PENGARUH TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian belajar peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 16 Makassar, menganalisis pemanfaatan fasilitas belajar peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 16 Makassar, menganalisis pengaruh kemandirian belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 16 Makassar. Jenis penelitian ini adalah survey. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 16 Makassar berjumlah 253 orang dengan sampel sebanyak 70 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemandirian belajar, angket pemanfaatan fasilitas belajar dan dokumentasi hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemandirian belajar peserta didik kelas XII MIA di SMA Negeri 16 Makassar sebesar 96 yang berada dalam kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial untuk kemandirian belajar diperoleh data (fhitung = 15,818 > ftabel = 3,13), sedangkan analisis statistik inferensial untuk pemanfaatan fasilitas diperoleh data (fhitung = 11,295 > ftabel = 3,13), ini berarti terdapat pengaruh kemandirian belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XII MIA di SMAN 16 Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, M & Asrori. (2009). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara
Basri H. (2004). Remaja Berkualitas. Yogyakarta: Mitra Pustaka,2004
Damayanti, Eka. (2015). Peran Belajar Berdasarkan Regulasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yogyakarta. Jurnal Biotek vol. 3 no. 2 h. 63.
Ismail, Muh. Ilyas. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana Akademik dan Kualitas Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurusan Pendidikan Biologi – FTK UINAM 3 No. 1
Laksmiwati, Pratiwi. (2016). Kepercayaan Diri dan Tingkat kemandirian Belajar pada Peserta didik SMA Negeri X. Prodi Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi dan Terapan vol. 7. No 1.
Legiwati. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dan Pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang), Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) vol. 10 no. 2.
Mulyaningsih, Endang. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial keluarga, Pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, dan Tingkat kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan vol. 20. no. 4.
Mujisuciningtyas, Nunuk. (2014) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Sarana Prasarana Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Praktik di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol 2, no. 1
Inayah, Ridaul, dkk. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, vol. 1 no 1
Sunarsih, Tri. (2009). Hubungan Antara Pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, Tingkat kemandirian Belajar, dan Bimbingan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahapeserta didik di STIKES A. Yani Yogyakarta. Yogyakarta: Thesis Program Studi Kedokteran Keluarga
Susanti, Tri, Dwi Gusfarenie, M. Husaini. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Oleh Guru IPA Tingkat Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN). Pendidikan Biologi - FTK UINAM 3 no. 1
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##