إدارة برنامج فندق عربي في المعهد الإحسان رياو

  • Radiatul Fitriyah UIN MALIKI MALANG
    (ID)
  • Uswatun Nurhasanah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Nur Kholid Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa program funduq araby di pondok pesantren Al-Ihsan Riau serta untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas guru bahasa arab di pondok pesantren Al-Ihsan Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Implementasi program funduq araby untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa arab di pondok pesantren Al-Ihsan Riau, antara lain: Mengklasifikasikan mahasiswa menjadi beberapa kelompok dan, memilih anggota berdasarkan hasil seleksi, mengimplementasikan program funduq araby di dua gedung yang berbeda, Kemudian setiap gedung ada pengawas, siswa harus melaporkan kosakata setiap hari kepada pengawas dan, sebelum tidur pengawas memberi motivasi kepada para siswa, metode yang digunakan dalam pengajaran yaitu metode langsung, guru memberikan isyarat dengan menggunakan perumpamaan jika terdapat kata-kata yang sulit. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab guru dengan cara, guru diberikan kosakata dan contoh kalimat yang berguna untuk digunakan setiap hari, kemudian semua guru harus berkomunikasi dalam bahasa Arab, setiap bulan diadakan kompetisi guru untuk mendukung keterampilan bahasa Arab dan, guru harus menulis semua surat-menyurat dalam bahasa Arab dan seluruh iklan harus ditulis dalam bahasa Arab, guru juga diarahkan untuk membaca situs yang terkait dengan pembelajaran bahasa Arab.

References

A. Hidayat. "Bi'ah Lughowiyah dan Pemerolehan Bahasa (Tinjauan tenang Urgensi Lingkungan Berbahasa dalam Pemerolehan Bahasa." Jurnal Pemikiran Islam Vol 37 (Januari-Juni 2012): 38.

Hary Priatna Sanusi & Siti Sanah. "Optimalisasi Manajemen Program Bi'ah Lughowiyah sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbahasa Arab." ISEMA Volume 2 (Juni 2017).

Muhammar Rokhisul Lathif. "Manajemen Lingkungan Berbahasa Arab (Studi Kasus di MTs Tahfidz Yanbu'ul Qur'an Menawan Gebog Kudus." Tesis IAIN Kudus، 2017/2018: 1.

Samsudin. "Manajemen Program Pembiasaan Tahsin Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahsinul Al-Qur'an Desa Danamulya Plumbon Cirebon." Eduleat، Maret 2019: 66.

Suharismi Ari Kunto. Penelitian Program Pendidikan. Yogyakarta: Bima Aksara، 1998.

Suharsimi Ari Kunto. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta، 2013.

Syahrizal Abbas. Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup، 2009.

Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka، 2008.

Zaimmatus Sya'diyah. "Implementasi Pembentukan Bi'ah Lughowiyah di Lingkungan PBA STAIN Kudus." Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 10 No 2 (2018): 133.

حليمي زهدي. البيئة اللغوية تكوينها و دورها في اكتساب العربية. مالانج: أوين مالانج فريس، 2009.

شمشية نور. "دور بيئة العربية لترقية مهارة الكلام في استعاب اللغة العربية." 2010: 17.

محمد فتح الرحمن. بيئة عربية صناعية لتنمية مهارة الكلام بمدرسة الألسن العربية سيدوهارجو. سورابايا، 2016.

Published
2023-06-30
Abstract viewed = 150 times