Pengaruh Media Podcast dalam Meningkatkan Maharah Istima’ Santri Pondok Pesantren Al-Yasini

  • Durrotus Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)
  • Ramadhani Rahmatillah
    (ID)
  • Alifah Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)
  • R.Taufiqurrochman UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)

Abstract

Bahasa Arab di Indonesia diawali oleh kehadiran agama Islam. Bahasa Arab terus berkembang sehingga memuncul istilah pesantren, yang mana buku pegangan berbahsa Arab mulai digunakan, bahkan bahasa Arab menjadi bahasa yang diterapkan  sehari-hari, di dalam dan luar kelas. Sehingga bahasa Arab semakin berkembang. Namun demikian, pembelajaran bahasa Arab cenderung tergolong konvensional, belum sebanding dengan kemajuan teknologi pembelajaran bahasa asing lainnya. Berangkat dari masalah tersebut, peneliti akhirnya meneliti media podcast, karena melihat podcast adalah media yang baru yang diduga efektif untuk membantu kemajuan pembelajaran bahasa Arab, dan dari penilitian penerapan podcast dalam pembelajaran Bahasa Arab belum penah diteliti sebelumnya, sehingga penilitian ini diaharapkan dapat memberi warna baru bagi kemajuan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode pre-exsperimen one-group Pretest-posttest. Penelitian ini memiliki sampel kelas satu LPBA Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini Pasuruan Jawa Timur dengan 15 siswa yang diperoleh memlalui teknik purposive sampling.  penelitian ini dilakukan selama empat kali sesuai KBM dari Lembaga, dua penelitian pertama tidak menggunakan media podcast, dan dua penelitian selanjutnya menggunakan media podcast. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan media podcast memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemamapuan istima’ para siswa.

References

Budiansyah. “Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyyah Fi Indonesia Al-Waqi’ Wa Al-Ma`mul تعليم اللغة العربية في إندونيسيا الواقع والمأمول.” In Prosiding Incisst Stiba Ar-Raayah, 1:31–35, 2018.

Cin, Su, and Lusia Savitri Setyo Utami. “Konvergensi Media Baru Dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast.” Koneksi 4, no. 2 (2020): 235.

Gogali, Venessa Agusta, and Muhammad Tsabit. “Eksistensi Radio Dalam Program Podcast Di Era Digital Konten ( Studi Deskriptif Program Podcast 101jakfm . Com ).” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 3, no. 1 (2020): 64–73.

Hamidah, Hamidah, and Marsiah Marsiah. “Pembelajaran Maharah Al-Istima’ Dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika Dan Solusi.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 8, no. 2 (2020): 147–160.

Indriastuti, Faiza. “Peran Media Audio Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Pembelajaran Tema Terpadu Di Sekolah Dasar.” Kwangsan 2, no. 2 (2014): 92–107.

Indriastuti, Faiza, and Wawan Tri Saksono. “Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources.” Jurnal Teknodik 18, no. 1 (2015): 304–314.

Ramadhany, Iskandar Dinata. “Peran Podcast Sebagai Media Penyiaran Modern Berbasis Audio (Studi Kualitatif Pengguna Memilih Podcast Sebagai Media Alternatif Hiburan),” 2020. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3557.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2018.

Toyib, Muhammad, Syafiq Humaisyi, and M.Harir Muzakki. “Penggunaan Podcast Dalam (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Mata Kuliah Listening I Prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo.” Kodifikasia 6, no. 1 (2013).

Widharyanto, B. “Gaya Belajar : Pendekatan Umum Dalam Belajar,” no. 2006 (2003).

Zellatifanny, Cut Medika. “Trends in Disseminating Audio on Demand Content through Podcast: An Opportunity and Challenge in Indonesia.” Journal Pekommas 5, no. 2 (2020): 117.

Published
2023-06-30
Abstract viewed = 359 times