تطوير القاموس المساعد في تعليم مهارة القراءة في مدرسة دار الأخوة الثانوية الإسلامية بمالانج

  • Zaki Ahmad Farid Zaki UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Abdul Wahab Rosyidi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)
  • Ahmad Kholil UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk Menghasilkan dan menjelaskan proses pengembangan kamus musaid dalam pembelajaran maharah qiraah di SMP Daarul Ukhuwwah Malang, Untuk Mengetahui kelayakan kamus musaid dalam pembelajaran maharah qiraah di SMP Daarul Ukhuwwah Malang, Untuk Mengetahui keefektifan kamus musaid dalam pembelajaran maharah qiraah di SMP Daarul Ukhuwwah Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan kamus musaid menggunakan model pengembangan ADDIE yang mengadopsi dalam Robert Maribe Branch. Model pengembangan ADDIE mempunyai 5 tahapan: a) Tahap Analisis, b) Tahap Desain, c) Tahap Pengembangan, d) Tahap Implementasi, e) Tahap Evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, observasi, masukan para validator,dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil kuesioner validator, hasil belajar siswa pre-test dan post-test sebelum dan sesudah menggunakan produk kamus musaid yang dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS 21. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Menghasilkan kamus musaid melalui tahapan pengembangan ADDIE. (2) Proses uji kelayakan kamus musaid melalui validator ahli desain, ahli bahasa dan isi, ahli pembelajaran yang hasilnya sangat layak dan layak untuk diujicobakan. Hal ini berdasarkan hasil validasi ahli desain mendapatkan kriteria sangat layak dengan nilai 98,75%. Hasil validasi ahli bahasa dan isi memdapatkan triteria layak dengan nilai 80%. Hasil validasi ahli pembelajaran mendapatkan kriteria sangat layak dengan nilai 88,57%. Hasil angket tanggapan kemenarikan kamus musaid untuk siswa mendapatkan kriteria sangat layak dengan nilai 81,15%. (3) Tingkat keefektifan pada kamus musaid yang hasilnya terbukti efektif. Hal ini diperkuat dari hasil pre-test dan post-test sebelum dan sesudah menggunakan kamus musaid, hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 56,69 dan 86,31, dan hasil pre-test dan post-test kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 51,35 dan 61,81. Dari hasil tersebut  kemudian diuji dengan menggunakan independent sample test, adapun hasilnya adalah hasil uji hipotesis post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu Sig. 0,000 < 0,05. Dari perolehan hasil tersebut ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan kamus musaid. Kesimpulannya terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan kamus musaid dalam pembelajaran maharah qiraah di SMP Daarul Ukhuwwah Malang.

References

أحمد فؤاد علينا، المهارات اللغوية (ماهيتها وطرائق تدريسها)، (الرياض: دار المسلم للنشر والتوزيع، 1413).
دوجلاس براون، أسس تعليم اللغة وتعليمها، (للطباعة والنشر: دار النهضة العربية، 1994).
نعمة الخيرية ونوريان، المشكلات والانتقادات لتعليم اللغة العربية ومنهجه الدراسي، (التدريس: المجلد الخامس، العدد الأول، يونيو 2017).
Arsyad, Ashar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang:Misykat.
Fathanah, Kaamiliyah dkk. “Penggunaan Kamus Musaid Lii Arabiyah Baina Yadaik Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Semester Satu STAI AS-SUNNAH Medan”. Jurnal Shaut Al-Arabiyyah 9, no. 1 (2021): 62.
Haryadi. 2006. Retorika Membaca: Model Membaca dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Hastang. “Efektifitas Kamus Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Android Dalam Menerjemahkan Qiraah”. Didaktika Jurnal Kependidikan 11, No. 1 (Juni 2017): 113.
Huda, Nurul dan Nabilah Ulfah. “Pengembangan Kamus Arab-Indonesia Sebagai Penunjang Penggunaan Buku Ajar Madrasah Tsanawiyyah DiKelas VIII”. Jurnal Alfazuna: Unversitas Islam Negri Sunan kalijaga 3 No. 2 (2019): 219.
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Diva Press.
Observasi dan Wawancara dikelas VII (Tujuh). Malang: 8 Agustus 2022.
Ruswandi, dkk. 2008. Landasan Pendidikan. Bandung: Cv. Insan Mandiri.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-12-29
Abstract viewed = 57 times