تنفيذ القيم الطبيعية في تعليم اللّغة العربية بالمدرسة المتوسّطة الإسلاميّة الحكوميّة الأولى تيكال
Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri 1 Tegal
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif karena data-data yang diambil berupa kalimat-kalimat bukan angka. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, Adapun teknik analisis datanya berupa kondensasi data, pemaparan data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. kemudian Peneliti melakukan keabsahan data menggunakan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini adalah Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Tegal telah dilakukan oleh guru dengan maksimal melalui langkah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dan nilai-nilai karakter yang diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 8 MTs Negeri 1 Tegal berupa nilai keberanian, tegas, inovatif, religious, jujur, disiplin, dan bertanggungjawab.
Referensi
Adisusilo, Sutarjo, 2012, Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstrukvisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: PT Raja Drafindo Persada.
Arifin, Zaenal, 2011, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
At-Taubany, Trianto Ibnu Badar dan Hadi Suseno, 2017, Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah, Depok: Kencana.
Azzet, Akhmad Muhamimin, 2016, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Farida, Anna. 2013. Pilar-Pilar Pembangunan Karakter Remaja. Bandung: Nuansa Cendikia.
Hasan, M. Iqbal, 2002, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jalaludin dan Abdullah Idi, 2009, Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Rizz Media
Kususma, Dharma, 2012, Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ma’arif, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana. J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI Press.
Mulyasa, E, 2017, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Octavia, Lani dkk. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Renebook.
Putra, Nusa, 2011, Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi, Jakarta: Indeks.
Setyosari, Punaji, 2010, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3.
Wiyani, Novan Ardi, 2012, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta: Teras.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##