahasa asing. Di antara bahasa asing yang dipelajari peserta didik di sekolah adalah bahasa Arab dan di masyarakat khususnya umat Islam bahasa Arab dianggap sebagai bahasa dalam agama. Pembelajaran bahasa Arab di sekolah membutuhkan tujuan, strategi, teknik, metode, dan pendekatan yang sesuai. Dalam penelitian ini mengkaji pendekatan komunikatif yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif adalah agar peserta didik lebih aktif dalam belajar bahasa Arab, mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab yang dipelajari di dalam kelas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif juga memperhatikan karakteristik peserta didik yang mana mereka berada pada masa peralihan dari sekolah dasar (SD/MI) ke sekolah menengah (SMP/MTs).

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Khodijah & Mardiah Astuti. 2017. Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pelajaran Bahasa Inggris di MIN 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI. Vol.3.

Mahmudah, U., & Wahab Rosyidi, A. (2008). Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Maksudin, & Nurani, Q. (2018). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga.

Published
2020-07-22
Abstract viewed = 1806 times