Strategi Pembelajarab Bahasa Arab Berbasis Scrabble terhadap Penguasaan Kosa Kata dan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Bana Asing Hamzanwadi NW (Nahdlatul Wathan) Kecamatan Baras Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat

  • Siti Linda Eka Sari Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, UIN Alauddin Makassar
  • Haniah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hamka Ilyas UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Menganalisis kemampuan penguasaan kosa kata dan keterampilan menulis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Bana’ Asing Hamzanwadi NW tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis scrabble. 2). Menganalisis kemampuan penguasaan kosa kata dan keterampilan menulis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Bana’ Asing Hamzanwadi NW dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis scrabble. 3). Menganalisis efektifitas strategi pembelajaran bahasa Arab berbasis scrabble terhadap penguasaan kosa kata dan keterampilan menulis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Bana’ Asing Hamzanwadi NW. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes, angket dan dokumentasi. Dalam hal ini, peneliti menggunakan bantuan aplikasi  program SPSS 22 for windows dalam pengolahan datanya. Teknik analisis yang digunalan adalah uji independent sample test. Hasil yang di peroleh pada penelitian ini adalah nilai mean kelas kontrol sebelum pembelajaran terkait penguasaan kosa kata adalah 37,00 dan setelah pembelajaran adalah 52,00. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebelum pembelajaran terkait keterampilan menulis adalah 35,50 dan setelah pembelajaran adalah 45,70. Adapun nilai mean kelas eksperimen sebelum pembelajaran terkait penguasaan kosa kata adalah 40,00 dan setelah pembelajaran adalah 61,80. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum pembelajaran terkait keterampilan menulis adalah 39,60 dan setelah pembelajaran adalah 50,60. Selanjutnya diuji dengan menggunakan uji independen sample t-tes melalui aplikasi SPSS 22 Sig. (2-tailed) diketahui bahwa data kelas eksperimen dan kelas kontrol pada penguasaan kosa adalah 0.048 dan 0.17 dan pada keterampilan menulis 0.030 dan 0.026. Semua  nilai signifikan yaitu lebih kecil dari 0.05 (< 0.05) Maka dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan H1 diterima.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Cet.III; Bandung; Alfabeta.

Fani Erfianti, “Media pembelajaran scrabble sebagai alternative penguasaan kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTS”. Universitas Negeri Malang.

Istiqamah. 2016. “Pembelajaran Kosa kata bahasa Arab berbasis scrabble (Studi Eksperimen pada siswa kelas II Semester II MI Sultan Agung Sleman)”. Tesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Ma’mur Asmani, Jamal.2013. Tujuh Tips Aplikasi PAIKEM. Cet.IX; Yogyakarta; DIVA Press.

Muradi, Ahmad.2015.Pembelajaran Menulis Bahasa Arab(dalam perspektif komunikatif). Jakarta: Kencana

Ramayulis. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Padang; Kalam Mulia.

Sanjaya, Wina. 2012.Strategi Pembelajaran Beriontasi Standard Proses Pendidikan. Cet. IV; Jakarta: Prenada Media Group

Stefan Fatsis, Word Freak : “Heartbreak, Triumph, Genius, and Obsession in the World of Competitive Scrabble Players”. ISBN 0-14-200226-7. Akses tanggal 1 Desember 2015

Wiwied Fitri Utami. 2018. “Eksperimentasi media scrabble dalam meningkatkan hasil belajar maharah al-kitabah kelas VII MTs N 3 Sleman”. Tesis. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Zuriyah, Nurul. 2005. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Published
2023-07-28
Abstract viewed = 242 times