Implementasi Pendekatan Audio Lingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013

  • Zaimatuz Zakiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Syirojul Munir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Chalvia Farra Jihan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Maksudin Maksudin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
Keywords: Arabic Learning, Audio-lingual Approach, 2013 Curriculum

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dasar pendekatan audio lingual, menguraikan teori-teori yang mendasarinya, menggambarkan implementasinya dalam kurikulum 2013 melalui peta konsep, dan menjelaskan implementasi pendekatan audio lingual dalam pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum 2013 dengan cara deskriptif kualitatif di mana penulis menelusuri karya-karya ilmiah yang berkaitan dengan tema. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan audio lingual adalah pendekatan yang menekankan pada penelaahan dan pendeskripsian suatu bahasa yang akan dipelajari dengan memulainya dari sistem bunyi (fonologi), kemudian sistem pembentukan kata (morfologi), dan sistem pembentukan kalimat (sintaksis). Secara bahasa, pendekatan ini berlandaskan kepada aliran strukturalisme dari Ferdinand de Saussure yang berkeyakinan bahwa bahasa adalah ujaran. Sementara, secara psikologis, pendekatan ini diadopsi dari aliran behaviorisme yang beranggapan bahwa pembelajaran merupakan hubungan antara stimulus dan respon. Peta konsep yang dirancang menggambarkan pembahasan penyeluruh penelitian ini yang berimplikasi pada diterapkannya pendekatan audio lingual dalam enam unsur kurikulum. Unsur-unsur tersebut meliputi tujuan, materi, metode, aktivitas, media, dan penilaian pembelajaran bahasa Arab berbasis pendekatan audio lingual.  

Abstract : This paper aims to describe the basic concepts of the audio-lingual approach, to describe the underlying theories, to describe its implementation in the 2013 curriculum through a concept map, and to explain the implementation of the audio-lingual approach in learning Arabic in the 2013 curriculum and its advantages and disadvantages in a qualitative descriptive way in which the author explores the work of -Scientific works related to the theme. The results show that an audio-lingual approach is an approach that emphasizes the study and description of a language to be studied by starting with the sound system (phonology), then the word-formation system (morphology), and the sentence formation system (syntax). Linguistically, this approach is based on the structuralism school of Ferdinand de Saussure who believes that language is spoken. Meanwhile, psychologically, this approach is adopted from the flow of behaviorism which assumes that learning is a relationship between stimulus and response. The concept map designed to describe the overall discussion of this research has implications for the application of the audio-lingual approach in the six elements of the curriculum. These elements include objectives, materials, methods, activities, media, and assessment of Arabic learning based on an audio-lingual approach.

References

Afroni, Mochamad. “Metode Sam’iyah Safawiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Lahjah 2, No. 1 (June 30, 2019): 19–28.

Agus, Agus. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt Rineka Cipta, 2010.

Budihastuti, Exti. “Metode Audio-Lingual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Regional Polytechnic Institute Techo Sen Takeo Kamboja.” Fkip E-Proceeding (July 3, 2017): 43–54.

Effendi, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajatan Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2009.

Faridah, Durrotul. “Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Kurikulum 2013.” Intajuna : Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab 2, No. 2 (January 24, 2019): 69–87.

Fatmawati, Fatmawati. “Pengaruh Penerapan Metode Audiolingual Untuk Peningkatan Keterampilan Berbahasa Arab Siswa Mts Muhammadiyah Limbung.” Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, No. 2 (2017): 1–14.

Fujiawati, Fuja Siti. “Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni.” Jpks (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni) 1, No. 1 (April 30, 2016). Accessed December 19, 2021. Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Jpks/Article/View/849.

Hamid, Abdul. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, Dan Media. Malang: Uin-Maliki Malang Press, 2008.

Hamid, Mustofa Abi, Rahmi Ramadhani, Masrul Masrul, Juliana Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin Jamaludin, And Janner Simarmata. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Hanani, Nurul. “Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 14, No. 2 (November 9, 2016). Accessed December 19, 2021. Https://Jurnal.Iainkediri.Ac.Id/Index.Php/Realita/Article/View/250.

Hartono, Hartono. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Pekan Baru: Zanafa, 2008.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2011.

———. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Humaidah, Nur, And Niswatush Sholihah. “Relevansi Penerapan Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Lembaga Pendidikan Indonesia.” Arabia 8, No. 2 (February 2, 2017). Accessed October 10, 2021. Https://Journal.Iainkudus.Ac.Id/Index.Php/Arabia/Article/View/2006.

Husin, Husin, Hisana Zahran Dhia, And Luthfia Khoiriyatunnisa. “Pemanfataan Platfrom Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, No. 7 (October 9, 2021): 543–554.

Imtinan, Rifa Rasyidah. “Pengaruh Pandemi Terhadap Pola Pengajaran Bahasa Kedua Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp).” Caraka 7, No. 2 (June 30, 2021): 135–154.

Juniartini, Ni Made Emy, And I. Wayan Rasna. “Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 9, No. 2 (December 29, 2020): 133–141.

