Efektivitas Penerapan Counseling Learning Method dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik

  • Resky Damayanti Herman PPS UIN AM
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar  peserta didik yang diajar tanpa menerapkan Counseling Learning Method dalam pembelajaran bahasa Arab, dan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar  peserta didik yang diajar dengan menerapkan Counseling Learning Method dalam pembelajaran bahasa Arab, serta untuk menguji efektivitas penerapan  Counseling Learning Method dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan t-test, Hal tersebut ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,005 lebih kecil dari nilai Alfa 0,05. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa penerapan Counseling Learning Method efektiv terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar bahasa Arab peserta didik.

 

Author Biography

Resky Damayanti Herman, PPS UIN AM
Mahasiswa tingkat akhir PPS UIN Alauddin

References

Ahmad, Abdul Karim H. Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar. 2007.

Ali, Mohammad. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa. 1993.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 1998.

Aritonang, Keke T. “Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa”, Jurnal Pendidikan Penabur - No.10 (Juni 2008).

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet. III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

Ba’albaki, Munir. al Maurid Kamus Inggris-Arab. Cet.24: Beirut: Dar al-Malayin. 1990.

Chalik, Sitti Aisyah. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Gowa: Alauddin university Press. 2014.

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta. 1997.

Daradjat, Zakiah, dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. V; Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2004.

Dep Dik Bud,. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet.3: Jakarta: Balai Pustaka. 1990.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi. III: Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka. 2001.

Djaali. Psikologi Pendidikan. Cet. VI; Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2009.

Djamrah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta. 2011.

Durori, Moh. Model Belajar Mandiri. Purwokerto: Mitra Mas. 2002.

Effendy, A. Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. 2005.

Haddade, Hasyim. Permainan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Makassar: Alauddin University Press. 2013.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Cet. I; Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2001.

-------. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara. 2003.

Hanafiah Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Cet. II; Bandung: Refika Aditama. 2010.

Haniah. Bahasa Arab Komunikasi. Makassar: Alauddin University Press. 2017.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet.IV; Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2014.

-------. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2011. https://ahlibahasaarab.blogspot.com/2015/03/metode-dan-strategi-pembelajaran-bahasa.html (17 agustus 2018).

Ikhsan, Sudiono W. “Urgensi Psikologi terhadap Pendidikan Islam”. Tesis. Makassar: PPS UIN Alauddin, 2006.

Jannah, Bambang Prasetyo, Lina Mifathul. Metode Penelitian Kuantitatif. Cet. VIII; Jakarta: Grafindo Persada. 2013.

Jessica, “6 Permainan untuk Memperkaya Kosakata Bahasa inggris”, 20 Agustus 2016. https://www.educenter.id/6-permainan-untuk-memperkaya-kosakata-bahasa-inggris/ (03 September 2018).

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Sukses Publishing. 2012.

Khotijah, “Penerapan Metode Community Language Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab terhadap Siswa MIN Metro Lampung”, Masters thesis. Makassar: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2009

Mardaluis. Metode Penelitian; Suatu pendekatan Proposal. Cet. VIII; Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2006.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab . Jogjakarta: Diva Press. 2011

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2004.

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Edisi kedua; Surabaya: Pustaka Progressif. 1997.

Musrif, “Kreatifitas Guru Mendesain Media Pembelajaran Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 17 Kendari”. Tesis. Makassar: PPs UIN Alauddin, 2008.

Nuha, Ulin. Ragam Metodolgi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Cet.I: Yogyakarta: Diva Press. 2016.

Quthb, Ali Muhammad Syaikh. Amal Shaleh Pengantar ke Surga dan Penyelamat dari Neraka,. Jakarta Timur : Pustaka al-Kautsar. 2005.

Padmowihardjo, Soedijanto. “Psikologi Belajar Mengajar”, repository.ut.ac.id (2014).

Rosyidi, Abd. Wahab, dkk. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press. 2012.

Rudianto, “Korelasi Penggunaan Media Visual dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa”. Tesis. Makassar: PPs UIN Alauddin, t.th.

Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA. 2012.

Sabah, Ghazzawi. The Arabic Language. Washington D.C. : Center for Contemporary Arab Studies. 1992.

S, Arief Sadiman. Media Pendidikan (pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta : CV. Rajawali. 1990

Samsidah, Siti. “Korelasi antara Pola Pengasuhan Anak di Rumah Tangga dengan Minat Belajar Anak di SMP Negeri Matakali Kabupaten Polman”. Tesis, Makassar: PPS UIN Alauddin, 2006.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2007.

Setyosari, Punaji. “Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas”. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran 1, no. 1 (2014), h. 21.

Soehartono, Irawan. Metode Penelitian Sosial Lainnya. Cet. V; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2002.

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Cet. VI; Jakarta: PT. Rineka Cipta. 1998

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset, 1989.

Sugandi, dkk. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES. 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Method. Bandung: Alfabeta. 2013.

Suhana, Nanang Hanafiah,Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran. Cet. II; Bandung: Refika Aditama. 2010.

Sukardi. Metodologi Penelitian. Cet. III; Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2011.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Cet. VII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2007.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Cet. XVII; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2005.

Suwaid, Muhammad Nur Abduh hafizh. Prophetic Parenting. Yogyakarta: Pro-U Media. 2010.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2006.

Syam, Nurzakiyah. Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning STAD (Student Teams Achievement Division) pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTS Babussalam Takalar. Tesis. Makassar: PPS UIN Alauddin Makassar. 2011.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukurannya, Cet ke-10, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2013.

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran, Landasan & Aplikasinya. Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2008.

Widiasworo, Erwin. 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Cet. I; Jakarta: Ar-Ruzz Media. 2015.

Zulhannan. Tekhnik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Cet.II: Depok: PT. Rajagrafindo Persada. 2015.

Published
2019-06-09
Abstract viewed = 1285 times