Harf Jar Min dalam Bahasa Arab: Ragam Mengartikannya ke dalam Bahasa Indonesia

  • Hamzah S. Fathani
    (ID)

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai ragam mengartikan min (مِنْ) ke dalam bahasa Indonesia. Ide penulisan masalah ini bermula dari pengalaman membaca beberapa buku yang membahas mengenai min (مِنْ), yang diantaranya dalam memberikan contoh kalimat terbatas pada aspek yang menuntut untuk diartikan dengan kata “dari” semata. Kurangnya literatur yang memaparkan tentang ragam cara mengartikan kata min (مِنْ) ke dalam bahasa Indonesia mendorong untuk dilakukan upaya dengan harapan dapat memberikan informasi sekaligus sumbangsi kepada pelajar pemula bahasa Arab tentang keragaman arti min (مِنْ) tersebut. Menurut tata bahasa Arab, kata min (مِنْ) berfungsi sebagai perubah bunyi akhir pada setiap kata benda atau Ism yang terletak setelahnya, baik kata benda itu berbentuk mufrad (tunggal) dan mutsanna (dual) maupun  jam’ (jamak atau banyak). Kata ini dikenal sebagai harf jar, sedangkan kata benda yang terletak setelahnya disebut dengan ism majrur. Harf jar min (مِنْ) pada umumnya diartikan dengan kata “dari atau daripada”, namun pada sisi yang lain untuk menyesuaikan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang benar, kata min (مِنْ) ada kalanya diartikan selain dari kata “dari atau daripada” tersebut bahkan dalam konteks tertentu diartikan dengan kata “kepada” yang merupakan antonim dari kata “dari”. Disamping itu, dengan dasar menyesuaikan konteks dan rasa bahasa Indonesia maka min (مِنْ) tidak diartikan samasekali. Paling tidak terdapat 19 kata yang ditemukan dalam berbagai sumber yang memungkinkan menjadi arti dari kata min (مِنْ), baik sumber itu dari ayat-ayat Al-Qur’an, hadis-hadis nabi maupun naskah Arabiyah lainnya. Teridentifikasi pula bahwa kata min (مِنْ) tersebut ada yang berhubungan dengan ism dzahir, ism dhamir, harf, dan dzaraf. Konteks kalimat dan kata-kata yang menyertai min (مِنْ) itulah yang menyebabkan terjadinya keragaman arti min (مِنْ).

References

Al-Qur’an Al-Karim

Ainin, Moh. dan Imam Asrori, Semantik Bahasa Arab, Cet. III; Malang: Bintang Sejahtera Press, 2011.

Al-‘Aliy, ‘Abd Al-Mun’im Sayyid ‘Abd, Thuruq Tadris Al-Lughah al-Arabiyyah, T.tp., Tp., T.th.

Djufri, Ghoziadin, Ilmu Nahwu Praktis, Surabaya: Apollo Lestari, t.th .

Al-Hasyimiy, Sayyid Ahmad, Mukhtar Al-Ahadis Al-Nabawiy wa Al-Hikam Al-Muhammadiyyah, Cet. XII; Semarang: Toha Putra, T.Th.

Mufid, Nur, Buku Pintar Menerjemah Arab-Indonesia: Cara Tepat, Mudah, dan Kreatif, Cet. II; Surabaya: Pustaka Progresif, 2007.

Mushlihan, dkk. Kamus Nahwu: Pengurai Ma’na Huruf dan Tarkib, Cet. II; Lirboyo Kediri: Lirboyo Press, 2011.

Al-Naisaburiy, Abu al-Hasan ‘Aliy Ibn Ahmad Al-Wahidiy, Asabab Al-Nuzul, Jakarta; Dinamika Berkah Utama, 468 H.

Nuri, Mustafa Muhammad, dan Hafsah Intas, Al-‘arabiyyah Al-Muyassarah, Cet. II; Makassar: Gunadarma Ilmu, 2015.

Al-Qawiy, Al-Imam Al-Hafidz Zakiuddin ‘Abd Al-‘Adhim ibn ‘Abd, Al-Targhib wa al-Tarhib min Al-Ahadits Al-Syarif Juz I, Misra: Tp., t.th.

Ramadhaniy, ‘Abd Al-Malik Ibn Ahmad, Sittu Wurar min Ushuli Ahl Atsar, Cet. I. Madinah Al-Munawwarah, Maktabah Al-‘Amrin Al-‘Ilmuyyah, 1999.

Ramli, Kaharuddin, Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab: Sistem 24 Kali Pertemuan, Cet. IV; Samata Gowa: Gunadarma Ilmu, 2014.

Raya, Ahmad Thib, Al-‘Arabiyyah al-Asasiyyah, Cet. I; Jakarta: Yayasan Para Muallim Bima, 2014.

Rosyidi, Abd. Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. II; Malang: UIN Maliki Press, 2012.

Salamattang, Tata Bahasa Arab Praktis dan Aplikatif, Cet. I; Makassar: Yayasan Pendidikan Fatuya, 2002.

Al-Sanjiriy, ‘Abd Al-Rahman, Ila al-Dziy Sa’ala Aina Allah. Cet. X; Baerut-Libnan: Dar Al-Basya’ir Al-Islamiyyah, 2003.

Shihab, H.M.Quraish, Mukjizat Al-Qur’an : Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiyah, dan Pemberitaan Gaib, Cet. I ; Bandung: Mizan, 1997.

Shinniy, Mahmud Ismail, dkk., Mursyid al-Mu’allim fiy Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah li Ghair al-Nathiqin Biha, T.tp.; tp., 1985.

Surur, Thaha ‘Abd Al-Baqi, Al-Tasawuf Al-Islamiy liy Imam Al-Sya’raniy, Al-Qahirah; Dar Al-Nahdhah Mishra, t.th.

Syarifuddin, Said, Cara Mudah Belajar Bahasa Arab, Cet II; Makassar: Nafisatul Ilmi, 2009.

Syuhbah, Muhammad Ibn Muhammad Abu, Al-Isra’iliyat wa Al-Mawdhu’at fiy Kitab Al-Tafsir . Cet. IV; Al-Qahirah: Maktabah Al-Sunnah, 1408 H.

Ya’qub, Amil Badi’, Al-Mu’jam Al-Mufashsal fiy Al-Majmu’, Cet. I; Baerut-Libnan: Dar Kutub Al-‘Ilmiyyah, 2003.

Yunus, Muhammad, Mukhtashar Kitab Al-Kamil fiy Al-lughah wa Al-Adab liy Al-Mubarrid, Al-Mishra; Al-Hai’ah Al-Mishriyyah Al-Ammah liy Al-Kitab, 2008.

Zakaria, Aceng, Ilmu Nahwu Prektis: Sistem 24 Jam, Garut: Ibn Azka Press, 2004.

Published
2017-06-01
Abstract viewed = 40611 times