Al-Nakirah wa al-Ma’rifah

  • Hamka Ilyas
    (ID)

Abstract

Dalam pembahasan tentang isim, maka akan ditemukan berbagai macam kaidah-kaidah, misalnya ada kaidah isim muzakkar, dan mu’annas, isim mufrad, mutsannah dan jamak, isim nakirah dan ma’rifah. Dalam pemmaparan makalah ini yang dibahas adalah mengenai kaidah isim nakirah dan ma’rifah. Pemahaman dengan tepat dari maksud isim nakirah dan ma’rifah dalam suatu kalimat, baik kaliamat itu dalam bentuka bahasa lisan maupun dalam bahasa tulisan, seperti misalnya Alquran dan hadis, atau tulisan-tulisan arab lainnya,akan sangat mmbantu  dalam ketepatan pemberian makna pada kalimat tersebut, atau pada ayat yang terkandung dalam Alquran. Dalam makalah ini akan dikemukakan jenis-jenis dari isim nakirah dan ma’rifah dilengkapi dengan beberapa contoh yang diambil dari Alquran, serta maksud penggunaan dari dua bentuk isim tersebut.

References

Bawani, Imam, Tata Bahasa Arab Surabaya: Usaha Offset Printing, 1987.

Chotib, Achmad, dkk, Pelajaran Bahasa Arab Untuk Perguruan Tinggi Agama Islam/IAIN Alauddin Makassar Tingkat Menengah, jilid I Jakarta: Departemen Agama RI.

Al-Ghulayain, Musthafa, Jami al-Durus al-’Arabiyyah, juz I Beirut: al-Maktabah al-‘Ashriyyah, 1987.

Al-Hasni, Muhammad bin Alwi al-Maliki, Zubdah al-Itqan Fiy Ulum al-Qur’an diterjemahkan oleh Rosihan Anwar dengan judul: Mutiara Ilmu-Ilmu al-Qur’an Jakarta: Paradotama Wiragemilang, 1999.

Al-Hasni, Muhammad bin Alwi al-Maliki, Zubdah al-Itqan Fiy Ulum al-Qur’an diterjemahkan oleh Rosihan Anwar dengan judul: Mutiara Ilmu-Ilmu al-Qur’an Jakarta: Paradotama Wiragemilang, 1999.

Al-Munawwir, Ahmad Warson, al-Munawwir Kamus Arab Indonesia Yogyakarta: Unit Pengadaan Buku-Buku Ilmiah Keagamaan Pondok Pesantren “al-Munawwir”, 1984.

Rathomy, Moh. Abdai, Tata Bahasa Arab II Cet. I; Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1975.

Raya, Ahmad Thib & Musdah Mulia, Pangkal Penguasaan Bahasa Arab, jilid I Jakarta: Pradotama Wiragemilang, 1999.

Zakaria, Abu al-Husain Ahmad bin Faris bin, Mu’jam Maqayis al-Lughah, juz IV tt.; Dar al-Fikr, t.th.

Published
2015-06-26
Section
Volume 3 Nomor 2, Juni 2015
Abstract viewed = 11241 times