A Pengembangan Booklet Digital Berbasis Gambar 3 Dimensi Pada Pembelajaran Biologi di SMA/MA: Literature Review

  • Shalmita Sakinah Universitas Negeri Padang
    (ID)
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang
    (ID)
  • Fitri Arsih Universitas Negeri Padang
    (ID)
Kata Kunci: digital booklet, 3 dimensions, teaching materials

Abstrak

Peserta didik sering kali mengalami kesulitan dalam belajar Biologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan booklet digital berbasis gambar 3D pada pembelajaran Biologi di SMA/MA sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik agar dengan mudah untuk memahami materi. Metode Penelitian dilakukan secara literature review menggunakan referensi dari teori yang ditelusuri di google scholar serta relevan dengan penelitian. Literatur review menggunakan 65 artikel untuk kata kunci pengembangan dan 10 artikel untuk data rekapitulasi. Diperoleh hasil validitas rata-rata pada kategori sangat valid. Kelayakan suatu produk, kebahasaan, penyajian data, dan grafik meurpakan aspek yang dinilai dalam uji validitas. Sehingga booklet digital berbasis 3D sudah memenuhi syarat sebagai media untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa pengembangan booklet digital berbasis 3D menjadi solusi yang tepat pada berbagai permasalahan terutama pada pembelajaran Biologi pada sekolah. Adapun manfaat dari penelitian pengembangan dilakukan untuk meningkatkan efektivitas peserta didik didalam proses pembelajaran, memberikan kemudahan dalam mengakses media booklet digital dan penjelasan yang ringkas dan sistematis yang mudah dipahami.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adiko, H. S. S. et al. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information Communications Technologies) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Akademika: Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. https://doi.org/10.31314/akademika.v7i2.312.

Aini, C. N., & Habibi, M. W. (2020). Development of Booklet Based Science Learning Media for Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2269.

Amalia, N. I., Yuniawatika., Murti, T. (2020). Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3): 282-291.

Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Validitas Booklet Pada Materi Bakteri Untuk Peserta Didik Kelas X Sma. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 8–13. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V9i1.33805.

Arif S. Sadiman, et al. (2014). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Astuti, D., Supriyanto, E., & Muthoifin, M. (2020). Model Penjaminan Mutu Ketercapaian Kompetensi Dasar dalam Sistem Pembelajaran Online Pada Situasi Work From Home (WFH). Profetika: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11655.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.

Azizah, N. N., Niam, F., & Prastowo, A.Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Benda di Sekitar untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar. PATRIA EDUCATIONAL JOURNAL, 2(1),60-69.

Bettany-Saltikov, J. (2012). How to do a systematic literature review in nursing: a step-by-step guide. McGraw-Hill Education (UK).

BPTP Balitbang Jambi. (2014). Media Cetak: Litbang Pertanian Jambi. Retrieved Mei 31, 2018, from Jambi Litbang Pertanian: https://jambi.litbangcetak/booklet-a-buku-saku

Darmoko. (2013). Pengaruh Media Buklet terhadap Peningkatan Pengetahuan petani. http://darmokoajalah.blogspot.co.id/2013/03/skripsi-pengaruhmedia-buklet-terhadap.html.

Dirman, Nufus, H., & Juarsih, C. (2014). Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik: Dalam rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Rineka Cipta.

Fadli, R., Sartono, N., Suryanda, A., Pendidikan, P., Universitas, B., Malang, N., Timur, J., Biologi, P., & Negeri, U. (2017). Pengembangan Kamus Berbasis Sistem Operasi Telepon Pintar Pada Materi Biologi Sma Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 8(2), 10–17.

Fitri, R., & Yogica, R. (2018). Validitas Game Edukasi Kasifikasi Tumbuhan Berbasis Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Pedagogi Hayati, 2(1), 25–30.

Gemilang, R., & Christiana, E. (2015). Pengembangan booklet sebagai media layanan informasi untuk pemahaman gaya hidup hedonisme siswa kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya, 1-7.

Gustaning, G. (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-macam Celana Pada Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Harlis, S.Budiarti, R., & Natalia, D. (2021). Pengembangan Booklet Budidaya Jamur Edible Sebagai Bahan Ajar Mikologi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7, 33–42.

Hasan, M., Milawati., Darodjat., Harahap, T. K., & Tahrim. T. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group.

Hoiroh, A. M. M., & Isnawati. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1): 292-301.

Ihsan, F. (2003). Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Imtihana, M., Martin, P., & Priyono, B. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMA. Unnes Journal of Biology Education. 3 (2) 186-192.

Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science For Kids sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234.

Irmanto. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Untuk UNTUK Platform Android Pada Pembelajaran Gambar Teknik Kelas X di SMK Nasional Berbah. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Islamiyah, S. (2022). Pengembangan Media Booklet Digital Pada Materi Bryophyta Untuk Siswa Kelas X di MA Manbul Ulum Tangsil Wetan Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jawa Timur: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11 (1).

Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2018). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. SosietaS. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347.

Lativa, V., Syamsurizal., & Fuadiyah, S. (2021). Urgensi Pengembangan Booklet Dilengkapi Ensiklopedia Tentang Materi Bakteri Untuk Kelas X SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5 (2): 215-220.

Magdalena, I., Ramadanti, F., & Az-Zahra, R. (2021). Analisis Bahan Ajar dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar di SDN Karawaci 20. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(3): 434-459

Maritsa, A., Hanifah, S.Unik., Wafiq, Muhammad., Rahma, A.P., & Azhar, M.M. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2): 91-100.

Melati, R., