Perencanaan Managemen Program Bahasa Arab di Pesantren Albahjah Cirebon
Abstract
Abstrak : Pesantren al Bahjah merupakan salah satu pesantren yang punya perhatian besar terhadap bahasa arab. salah satu upaya pesantren al Bahjah untuk membuat siswa cinta dan mampu berbahasa arab aktif adalah dibuatnya kegiatan Intensive bahasa arab. kegiatan intensive bahasa arab merupakan kegiatan satu tahun sekali dalam waktu satu bulan untuk memotivasi dan menjadi pijakan awal berani dan mempraktekkan bahasa arab. dalam waktu satu bulan itu siswa tidak memiliki kegiatan lain selain mempelajari bahasa arab dan mempraktekkannya dengan menghentikan semua kegaitan akademik dan fokus mempelajari bahasa arab. penelitian akan mendeskripsikan managemen pemrogaman pesantren al Bahjah dalam kegiatan ini dijalankan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari salah satu pengajar dalam kegiatan ini. Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah: Pertama, perencanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini merupakan jenis perencanaan proyek dan top-down. Kedua, desain dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah penambahan mufrodat, pembelajaran klasikal, bembentukan lingkungan berbahasa dan pertunjukan bahasa arab. materi disesuaikan dengan kemampuan siswa dan tujuan kegiatan. Diakhir kegiatan di adakan evaluasi dan pertunjukan kebahasaan.
References
Arifin, Zainal, dan Pipih Latifah. Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, teknik, prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Arikunto, Suharsimi. Pengelolaan kelas dan siswa : sebuah pendekatan evaluatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.
Emzir. Metodologi penelitian kualitatif : analisis data. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Ernawati, Euis. “Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Pariwisata.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 1 (2018): 15–37.
Hasibuan, Malayu SP. “Manajemen: dasar, pengertian, dan masalah,” 2007.
Kemp, Jerrold E., dan Marjohan Asril. Proses perancangan pengajaran. Penerbit ITB, 1994.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldaña. Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications, 2018.
Moelong, Lexy j. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT.” Raja Grafindo Persada, 2014.
Sisk, Henry L. Principles of management: A systems approach to the management process. South-Western Publishing Company, 1969.
Soejono, Abdurrahman, dan H. Abdurrahman. “Metode penelitian suatu pemikiran dan penerapan.” Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Suryapermana, Nana. “Manajemen perencanaan pembelajaran.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 3, no. 02 (2017): 183–93.
Talibo, Ishak. “Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 7, no. 1 (2018).
Usman, Husaini. “Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, cet. 1, Jakarta: PT.” Bumi Aksara, 2006.
Copyright (c) 2024 Najih Syahrul Ichwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.