أنماط الحجة في خطاب المتحدثين في بطولة المناظرة باحتفال مؤسسات التعليم العالي بجامعة العلوم الإسلامية ماليزيا سنة 2018

  • Seif Robert Department of Arabic Teaching, Faculty of Letters, State University of Malang, Indonesia
    (ID)
  • Hanik Mahliatussikah Department of Arabic Teaching, Faculty of Letters, State University of Malang, Indonesia
    (ID)
  • Kholisin Department of Arabic Teaching, Faculty of Letters, State University of Malang, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Pola argumentasi, retorika pembicara, debat

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola argumentasi dalam retorika pembicara pada kejuaraan debat bahasa Arab di Ihtifal Institusi Pengajian Tinggi (IPT) Universiti Sains Islam Malaysia 2018. Retorika tersebut dikaji berdasarkan model Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP), yang mana model ini terdiri dari enam elemen argumen, yaitu C (claim), G (ground), W (warrant), B (backing), M (modal qualifier), dan R (rebuttal). Di samping itu, Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan teknik analisis isi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi yaitu berupa data rekaman debat bahasa Arab di Youtube dengan jumlah 3 video dan masing-masing video berdurasi 8 menit.  Hasil analisis menunjukkan 14 pola argumentasi yang terbentuk dalam retorika ketiga pembicara tim kontra. Retorika pembicara pertama tim kontra mencakup berbagai gagasan yang membentuk pola pertama C (Claim) dan G (Ground) 2 kali, dan pola keempat C (claim), G (ground), W (warrant), M (modal qualifier) dan R (rebuttal) 1 kali. Kemudian, retorika pembicara kedua tim kontra mencakup berbagai gagasan yang membentuk pola pertama C (Claim) dan G (Ground) 1 kali, pola kedua C (claim), G (ground), dan R (rebuttal) sekali dan C (claim), M (modal qualifier) dan R (rebuttal) sekali, dan pola ketiga C (claim), G (ground), M (modal qualifier) dan R (rebuttal) sekali, dan pola C (claim), G (ground), W (warrant), M (modal qualifier). Adapun pembicara ketiga tim kontra, retorikanya mencakup berbagai gagasan yang membentuk pola pertama C (claim) dan R (rebuttal) 3 kali, pola kedua C (claim), G (ground) dan R (rebuttal) dua kali, dan pola ketiga C (claim), G (ground), M (modal qualifier) dan R (rebuttal) sekali.

Referensi

باكينج، أأد نور سيد الشهور باكينج. "تحليل الحجة في خطاب المتحدثين في الجولة النهائية للبطولة الدولية الرابعة للمناظرة العلمية بقطر 2017 بمنظور تولمين". قسم اللغة العربية وأدبها، كلية العلوم الإنسانية، جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج، 2020.
كوين، ساميون، "المرشد في فن المناظرة نموذج بطولة العالم لمناظرات المدارس"، مؤسسة قطر للتربية والعلوم وتنمية المجتمع دولــــة قطــــــر سنة 2010
منى إبراهيم اللبودي، "الحوار – فنياته واسترايجياته وأساليب وتعليمه"، القاهرة: مكتبة وهبة، 2003
"ACTFL Pedoman Kemahiran". American Council on The Teaching of Foreign: 2012
Budiono, Tri Djoyo. "Pola Argumentasi dalam Metode Dakwah Mujadalah Nabi Ibrahim", INTELEKSIA – Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah. Volume 02 - No. 01 Juli 2020.
Burdah, Ibnu. "Melejitkan Kemampuan Bahasa Arab Aktif Melalui Strategi Debat". Lisan Arabi: Malang, 2018.
Institute for Writing & Rhetoric. "Languages", 1001 N. Fairfax ST., SUITE 200 | ALEXANDRIA, VA 22314, 2014.
Khairani Abduh, Nurul, Andoyo Sastromiharjo, dan Dadang S. Anshori. "Pola Argumentasi pada Genre Teks Eksposisi Karangan Siswa SMA". RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Volume 12, Nomor 1, Februari 2019.
Muliarman. "KBBI; Kamus Besar Bahasa Indonesia". Permata Press. 2019
Keraf, Gorys. "Argumentasi dan Narasi". Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2007.
Nisa, Khoirun. "Profil kemampuan argumentasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari aktualisasi diri siswa". Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2017.
Toulmin, Stephen. "The Uses of Argument". Cambridge University Press: New York, 2003.
Toulmin, Stephen, Richard Rieke & Allan Janik. "An Introduction to reasoning". Canada: Macmilllan Publishing Company, 1984.
Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa, 2013.
Yuliati. "Penerapan metode debat pro dan kontra untuk meningkatkan proses pembelajaran PPKN". SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 15 No. 1 Tahun 2018 | 27 – 36, 2018.
Moleong, Lexy J. "Metodologi Penelitian Kualitatif". Bandung: PT Remaja. Rosdakarya, 2017.
Sumarno. "Analisis Isi dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra". Jurnal Elsa, Volume 18, No. 2, September, 2020.
Rijali, Ahmad. "Analisis Data Kualitatif". Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018
Wardan, Zahrotul, Wiwit, Oktavia Sulistinab, and Dedek Sukarianingsih, "Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik SMA, MAN, dan Perguruan Tinggi Tingkat I", J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia, 2(2), 30-40, 2017.
Diterbitkan
2023-12-29
Abstrak viewed = 107 times