PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH FULL DAY DENGAN SEKOLAH REGULAR

  • Dian Prasetyo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Salahuddin Salahuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui motivasi belajar biologi siswa kelas XI di SMAN 20 Gowa berbasis sekolah full day. (2) Mengetahui motivasi belajar biologi siswa kelas XI di MA Madani Alauddin Pao-Pao berbasis sekolah regular. (3) Mengetahui ada atau tidak perbedaan antara motivasi belajar biologi siswa kelas XI di SMAN 20 Gowa berbasis sekolah full day dengan MA Madani Alauddin Pao-Pao berbasis sekolah regular. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif motivasi belajar biologi siswa di SMAN 20 Gowa berbasis sekolah full day diperoleh rata-rata 97,72, sedangkan pada MA Madani Alauddin Pao-Pao berbasis sekolah regular diperoleh rata-rata 93,72. Hasil uji normalitas Shapiro wilk menunjukkan data normal dengan nilai sig. 0,087 dan 0,057. Pada hasil uji homogenitas diperoleh nilai sig. 0,094 yang menunjukkan bahwa sampel homogen. Hasil uji independent sampel t-tes nilai sig. (2-tailed) 0.013 < 0.05 menunjukkan terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar biologi siswa kelas XI di SMAN 20 Gowa berbasis sekolah full day dengan MA Madani Alauddin Pao-Pao berbasis sekolah regular. Skor rata-rata lebih tinggi motivasi belajar di sekolah full day hanya saja perbedaannya tidak terlalu banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dian Prasetyo, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Salahuddin Salahuddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Eka Damayanti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Afni Rizky, Azizah. (2015). Problematika Pembelajaran System Full Day school Siswa Kelas 1 (SDIT Al-Irsyad Tegal). Skripsi. Semarang: UIN Walisongo Press. (http://eprints.walisongo.ac.id/5206/1/113911078.pdf). (Diakses pada 16 September 2017)

Anggraini, I. S. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 1, No. 2. (Diakses pada 16 September 2017)

Altofaroh Rudyani, Meita, Indra Tri Astuti dan Herry Susanto. (2018) Perbedaan Antara Program Full Day School dan Reguler terhadap Perkembangan Psikososial Siswa di SMP Negeri di Kecamatan Ngaliyan. Semarang: UNISSULA PRESS. (Diakses pada 1 Juni 2019).

Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B Uno, Hamzah. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakar, Ramli. (2014). The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science. Vol. 4, No. 6. (Diakses pada 2 Oktober 2017).

Eko Putro Widoyoko, S. dan Anita Rinawati. (2012). Pengaruh Kinerja Guru Terehadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Th. XXXI. No. 2. (Diakses pada 1 Juni 2019).

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5, No. 2. (Diakses pada 1 Juni 2019).

Miski, R. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ta’dibi. Vol. 4, No 2. (Diakses pada 1 Juni 2019).

Rosalina, Tiara (2012). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 23, No. 5. (Diakses pada 27 Juni 2019)

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andriza. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, Vol. 18, No. 1 (Diakses pada 27 Juni 2019)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, I. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial, Vol. 4, No. 1 (Diakses pada 27 Juni 2019)

Tesi Hermaleni, Mudjiran dan Alif Zamzami. (2016). Perbedaan Kompetensi Sosisal Siswa Boarding School dan Siswa Sekolah Umum Reguler. Jurnal RAP UNP, Vol. 7, No. 1, Mei 2016. (Diakses pada 27 Juni 2019)

Yuliani, Prastiwi dan Sucihatiningsih D. W. P. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ma Al-Asror Kota Semarang. Jurnal Economic Education Analysis. Vol 3 No 1. (Diakses pada 1 Juni 2019).

Published
2020-08-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 267 times