Pengaruh Penerapan Metode Mim-mem dan Metode Muhādaṡah terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

  • Wahidaeni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Firdaus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mim-mem dan metode muhādaṡah terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab peserta  didik serta perbedaan keterampilan bahasa Arab peserta  didik yang diajar menggunakan metode mim-mem dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode muhādaṡah. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi serta menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode mim-mem berpengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab peserta didik. 2) Penerapan metode muhādaṡah berpengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab peserta didik. 3) Terdapat perbedaan keterampilan berbicara bahasa Arab peserta didik yang diajar menggunakan metode mim-mem dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode muhādaṡah. Penelitian ini berimplikasi pada keterampilan berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, penggunaan metode dalam pembelajaran merupakan salah satu bagian yang penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka hendaknya para guru dan pengajar senantiasa menambah pengetahuan, baik dalam bidang ilmu pengetahuan ataupun teknologi sebagai penunjang keberhasilan dalam pembelajaran.

References

Andriani, Asma. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Ta`allum 03, no. 2 (2015).

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Pendidik Profesional. Cet. 29; Bandung Remaja Rosda Karya. 2017.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. II; Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. 21; Bandung: Remaja Rosdakarya. 2017.

Mahnun, Nunu. “Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)”, Jurnal Pemikiran Islam 37, no. 1 (2012).

Rosyidi, Abdul Wahab Media Pembelajaran. Cet. III; Malang: UIN Maliki Press, 2017.

Mustofa Bisri dan Abdul Hamid. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press. 2016.

Mocanu, Mihaela. “A Brief History of English Language Teaching Methods”, Curomentor Journal Studies About Education 6, no. 1 (2015).

Anshor, Ahmad Muhtadi. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya. Cet. II; Yogyakarta: Teras. 2012.

Hady, Yazid. “Pembelajaran Māhārah al-Kalām Menurut Rusdy Ahmad Thu`aimah dan Mahmud Kamil al-Nāqah”, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (2019).

Sugiyono, Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2019.

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Cet. II; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2014.

Faradhiba, Irma. “Pengaruh Penerapan Kecermatan Indera Manusia dengan Menggunakan Mim-mem (Mimicry and Memorization) untuk Meningkatkan Mahārah al-Kalām pada Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Bojonegoro”. Tesis.(Surabaya: Program Pascasarjana UIN Sunan Ampel, 2015). h. 105.

Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Jogjakarta: DIVA Press. 2012.

Hasiseh, Siti. “Penerapan Metode Muhādaṡah dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab di MTs Negeri 02 Bondowoso”, Jurnal of Arabic Learning and Teaching 5 , no. 1 (2016).

Hastang. “Penerapan Metode Muhādaṡah Dipadukan dengan Media LCD Proyektor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Māhārah al-Kalām Peserta Didik Kelas VIII B MTs Al-Fāizun Watang Palakka Kab. Bone”. Tesis. (Makassar: Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2016).

Sangid, Akhmad. “Strategi Pembelajaran Muhādaṡah ”, Tarling 2, no. 1 (2018).

Yunus, Mahmud. Metode Khusus Bahasa Arab. Cet. VI; Jakarta: Hidakarya Agung, 1990.

Published
2023-07-28
Abstract viewed = 225 times