Upaya Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab ( Wajah Kurikulum Bahasa Arab)
Abstract
Bahasa Arab adalah bagian dari agama. Ibnu Taimiyah berkata,” sudah maklum bahwa belajar bahasa Arab adalah fardhu kifayah”. Sebagaimana dikatakan oleh Umar bin Khattab,” Sesungguhnya bahasa Arab itu bagian dari agama,” dan mengetahuinya adalah sebuah kewajiban. Sebab memahami Al-Qur’an dan Al-Hadits hukumnya wajib, dan hal itu tidak dapat dipahami kecuali dengan bahasa Arab. Bahasa Arab adalah syiar Islam dan umat Islam. Bahasa Arab adalah ikatan di kalangan kaum muslimin. Mengajarkan bahasa Arab adalah sarana untuk menyebarkan kebudayaan Islam. Kuatnya bahasa Arab adalah salah satu sebab kemuliaan Islam dan kaum muslimin. Oleh karena itu kurikulum perlu penguatan dan pengembangannya.
References
As Shobuni, Ali Shofwah At Tafasiir Makkah al Mukarromah ,Lami’ah Al Aziz. 1988.
Bisiyuuni Ibrahim, Amiirah Al Manhaj wa ‘Anaashiruhu Qohirah. Daar Ma’arif. 1999.
Data base Alumni Jurusan Bahasa dan Sastra Arab 2006
Dunne Elizabeth The learning Society, Internaational Perspectives on Core Skills In Higher Education London Kogan Page
http://dakir.wordpress.com/2009/05/02/konsep-pendidikan-ibnu-miskawaih, diakses tanggal 3 April 2011.
http://www.cbn.net.id/ Media Indonesia 17 November 2008
http://www.bnp2tki.go.id/, BNP2TKI 14 oktober 2008
http://www.gatra.com/ Gatra no. 22 14 April 2003
http://www.bppsdmk.depkes.go id.
Ibrahim, Abdul Alim Al Mamlakah Al’Arabiyyah Al Sa’udiyyah, Dar Al Andalus Al Khadhra’
Jawa Pos 17 N0vember 2008
Machmudah, Umi, Al ‘Arabiyyah lil Hujjaj wa Al ‘Arabiyyah lil Siyaahah (Program life skill alternatif di jurusan bahasa dan sastra Arab Fak. Humaniorah dan Budaya UIN Malang) Malang, Depag UIN. 2005.
Muhaimin. Arah baru Pengembangan Pendidikan Islam, Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia, 2003.
M. Atwi Suparman. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional. Dirjen DIKTI Depdiknas.
Muhammad, Mamduh Nuruddin. Al ‘Arabiyyah Jistun Lil Tsaqofah al Islamiyah IV, Mamlakah Al ‘Arabiyyah As Saudiyyah, Dar Al Andalus Al Khadhra’, 2003.
Sukmadinata, Nana S. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
Thu’aimah Rusydi, Manaahij Tadris Al Lughah Al ‘Arabiyyah bi At Ta’lim Asaasi Qohiroh . Dar Fikr Al ‘Araby.
UUD. RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.