The Relevance of John Dewey's Thoughts in Shaping Individuals with Character Through The Approach of Progressivism Education Philosophy

  • devi sri sumartis uin sunan ampel surabaya
    (ID)
  • almi novita UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
    (ID)

Abstract

Filsafat Pendidikan yaitu cabang filsafat yang membahas tentang prinsip, tujuan, dan nilai-nilai yang melandasi Pendidikan. Dalam hal ini memegang peranan penting untuk membentuk kepribadian seseorang. Filsafat Pendidikan dengan karakter pribadi mempunyai hubungan nilai-nilai yang sangat kuat, karena nilai-nilai tersebut bisa membantu membangun perilaku dan sikap individu dalam Masyarakat.Dalam filsafat pendidikaan tulisan ini bertujuan untuk pembentukan karekter, berdasarkan gagasan John Dewey, memerlukan pendekatan Pendidikan yang realistis, dekratis, positif dan sosial. Hal ini membantu mewujudkan individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual melainkan juga individu yang mempunyai kepribadian yang kuat dan kemampuan memberikan kontribusi positif kepada Masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (Library Research). Menganalisis kasus-kasus keberhasilan Pendidikan karakter dengan menerapkan prinsip-prinsip filsafat Pendidikan. Wawancara dengan para pakar Pendidikan untuk mengetahui pandangan meraka mengenai hubungan filsafat  dan Pendidikan. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa dalam membangun kepribadian individu melalui pembentukan nilai, etika, dan moralitas, filsafat Pendidikan berperan penting. Serta mengidentifikasi prinsip filsafat Pendidikan yang dapat diterapkan dalam konteks Pendidikan karakter yang efektif. Ini adalah panduan praktis untuk membantu pendidik mengintegrasikan filosofi Pendidikan ke dalam program Pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Filsafat Pendidikan yaitu cabang filsafat yang membahas tentang prinsip, tujuan, dan nilai-nilai yang melandasi Pendidikan. Dalam hal ini memegang peranan penting untuk membentuk kepribadian seseorang. Filsafat Pendidikan dengan karakter pribadi mempunyai hubungan nilai-nilai yang sangat kuat, karena nilai-nilai tersebut bisa membantu membangun perilaku dan sikap individu dalam Masyarakat.Dalam filsafat pendidikaan tulisan ini bertujuan untuk pembentukan karekter, berdasarkan gagasan John Dewey, memerlukan pendekatan Pendidikan yang realistis, dekratis, positif dan sosial. Hal ini membantu mewujudkan individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual melainkan juga individu yang mempunyai kepribadian yang kuat dan kemampuan memberikan kontribusi positif kepada Masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (Library Research). Menganalisis kasus-kasus keberhasilan Pendidikan karakter dengan menerapkan prinsip-prinsip filsafat Pendidikan. Wawancara dengan para pakar Pendidikan untuk mengetahui pandangan meraka mengenai hubungan filsafat dan Pendidikan. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa dalam membangun kepribadian individu melalui pembentukan nilai, etika, dan moralitas, filsafat Pendidikan berperan penting. Serta mengidentifikasi prinsip filsafat Pendidikan yang dapat diterapkan dalam konteks Pendidikan karakter yang efektif. Ini adalah panduan praktis untuk membantu pendidik mengintegrasikan filosofi Pendidikan ke dalam program Pendidikan karakter.
Published
2024-12-23
How to Cite
sri sumartis, devi, & almi novita. (2024). The Relevance of John Dewey’s Thoughts in Shaping Individuals with Character Through The Approach of Progressivism Education Philosophy. Al-Hikmah, 26(02), 143-160. https://doi.org/10.24252/al-hikmah.v26i02.43494
Section
Artikel
Abstract viewed = 38 times