Implementasi Aplikasi Memrise dalam Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif di Bimbingan Belajar (Bimbel) Adz-Dzakaa’ Malang

  • Firsa Afra Yuslizar Universitas Islam Negeri Maulana Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Ahmad Zahruddin Universitas Islam Negeri Maulana Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Susanti Lathifa Ulfi Universitas Islam Negeri Maulana Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Danial Hilmi Universitas Islam Negeri Maulana Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Proses pembelajaran bahasa khususnya pembelajaran bahasa Arab di Indonesia kurang menekankan cara pengucapan dialek (lahjah) yang benar, oleh karena itu aplikasi memrise hadir sebagai media mandiri serta interaktif dengan keunikannya untuk menunjang kekurangan tersebut yaitu menghadirkan bagaimana ketepatan penggunaan bahasa target sesuai dialek dan tingkat kemampuan pembelajar bahasa dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi memrise pada pembelajaran interaktif dan memaparkan kekurangan serta kelebihan aplikasi ini.  Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif dengan memaparkan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan diperkuat dengan hasil survey terhadap proses pembelajaran bahasa Arab pada kegiatan peserta bimbel Adz-Dzakaa’. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi aplikasi memrise pada kegiatan bimbel Ad-Dzakaa’ ikut serta dalam enam tahapan proses pembelajaran interaktif yang juga berpengaruh pada dua aspek landasan umum terhadap pemerolehan proses belajar siswa yaitu aspek sosial dan psikologi. Kelebihan aplikasi ini diantaranya adalah aplikasi ini memiliki fitur yang menarik dan tidak monoton, menghadirkan cara pengucapan bahasa asing secara berulang-ulang dengan benar. Sedangkan kekurangan aplikasi ini adalah keluasan pemilihan bahasa arab masih terbatas, aplikasi ini lebih cocok digunakan para pemula dan tidak dapat digunakan sebagai bahan ajar utama, melainkan media pendukung saja.

References

Affandi, M.H., Syafi’i, A., 2018. Memrise As A Builder Students Vocabulary. Efektor 5, 32–38. https://doi.org/10.29407/e.v5i1.11921

Chandra, E.N., Kusumadewi, H., 2018. Pengenalan Aplikasi Memrise untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris melalui TOEFL. J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy. 1, 224–230. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i03.1835

Hakim, M.L., Asrowi, A., Akhyar, A., 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Profesi Bagi Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri. JTP - J. Teknol. Pendidik. 20, 249–263. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537

Hamruni, H., 2009. Strategi dan model-model pembelajaran aktif menyenangkan. Yogyak. Fak. Tarb. UIN Sunan Kalijaga 65, 15.

Izah, N., 2019. UPGRADING STUDENTS’VOCABULARY THROUGH “MEMRISE” APP, in: Proceeding of 1 St Conference of English Language and Literature (CELL) Innovative Teaching of Language and Literature in Digital Era.

Mahmudah, S., 2018. MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Nabighoh J. Pendidik. Dan Pembelajaran Bhs. Arab 20, 129–138. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131

Majid, A., 2013. Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Melinda, I., 2018. Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas IV A SDN Merak I pada mata pelajaran IPS. Int. J. Elem. Educ. 2, 81–86.

Muna, W., 2011. Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Yogyak. Teras.

(PDF) Panduan Membuat Profil Google Scholar dan SINTA [WWW Document], n.d. . ResearchGate. URL https://www.researchgate.net/publication/324536879_Panduan_Membuat_Profil_Google_Scholar_dan_SINTA (accessed 6.9.21).

Rahardjo, M., 2017. Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Rosydah, E.C., 2018. Improving student’s mastery of Irregular Verb by using Memrise application at the tenth grade of MAN Sidoarjo (PhD Thesis). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sari, D.J., 2020. Efficacité de l’Application Memrise Pour Augmenter la Compétence de Français des Élèves À SMA N 2 Tebing Tinggi (PhD Thesis). Universitas Negeri Medan.

Setyaningrum, Y., 2013. Desain Pembelajaran; Berbasis Pencapaian Kompetensi, Panduan Merancang pembelajaran untuk mendukung Implementasi Kurikulum 2013, Cet. I. Jkt. Prestasi Pustaka Publ.

Tyas, E.W., Nurdiawati, D., 2019. The Effectiveness of Memrise Online Application on Vocabulary Mastery of the Tenth Grade BDP Students of SMK Al-Furqon Bantarkawung. Dialekt. J. Pendidik. Bhs. Ingg. 7, 159–169.

Ulber, S., 2012. Metode Penelitian Sosial, PT Refika Aditama. Bandung.

Published
2023-07-28
Abstract viewed = 363 times