Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berbasis Komik Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDIT Takwa Cendekia Makassar

  • Rusmayana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Kamaluddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Hamka Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Menganalisis pengaruh penerapan bahan ajar bahasa Arab berbasis komik terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas I SDIT Takwa Cendekia Makassar. 2) Menganalisis minat belajar siswa sebelum diterapkan bahan ajar bahasa Arab berbasis komik. 3) Menganalisis minat belajar siswa setelah diterapkan bahan ajar bahasa Arab berbasis komik. 4) Menganalisis hasil belajar siswa sebelum diterapkan bahan ajar bahasa Arab berbasis komik. 5) Menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan bahan ajar bahasa Arab berbasis komik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penilitian quasi eksperiment design. Data dikumpulkan menggunakan instrument angket dan tes. Angket untuk mengukur minat belajar siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini data diolah menggunakan aplikasi SPSS for windows. Jenis pendekatan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan paedagogis dan psikologis.

Hasil penelitian ini adalah: 1)Minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SDIT Takwa Cendekia Makassar sebelum dilakukan penelitian dengan menggunakan bahan ajar bahasa Arab berbasis komik tergolong sedang. 2) Minat belajar siswa di SDIT Takwa Cendekia setelah penelitian dengan menggunakan bahan ajar bahasa Arab berbasis komik tergolong meningkat. 3) Hasil belajar siswa di SDIT Takwa Cendekia siswa kelas eksperimen sebelum dilakukan penelitian adalah tergolong kurang. 4) Hasil belajar siswa SDIT Takwa Cendekia setelah penelitian dengan menggunakan bahan ajar bahasa Arab berbasis komik tergolong meningkat. 5) Bahan ajar bahasa Arab berbasis komik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa di SDIT Takwa Cendekia.  Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan variabel minat belajar dan hasil belajar siswa sama-sama dipengaruhi secara signifikan oleh bahan ajar berbasis komik.

References

Akasahtia, Lukman Taufik. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Riau: Dotplus Publisher. 2021.
Amri, Sofan dan Lif Khoiru Ahmadi. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka. 2010.
Arif Muh dan Eby Waskito Makalalag. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Padang:Balai Insan Cendekia Mandiri. 2020.
Asrori, Imam. Belajar Bahasa Arab. Malang: Misykat. 2012.
Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. 2011.
Ghoffa, M. Abdul dkk. Tafsir Ibnu Katsir jilid I. Bogor: Pustaka Imam Asy-syafi’I. 2004.
Hamid,Hamdani. Pengembangan Sitem Pendidikan di Indonesia. Bandung : Pustaka Setia. 2013.
Hidayatullah , Agus dkk. Aljamil Al-Qur’an Tajwid Warna Terjemahan Per Kata Terjemahan Inggris. Bekasi: Cipta Bagus Segara. 2012.
Khotimah, Husnul. Penggunaan Bahan Ajar Komik Digital. Malang: Literasi Nusantara. 2018.
Kosasih. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2021.
Majid,Abdul. Perencanaan Pembelajaran . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2014.
Mudlofar,Ali. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Satuan Tingkat Guruan dan Bahan Ajar Dalam Guruan Islam. Jakarta : Rajawali Pers. 2012.
Munir. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana. 2016.
Nana. Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: Lakeisha. 2019.
Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yogyakarta :Diva Press. 2014.
Royani, Ahmad dan Erta Mahyudin. Kajian Liguistik Bahasa Arab. Jakarta: Publica Institute. 2020.
Sinar. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish. 2018.
Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2015. McCould,Scott. Undersatnding comics. New York: Harper Collins Publisher. 2022.
Susanto, Ahmad. Pengembangan Pembelajaran IPS disekolah Dasar. Jakarta: Kencana. 2013.
Suyahman. Pengembangan Bahan Ajar PPKN di SD. Klaten: Lakeisha. 2021.
Syahputra, Edi. Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing. 2020.
Syahputra, Edi. Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi : Haura Publishing. 2020.
Tim Penyusun Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008.
Yendra. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik).Yogyakarta: Deepublish. 2018.
Published
2023-07-25
Abstract viewed = 226 times