Fenomena Demotivasi Siswa MAN 2 Kuningan dalam Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing
Abstract
Kurangnya minat serta dorongan atau motivasi dalam belajar masih menjadi tantangan tersendiri dalam upaya mengembangkan Pembelajaran bahasa Arab saat ini. Tentunya ketika mempelajari sesuatu terutama bahasa, akan ada motivasi serta minta yang berbeda-beda dalam diri masing-masing siswa.. Fokus penelitian dilaksanakan di MAN 2 Kuningan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana Fenomena demotivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kuningan, guna mengungkap faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya demotivasi siswa bersama dengan bagaimana bentuk demotivasi yang terjadi mempelajari Bahasa Arab. Dari penelitian ini didapati bahwa adanya faktor-faktor menyebabkan terjadinya demotivasi terhadap siswa baik faktor eksternal maupun internal. Adapun faktor Internal yang dapat menyebabkan demotivasi adalah karena kemampuan dasar dan pengalaman belajar siswa. Sedangkan Faktor Ekternal terjadinya demotivasi terhadap siswa adalah karena Kompleksifitas bahasa Arab, Bahan ajar dan metodologi pembelajaran. Terkait dengan bentuk-bentuk demotivasi yang terjadi pada siswa peneliti mendapati bahwa Dari 10 benruk demotivasi sebagaimana yang di sampaikan oleh Sibhan Harmer, terdapat 3 bentuk demotivasi yang ditemui pada siswa MAN 2 Kota Kuningan.
References
Ainin, Moch. 2011. Fenomena Demotivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah: Penyebab dan Alternatif Pemecahannya, pidato pengukuhan guru besar sebagai Guru Besar dalam bidang Pembelajaran Bahasa Arab pada Fakultas Sastra (FS) Universitas Malang (UM), Kamis, 28 April 2011.
Ashinida, Aladdin. 2013. “Demotivating Factors in the Arabic Language Clasroom: What demotivates non-Muslim Malaysian learners when it comes to learning Arabic?,” Procedia - Social and Behavioral Sciences 93
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar Cet II; Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dornyei, Zolltan dan Ema Ushioda. Teaching and Researching Motivation (2nd ed) Harlow, England: New York, Longman, 2011.
Dornyei, Zoltan dan Ema Ushioda. 2010. Teaching and Researching Motivation (England: New York, Longman
Falout, Joseph and Mika Maruyama. 2004. “A Comparative Study of Proficiency and Learner Demotivation,” The Language Teacher - Issue 28.8; Agustus 2004
Gardner, Robert C. 2017. “Motivation and Second Language Acquisition,”Porta Linguarum 8
Hamada, Yo dan Kazuya Kito. 2008. “Demotivation in Japanese high schools” in K. Bradford-Watts (Ed.) JALT: Conference Proceeding
Harmer, Siobhan. “Ten Types of Demotivation and Howto Overcome Them”. Situs Resmi Lifehack. https://www.lifehack.org/articels/productivity/10-typesdemotivation-and-how-overcome- them.html/
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Kikuchi, Keita dan Hideki Sakai. 2009. “Japanese Learners‟ Demotivation to Study English: A Survey Study.” JALT Journal: Vol. 31, No. 2
Lubis, Maimun Aqsha. 2009. “Teaching and Learning Arabic Language through Multicultural Approach and Applying ICT in Pesantren Institution,” International Journal of Education and Information Technologies,Issue 3, Volume 3
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan, Cet. VI; Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya
Suryabrata, Sumardi. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Tabatabaei, Omid dan Ahmad Molavi. 2012. “Demotivating Factors Affecting EFL Learning of Iranian Seminary Students,” International Education Studies Vol. 5, No. 1
Wahab, Muhbib Abdul. 2014. Peran bahasa arab dalam pengembangan ilmu dan peradaban Islam. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 1, no. 1.
Copyright (c) 2023 Hasan Syukur , Nurdiana, Darul, Wildana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.