Metode Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Teoretis

  • Syahruddin Syahruddin
    (ID)

Abstract

Metode merupakan action plan yang disusun oleh pendidik sebelum melakukan aktivitas pembelajaran, dengan tujuan agar peroses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Keberhasilan pembelajaran sangat terkait dengan keterampilan seorang pendidik memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik itu sendiri.

Metode pembelajaran bahasa Arab yang diaplikasikan oleh pendidik/guru/ dosen bahasa Arab hendaknya mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran.  Penerapan metode pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif dan efisien sebagai media pengantar materi pengajaran bila penerapannya tanpa didasari dengan pengetahuan yang memadai tentang metode.

References

Ahmad, Abdurrahman al- Qadir. 1979. Thuruqu Ta’alim al – Lughah al – ‘Arabiyah. Maktabah al – Nahdah, al – Mishriyah, Kairo

.Arsyad, Azhar. 1998. Madkhal ila Turuq Ta'lim al-Lugah al-Ajnabiyyah li Mudarrisi al-Lugah al-Arabiyah. Cet. I; Ujung Pandang: Ahkam.

Atha, Ibrahim Muhammad.1416 H/1996 M. Thuruqu Tadris al – Lughah al – ‘Arabiyah Wa al – Tarbiyah al – Diniyah,. al-Mishriyah, Kairo Maktabah al – Nahdhah .

Badri, Kamal Ibrahim. t,th. Al-Turuq al- Ammah fi Tadris al- Lughah al- Arbiyah. Jakarta: Li al-Daurah al-Tarbawiyah al-Mukasafah.

Fahmi, AH.Arkom. 1999. Ilmu Nahwu dan Sharaf,Praktis dan Aplikatif. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Farihah, Anis.1973. Nazhriyaat al Lughah. Beirut Dar al – Kitab al – Ubnany.

al-Hamady, Yusuf dkk. 1971. Al-Qawaid al-Asasiyah fi al- Nahwi wa Sharf. Al-Qahirah:T.tp,

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet.I; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibnu Katsir Abu al-Fida’ Ismail. T.th. Tafsir al Qr’an al-azdim, jilid IV. Mesir: al Maktabah al Tauqifiyah.

Izzan, Ahmad. 2007. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet.II; Bandung: Humaniora,

Jassem, Ali Jassem. 1999. Thuruqu Ta’lim al adris al-Lughah al-Arabiyah. Kairo: Dar al-Maarif

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Cet. 5; Bandung: Remaja Rosda Karya.

Makruf, Imamgi. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Cet. I; Semarang: Need Press.

Nababan, Sri Utari Subyakto. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakrta: Gramedia Pustaka Utama.

Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Cet. I: Jakarta : Kencana.

Richards, Jack C dan Theodore S. Raodgers. 1995. Approaches and Methods in Language Teaching. Cet. 11; Melbourne : Cambridge University Press.

Sardiman,AM. 1994. Interaksi Belajar Mengajar ( Cet. III; jakarta : Rajawali Press.

Sumardi, Muljanto. 1974. Pengajaran Bahsa Asing; Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Cet.: Bulan Bintang.

al-Syafii, Muhammad Ibnu Ideis. T.th. Al- Risalah. Beirut-Libanon: Dar al-kutub al-Ilmiyah.

Umam,Chatib.1980. Aspek-aspek Pondamental dalam Bahasa Arab.Cet.I; Bandung: Almaarif.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Cet. II; Jakarta : Bumi Aksara,

-------------------- 2008.Perencanaan Pembelajaran. Cet. 4; Jakarta: Bumi Aksara,

Published
2015-06-26
Section
Volume 3 Nomor 2, Juni 2015
Abstract viewed = 7145 times