Fenomena Demotivasi Siswa MAN 2 Kuningan dalam Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing

  • Hasan Syukur Program Magister Pendidikan Bahasa Arab , UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)
  • Nurdiana Program Magister Pendidikan Bahasa Arab , UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)
  • Darul Program Magister Pendidikan Bahasa Arab , UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)
  • Wildana Program Magister Pendidikan Bahasa Arab , UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)

Abstract

Kurangnya minat serta dorongan atau motivasi dalam belajar masih menjadi  tantangan tersendiri dalam upaya mengembangkan Pembelajaran bahasa Arab saat ini. Tentunya ketika mempelajari sesuatu terutama bahasa, akan ada motivasi serta minta yang berbeda-beda dalam diri masing-masing siswa.. Fokus penelitian dilaksanakan di MAN 2 Kuningan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana Fenomena demotivasi siswa dalam  pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kuningan, guna mengungkap  faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya demotivasi siswa bersama dengan bagaimana bentuk demotivasi yang terjadi mempelajari Bahasa Arab. Dari penelitian ini didapati bahwa adanya faktor-faktor menyebabkan terjadinya demotivasi terhadap siswa baik faktor eksternal maupun internal.  Adapun  faktor Internal  yang dapat menyebabkan demotivasi adalah karena kemampuan dasar dan pengalaman belajar siswa. Sedangkan Faktor Ekternal terjadinya demotivasi terhadap siswa adalah karena Kompleksifitas bahasa Arab, Bahan ajar dan metodologi pembelajaran. Terkait dengan bentuk-bentuk demotivasi yang terjadi pada siswa peneliti mendapati bahwa Dari 10 benruk demotivasi sebagaimana yang di sampaikan oleh Sibhan Harmer, terdapat  3 bentuk demotivasi yang ditemui  pada siswa MAN 2 Kota Kuningan.

References

Ainin, Moch. 2011. Fenomena Demotivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah: Penyebab dan Alternatif Pemecahannya, pidato pengukuhan guru besar sebagai Guru Besar dalam bidang Pembelajaran Bahasa Arab pada Fakultas Sastra (FS) Universitas Malang (UM), Kamis, 28 April 2011.

Ashinida, Aladdin. 2013. “Demotivating Factors in the Arabic Language Clasroom: What demotivates non-Muslim Malaysian learners when it comes to learning Arabic?,” Procedia - Social and Behavioral Sciences 93

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar Cet II; Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dornyei, Zolltan dan Ema Ushioda. Teaching and Researching Motivation (2nd ed) Harlow, England: New York, Longman, 2011.

Dornyei, Zoltan dan Ema Ushioda. 2010. Teaching and Researching Motivation (England: New York, Longman

Falout, Joseph and Mika Maruyama. 2004. “A Comparative Study of Proficiency and Learner Demotivation,” The Language Teacher - Issue 28.8; Agustus 2004

Gardner, Robert C. 2017. “Motivation and Second Language Acquisition,”Porta Linguarum 8

Hamada, Yo dan Kazuya Kito. 2008. “Demotivation in Japanese high schools” in K. Bradford-Watts (Ed.) JALT: Conference Proceeding

Harmer, Siobhan. “Ten Types of Demotivation and Howto Overcome Them”. Situs Resmi Lifehack. https://www.lifehack.org/articels/productivity/10-typesdemotivation-and-how-overcome- them.html/

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Kikuchi, Keita dan Hideki Sakai. 2009. “Japanese Learners‟ Demotivation to Study English: A Survey Study.” JALT Journal: Vol. 31, No. 2

Lubis, Maimun Aqsha. 2009. “Teaching and Learning Arabic Language through Multicultural Approach and Applying ICT in Pesantren Institution,” International Journal of Education and Information Technologies,Issue 3, Volume 3

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan, Cet. VI; Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sukmadinata

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumardi. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Tabatabaei, Omid dan Ahmad Molavi. 2012. “Demotivating Factors Affecting EFL Learning of Iranian Seminary Students,” International Education Studies Vol. 5, No. 1

Wahab, Muhbib Abdul. 2014. Peran bahasa arab dalam pengembangan ilmu dan peradaban Islam. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 1, no. 1.

Published
2023-07-28
Abstract viewed = 348 times