PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CYCLE ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION (5E) PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI DI SMAN 16 MAKASSAR

  • Yuyun Regita Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Maulana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahriani Syahriani Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis  learning cycle 5E pada mata Pelajaran Sistem Peredaran Darah serta mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Penelitian ini mengacu pada model 4D, yang meliputi 4 tahapan yaitu (1) pembatasan (Defne), (2) perancangan (Design), pengembangan  (Develop), (4) penyebaran (Desseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMAN 16 Makassar. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan produk, angket respon peserta didik  untuk mendapatkan data kepraktisan produk serta butir –butir tes untuk mendaptkan data keefektifan produk. Berdasarkan  hasil penilaian validator ahli, tingkat kevalidan perangkat pembelajaran  berbasis learning cycle 5e yaitu untuk RPP berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,7 (x> 3,4), dan untuk LKPD berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 3,5 (x> 3,4). Berdasarkan hasil penilaian respon peserta didik  tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran  berada pada kategori sangat tinggi  dengan rata-rata nilai total 3,42 (x> 3,4). Berdasarkan hasil tes belajar siswa , keefektifan perangkat pembelajaran berada pada kategori  sangat efektif karena  93,3 % siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 85. Implikasi penelitian ini yaitu Bagi Guru mata pelajaran Biologi, seharusnya dapat mengembangkan perangkat pembelajaran pada materi sistem peredaran darah  begitupun dengan meteri biologi lainnya, dan juga membuat LKPD dengan kegiatan yang lebih bervariasi, agar peserta didik lebih termotivasi dan aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah, “Pengembangan Bahan Ajar Biologi Pokok Pembahasan Sistem Reproduksi Manusia dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas XI SMA” Skripsi (Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, 2013), h. 64.

Haviz, “ Research and Development; Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inofatif, Produktif, dan Bermakna”,(Prodi Pendidikan Biologi STAIN Batusangkar 2013), 16.no.1, Juni (2013): h. 34.

Mudyaharjo redja, Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2001.

Sri Latifah , Ratnasari. ”Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat- ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya”,(Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Raden Intan Lampung),7.no 1, April (2016): h. 26.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Cet. 11; Yogyakarta: PT Rineka Cipta. 2010.

Published
2019-01-24
Abstract viewed = 170 times