Pembelajaran Bahasa Arab dan Penguatan Tradisi Keilmuan Pesantren di Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang

  • Muhammad Yunus Muin Mahasiswa Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Paradigma pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan di Pondok Pesantren As’adiyah adalah pembelajaran sebagai rekonstruksi pengalaman, pembelajaran sebagai perkembangan kognitif dan pembelajaran sebagai konstruksi sosio-kultural yang mengarahkan pembelajaran dalam setting social dan perkembangan kultural. Model pengajaran yang dilakukan di Pondok Pesantren As’adiyah adalah model memproses informasi, model interaksi sosial, model personal yang bertumpuh pada pengembangan individu santri. Paradigma dan model tersebut diaplikasikan dalam tradisi keilmuan pesantren sebagai pusat kajian bahasa Arab dan kitab kuning melalui Mangaji Tudang, Madrasah, Ma’had Aly, Pengajian Pesantren Mahasiswa, Nahdatul Qurra wal Huffadz, dan Pendidikan Diniyah Formal Ulya.

References

Achmad Maulani, Pesantren dan Islam Indonesia Kajian Atas Pembaharuan dan Peran Sosial Transformatif, dalam Pesantren dan Peradaban Islam. Cet. I; Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balitbang dan Diklat Kementerian RI, 2010.

An-Nahidh, Nunu Ahmad. dkk. Otoritas Pesantren dan Perubahan Sosial. Cet. I; Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2010.

Anwar, Ali. Pembaruan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Arief, Syamsuddin. Jaringan Pesantren di Sulawesi Selatan 1928 – 2005 . Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Dep. Agama RI, 2008), h. 89-90.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Cet. III; Jakarta: Kalimah, 2001.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia. Cet. VIII; Jakarta: LP3ES, 2012.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Cet.VI; Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Kementerian Agama RI, Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2014.

Nurcholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren-Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Dian Rakyat,t.th..

Walinga,Muhammad Hatta. Warisan Intekletual Sang Maha Guru: KH. Muhammad As’ad “Anregurutta Syekh Al-Allamah H. Muhammad As’ad’. Cet.I; Solo: Zadahaniva, 2017.

Wahid, Abdurrahman. Islam Kosmopolitan, Nilai-nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan. Cet. I: Jakarta: Desantara Utama, 2007.

Published
2019-02-21
Abstract viewed = 433 times