Efektivitas Quantum Learning Terhadap Peningkatan Motivasi dan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Peserta Didik di MTs As'adiyah Banua Baru, Kabupaten Polewali Mandar

  • Munawarah Munawarah Universitas Islam Negeri UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pemebelajaran Quantum Learning dan untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara model pembelajaran Quantum Leaning dengan model pembelajaran selain Quantum Learning, ditinjau dari motivasi belajar dan penguasaan kosa kata bahasa Arab peserta didik di MTs As’adiyah Banua Baru, kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Dalam hal ini, peneliti mengumpulkan data dan menyederhanakan data yang terkumpul, menyajikannya secara sistematis, dan menggunakan bantuan aplikasi program SPSS 22 for windows dalam pengolahan data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik dan psikologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan observasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t sampel bebas (independent sample t-test). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan, bahwa model pembelajaran Quantum Learning di MTs As’adiyah Banua Baru, Kabupaten Polewali Mandar berada dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata pada kelas eksperimen adalah 95,83%. Serta model pembelajaran Quantum Learning dan model pembelajaran selain Quantum Learning efektif, di mana pada motivasi belajar terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran selain Quantum Learning dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,007 < 0,05), dengan kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima. Sedang pada penguasaan kosa kata bahasa Arab peserta didik,  tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dengan model pembelajaran selain Quantum Learning dengan nilai Sig. (2-tailed) pada Equal variances not assumed lebih besar dari 0,05 (0,267 > 0,05), dengan kesimpulan H0 diterima dan Ha ditolak.

Author Biography

Munawarah Munawarah, Universitas Islam Negeri UIN Alauddin Makassar
Pendidikan Bahasa Arab

References

Ardiansyah. Muhammad Beben Satria. Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Berbahasa Arab Siswa Kelas X IIS Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta. Skripsi. 2017.

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2003.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. 2009.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. Quantum Learning : Unleasing the genius in you, terj. Alwiyah Abdurrahman, Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa. 1999.

DePorter, Bobbi. Quantum Memorizer, Mengingat Sesuatu Setiap Waktu dengan Memaksimalkan Kemampuan Otak. Bandung: Kaifa, 2009.

DePotrter, Quantum Teaching . Cet. XXI; Bandung: Kaifa, 2007.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. edisi II Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka. 1995.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2001.

Dimiyati, dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya. 2006.

Echols, Jhon M dan Hasan Sadily. Kamus Inggris Indonesia. Cet. XXIV; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2000.

Ginting, Abbdorrakhman. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Cet. II; Bandung: Humaniora Penerbitan Buku Pendidikan Anggota Ikapi Berkhidmat Untuk Ilmu. 2008.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar. Jakarta: Buki Aksara. 2004.

Hasan, Chalijah. Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al-Ikhlas.1994.

Hernowo. Mengikat Makna,Update. Bandung: Kaifa. 2009.

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. 2012.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Cet. VII; Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008.

Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Malang Press. 2011.

Nashar. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press. 2004.

Observasi di MTs As’adiyah Banua baru Kabupaten Polewali Mandar, 11 Maret 2019

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2006.

Sardiman, A.M,. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.

Syah, Darwin. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam.

Dimiyati, dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya. 2006.

https;//www.google.com/amp/s/alquranmulia.wordpress.com/2015/10/08/tafsir-ibnu-katsir-surah-al-maa-idah-ayat-35-37/amp/.

http://metode.multiply.com/journal/item/metode-pembelajaran-mufradat/24.

Published
2020-07-02
Abstract viewed = 398 times