Analisis Pengembangan Program Studi Melalui Pembentukan Bi’ah Lughawiyah pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Ternate
Abstract
Isu pengembangan program studi Pendidikan Bahasa Arab telah mendapatkan perhatian oleh para ketua/ koordinator program Studi Pendidikan Bahasa Arab se-Indonesia. Beberapa agenda pun dicanangkan dalam rangka menyatukan langkah menuju perbaikan program secaran nasional. Salah satunya adalah kegiatan Rakernas dan Semiloka PPPBA Indonesia yang berlangsung di Malang pada tanggal 24-26 Agustus 2022. pada kegiatan tersebut dibahas tentang Best practice kurikulum PBA berbasis MBKM, Bedah instrumen akreditasi prodi dan Akreditasi internasional (Aqas). Di sisi lain, para ketua prodi PBA se-Indonesia saling bertukar program pengembangan yang dibuktikan dengan penandatangan MoU masing-masing Pengelola program studi. Hal ini membuktikan bahwa program studi PBA dari perguruan tinggi Islam se-Indonesia, terus bergerak dan bersinergi dalam rangka mengembangkan program sesuai dengan tuntutan zaman. Program studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ternate sebelumnya juga terus berbenah dengan berusaha menciptakan bi’ah lughawiyah melalui kegiatan daurah arabiyah, rihlah ilmiah dan program stimulasi metode pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan library research sebagai bentuk kajiannya. pendekatan deskriptif kualitatif Seluruh data dan informasi yag diperoleh baik dari penelusuran literature terkait maupun hasil wawancara dan observasi, diolah dengan menggunakana analisi deskristif kualitatif melalui kerangka acuan deduktif. Kerangka acuan deduktif yang dimaksud adalah dengan menjabarkan informasi sekompleks mungkin kemudian diambil sebuah kesimpulan akhir yang mencakup keseluruhan data dan informasi terkait analisa pengembangan program studi pendidikan bahasa Arab di IAIN Ternate. Hasil penelitian menunjukkan bukti adanya upaya yang dilakukan oleh pengelola dalam mengembangkan program studi pendidikan bahasa Arab di IAIN Ternate. Program tersebut jika secara kontinu dilakukan, maka tentu akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi para mahasiswa PBA IAIN Ternate. Dengan terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, maka bukan tidak mungkin PBA IAIN Ternate sebagai satu-satunya penyelanggara Pendidikan Bahasa Arab di Provinsi Maluku Utara, akan menjadi salah program studi yang diminati di masa yang akan datang
References
Bahruddin, Uril. Rekonstruksi pengembangan pendidikan bahasa Arab. CV Lisan Arabi, Malang. ISBN 9786026114235 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED. 2017
Hanif, Muhammad. Strategi Pengemangan Program studi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Islam, Jurnal Andragogi, Vol. 1 no. 2, 2019, h. 30-38
Hidayat, Firman. Kerjasama Perguruan Tinggi dalam Bingkai Kampus Merdeka, Bahan Presentasi LL-DIKTI Angkatan 1 dan 2
https://iaida.ac.id/kaprodi-pba-ikuti-rakernas-dan-semiloka-pppba-indonesia-di-batu-malang/ diakses pada tanggal 24 September 2022
Irwan, Muhammad, ‘Perkampungan Bahasa Arab Dalam Mendukung Pembelajaran Mahasiswa Di IAIN Parepare’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7.1 (2021), 151–56
Nasir, Mohd., Mukhlis, and Meutia Rahmah, ‘Eksistensi Bīah Lughawiyyah Di Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon Aceh Utara’, Ihya Al-Arabiyah, 2.1 (2016), 117–36
Peraturan Pemerintah (PP) tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan, 2010
Sanusi, Hary Priatna, and Siti Sanah, ‘Optimalisasi Manajemen Program Bi’Ah Lughawiyah Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Berbahasa Arab’, Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 2.1 (2019), 11–24
Syamsiyah, Dailatus, ‘Arah Baru Belajar Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi’, Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6.2 (2016), 51–75
Takdir, ‘PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB’, Naskhi, 2.1 (2020), 40–58
Copyright (c) 2023 Sugirma, Miftahul Huda, Dian Risky Amalia, Siti Sulaikho, Agustang K
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.