Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa
Abstract
Pendekatan Komunikatif merupakan pendekatan pembelajaran bahasa yang lebih menekankan kepada penguasaan kecakapan berbahasa dari pada struktur bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pendekatan komunikatif melalui berbagai metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kecakapan berbahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka yang datanya berasal dari berbagai sumber kepustakaan yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode-metode pembelajaran yang berbasis pada pendekatan komunikatif merupakan metode-metode yang lebih menekankan kepada kemahiran menyimak dan berbicara. tujuan pembelajaran yang ingin dicapai melalui berbagai metode ini adalah supaya pembelajar bisa berkomunikasi dengan bahasa target yang dipelajari kapanpun dan dimanapun yang mana hal tersebut yang sesuai dengan hakikat belajar bahasa.
References
‘Aud, Ahmad ‘Abduh, 2000. Madākhil Ta’līm al-Lugah al-‘Arabiyyah, Makkah: Univ Umm al-Quran’.
Al-Mausilī, Abū al-Fath ‘Uṡmān bin JinnI. 1952. al-Khaṣāiṣ, Kairo: al-Maktabah al-‘Ilmiyyah, Jilid I.
Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Pendidikan Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya, Yogyakarta: Teraṡ.
Anthony, J. 2019. Approach, Method, and Technique: English Language Teaching, 1976, dalam Muh. Arif, Metode Langsung (Direct Method) dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Al-Lisan, 4 (1).
Arif, Muh. 2019. Metode Langsung (Direct Method) dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Al-Lisan, 4 (1).
Arsyad, Azhar. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azies, Furqanul dan A. Caedar Al wasilah. 2000. Pendidikan Bahasa Arab Komunikatif: Teori dan Praktik, Bandung: PT. Remaja Rosdaya Karya.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Effendi, Ahmad Fuad. 2017. Metodologi Pendidikan Bahasa Arab, Malang: Misykat.
Fahrurrozi, Aziz dan Erta Mahyuddin. 2010. Pembelajaran Bahasa Asing, Bandung: Bania Publishing.
Hanifah, Ninip, 2011. Bahasa, Belajar, dan Pendidikan Bahasa, Jakarta: Akademi Bahasa Asing Borobudur.
Hasan, Ābidīn, Ṣālih Mahbūb Muhammad al-Tanq>arī. 2014. al-Madkhal al-It iṣālī wa Ta’līm al-‘Arabiyyah wa Ta’allamuhā li al-Naṭiqīn bigairihā, Jurnal al-‘Arabiyyah li al-Nāṭiqīn bigairihā .17, International University of Africa.
Hasan, Fikri Abidin dan Salih Mahbub Muhammad al-Tanqari, 2015. al-Madkhal al-Itis{āli wa Ta’līm al-lugah al-‘Arabiyyah wa Ta’alamuhā li al-Nāṭiqīn bigairiha, disampaikan pada The 5th International Conference Of Arabic Language & Literature (ICALL 2015), 7-9 December 2015, Kuala Lumpur. (unpublished).
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosydakarya.
Izzan, Ahmad, 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung, Humaniora, 2009) h.88. dalam Kamil Ramma Oensyar dan Ahmad Hifni, Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Kamalie, Syaifullah. 2008. Menciptakan Lingkungan untuk Belajar Bahasa Arab, dalam Makalah disampaikan dalam Diklat Guru Bahasa Arab Departemen Agama tahun 2005 di Jakarta, h. 1 dalam Subur, Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Insania. 13 (2).
Masri'ah. 2015. Penggunaan Metode Silent Way dan Suggestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal El-Ibtikar. 4 (2).
Muradi, Ahmad. 2014. Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Arabiyat. I(1).
Nur, Hastang. 2017. Penerapan Metode Muhadatsah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik, Jurnal Lentera Pendidikan, 20 (2).
Oensyar, Kamil Ramma dan Ahmad Hifni. 2015. Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Richards, Jack C. 2014. Curriculum Development in Languange Teaching, terjemah Nāṣir bin Abdullāh bin Gālī dan S}ālih bin Nāṣir al-Suwairikh: Taṭwīr Manāhij Ta’līm al-Lugah h. 64 dalam Ahmad Muradi, Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal ‘Arabiyat. 1 (1).
Sudjana, Nana, 2010. Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sunahrowi. 2007. Variasi dan Register Bahasa dalam Pendidikan Sosiolinguistik, dalam Jurnal Insania 12 (1).
Yusuf, Tayar & Syaiful, A., 1997. Metodologi Pendidikan Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: Grafindo Persada.