Karami, Vika Elvira, Ud’uni Yulita Rachmayanti, And Izzatur Rif’ah. “Penggunaan Aplikasi Berbasis Audio Visual (Youtube Dan Tiktok) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.” Semnasbama 5, No. 0 (2021): 378–388.

Kaukab, M. Elfan. “Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Nivedana : Komunikasi Dan Bahasa 2, No. 1 (August 10, 2021): 60–75.

Khalilullah, M. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Persindo, 2014.

Kskk Madrasah, Direktorat. Keputusan Menteri Agama No .183 Tahun 2019 Tentang "Kurikulum Bahasa Arab Pada Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Ri, 2019.

Lexy. J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2010.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2013.

Maksudin, Maksudin, And Qoim Nurani. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Pascasarjana Fitk Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.

Maspalah, Maspalah. “Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 15, No. 1 (April 1, 2015): 68–78.

Miladya, Junda. “Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 1, No. 1 (2015). Accessed December 18, 2021. Http://Prosiding.Arab-Um.Com/Index.Php/Konasbara/Article/View/21.

Munasib, Munasib. “Metode Audio Lingual (Audio-Lingual Method) Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Tarling : Journal Of Language Education 1, No. 1 (2017): 77–90.

Mungil, Coretan. “Coretan Mungil: Makalah Metode Audiolingual.” Coretan Mungil, Rabu, Desember 2014. Accessed October 10, 2021. Http://Nurafifah14.Blogspot.Com/2014/12/Makalah-Metode-Audiolingual.Html.

Munip, Abdul. Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Fitk Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.

Munir, Munir. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta, 2017.

Muradi, Ahmad. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, No. 1 (July 1, 2014): 29–48.

Nababan, Nababan. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia, 1993.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Radar Jaya Offset, 1992.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2014.

Ramma Oensyar, Kamil, And Ahmad Hifni. Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Antasari: Iain Antasari Press, 2015.

Riqza, Meidiana Sahara, And M. Muassomah. “Media Sosial Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi: Kajian Kualitatif Penggunaan Whatsapp Pada Sekolah Dasar Di Indonesia.” Alsina : Journal Of Arabic Studies 2, No. 1 (July 17, 2020): 71–94.

Roestiyah, Nk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Roslawa, Roslawa, Moh Tahir, And Yunidar Nur. “Penerapan Metode Audio – Lingual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V Sdn 7 Sindue Tobata.” Bahasantodea 5, No. 4 (October 30, 2017): 88–95.

Strohschen, Editor-In-Chief Dr Gabriele. “Board Of Reviewers,” N.D.

Sukardi, Hm. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Sumardi, Muljanto. Berbagai Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.

Suroiyah, Evi Nurus. “Manfaat Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’ (Mendengar).” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, No. 1 (June 1, 2020): 16–26.

Suyatno, Suyatno. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: Penerbit Isc, 2004.

Tarigan, Henri Guntur. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa, 1990.

Untung, Slamet. “Aplikasi Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Speaking Skill Dengan Pendekatan Audiolingual: Studi Kasus Di Man Batang.” Jurnal Penelitian 8, No. 1 (October 17, 2012). Accessed December 19, 2021. Http://E-Journal.Iainpekalongan.Ac.Id/Index.Php/Penelitian/Article/View/44.

Wibawa, Aisyah Cinta Putri, Hashina Qiamu Mumtaziah, Lutfiah Anisa Sholaihah, And Rizki Hikmawan. “Inovasi Game-Based Learning Sebagai Solusi Percepatan Adaptasi Belajar Masa New Normal.” Integrated (Journal Of Information Technology And Vocational Education) 3, No. 1 (June 7, 2021): 17–22.

“Hasil Pencarian - Kbbi Daring.” Accessed June 11, 2021. Https://Kbbi.Kemdikbud.Go.Id/Entri/Media.

“Kma No. 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pai Dan Bahasa Arab Pada Madrasah.” Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Ri, 2019.

“Pendekatan Dan Metode Audio Lingual | Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab.” Accessed October 10, 2021. Http://Journal.Iaimsinjai.Ac.Id/Index.Php/Naskhi/Article/View/67.

“Pengertian_Pendekatanx-With-Cover-Page-V2.Pdf,” N.D. Accessed July 18, 2021. Https://D1wqtxts1xzle7.Cloudfront.Net/38998250/Pengertian_Pendekatanx-With-Cover-Page-V2.Pdf?Expires=1626624428&Signature=Abkabojgnufdjgqrymdbzsaqo-Saoqvrokytu-D3sxphuk4rpn6bxnqsz7-Q8im98tcd9egpfzebgkgn6rcxbay6yaih6bdjncc0soluufwe1tfnilkgd304vxiiuyel2o~P1nucszab6l88od6jz6vp~Pwjnff1ggch40pfzf23cgxwuehfrepevolzjznug9zcpakk2hug6-B8vgxkynwjqh9iot1ofnjzfvxscbmopntxz7b5lvkiqfcstjzzppsf26s2e5cr~Gxebllee69jzrxsrpidvtnzlm1mfxpfew1wpfbrznurdk-Kgooailpcfnvndsek8xgqkk7avq__&Key-Pair-Id=Apkajlohf5ggslrbv4za.

Published
2023-12-29
Abstract viewed = 301 times