Efektivitas Metode Reward (hadiah) dalam Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik
Abstract
Metode penelitian ini yaitu penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan desain Intact-Group Comparison. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs As’Adiyah Banua Baru Polman yang jumlahnya 102 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling dimana kelas yang terpilih merupakan kelompok kelas dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sehingga peneliti mengambil dua kelas sebagai sampling yaitu kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas VIII.C 23 orang dan siswa kelas VIII.A adalah 23 orang. Untuk memperoleh tujuan penelitian, peneliti menggunakan instrument angket minat belajar siswa. Dalam pengelolaan data digunakan analisis data deskriptif serta analisis data inferensial. Hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk minat belajar siswa yang tidak diterapkan metode reward tergolong tinggi. Hal tersebut didasarkan pada presentase nilai terbesar ditunjukkan pada kategori tinggi yaitu yaitu 90,30% dengan nilai rata-rata 60,35. Sedangkan untuk minat belajar siswa yang menerapkan metode reward tergolong tinggi dengan presentase terbesar pada kategori tinggi yaitu 100% dengan rata-rata sebesar 66,09. Melalui uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel = 3,831 > 2,01. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode reward efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.
References
Sardiman A.M., Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.
Arief Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : PT. Intermasa, 2002.
Mustami, K, Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat publishing, 2015.
Anwar, Desi, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abditaman, 2001.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Yogyakarta: Rieneka Cipta, 1980..
Sriyanti, Lilik, dkk., Teori-teori Pembelajaran. Salatiga: STAIN, 2009.
Mulyadi, Classroom Management Mewujudkan Suasana Kelas yang Menyenangkan Bagi Siswa. Malang: UIN Malang PRESS, 2009
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Amir Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1973
Ellis Ormrod, J., Psikologi Pendidikan Membantu siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2008
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Hamalik, O., Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Sumadi Suryabrata, PsikologiPendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada 1993.
S.Nation, Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Bambang Prasetio. Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alpa Beta, 2012.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Misbahuddin, Iqbal hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Siregar Syofian, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara, 2015.
Sudjana, Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 1992.
Ridwan, Sunarto, Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2009.
Misbahuddin, Iqbal hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Siregar Syofian, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara, 2015.
Sudjana, Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 1992.
Ridwan, Sunarto, Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2009.
Copyright (c) 2025 Munawarah, Lukman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.