Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Hazm

  • Mawardi Djalaluddin
    (ID)

Abstract

Secara fitra manusia dilahirkan ke dunia ini tidak mempunyai pengetahuan tentang kehidupannya. Dalam melawan kegundahan, manusia mencari dan mencapai pemenuhan hajat hidupnya melalui ilmu. Tulisan ini mengetengahkan pengembaraan manusia mencari ilmu.san Ibnu Hazm dalam hubungan ini memberikan solusi bahwa dalam mencari ilmu, manusia dibantu oleh empat kekuatan, yaitu indra, asumsi, intuisi, dan akal pikiran. Metode dalam memperoleh ilmu menurut beliau dapat ditempuh melalui tiga cara: mendengar, membaca, menulis - mengawasi - observasi.

References

Ali, Abu Muhammad, Ibn Hazm. Tt. Al-Ihkam fi Usul al-Ahkam. Jld.I. Beirut: Dar al-Fikr.

Hasan, Hasan Muhammad. Tt. Ibn Hazm al-Andalusi. Beirut: Dar al-Fikr

Ibrahim, Hasan. Min ‘Alami al-Tarbiyah al-Arabiyah al-Islamiyah

Langgulung, Hasan. 2003. Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru

_________, 2001. Pendidikan Islam Abad 21. Jakarta: Al-Husna Zikra

_________, 2002. Peralihan Paradigma dalam Pendidkan Islam dan Sains Sosial. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Nata, Abuddin. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Cet.II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Qurtubi, Al-, Yusuf bin al-Barr. 1986. A’lam al-Tarbiyah al-Islamiyah. Jld.II Cet.I. Suriah, Damaskus.

Published
2015-06-26
Section
Volume 3 Nomor 2, Juni 2015
Abstract viewed = 1166 times