Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab

  • Ahmad Munawwir Dosen Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode Eklektik, bagaimana proses pembelajaran dengan metode tersebut, serta bagaimana kelebihan dan kekurangannya. Jenis penelitian ini ialah library research atau studi kepustakaan, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menekankan pada kajian teks serta aspek analisa, kemudian mengumpulkan beberapa teks yang berhubungan dengan materi yang dikaji dengan mencari literatur-literatur yang berkaitan, baik itu dari materi penelitian, baik dari buku, jurnal dan artikel lain yang berhubungan dengan materi. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa metode ini lahir sebagai sebuah bentuk usaha penggabungan dari metode yang sudah lahir terdahulu, kemudian metode ini tidak dikembangkan berdasarkan teori linguistik dan psikologi tertentu melainkan berdasarkan asumsi. Metode ini memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu tujuan dari beberapa metode yang dipilih dan digabungkannya, sehingga keterampilan bahasa bisa teramu semua pada metode ini. Metode Eklektik ini di dalam bahasa Arab dinamakan Thariqah Intiqaiyyah, Thariqah Mukhtarah, Thariqah Mudzawijah dan Thariqah Taulifiyah

References

Arifin, Zainul, Allughah Tharaiq Ta’liimuha wa Ta’allimuha, Padang : Padang Press: 2008.

Dahlan, Juwairiyah, Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab, Surabaya: Usaha Nasional-Surabaya: 1992.

Hermawan, Acep., Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung, Remaja Rosdakarya: 2011.

Mustofa, Bisri., dan M Abdul Hamid, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press: 2012.

Radliyah Zaenuddin, dkk, Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta:Pustaka Rihlah Group: 2005.

Taringan, Henry Guntur. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa: 1991.

Zulkifli, Drs., Metodologi pengajaran bahasa Arab, Riau: Zanafa publishing: 2011.

Published
2020-07-31
Abstract viewed = 1945 times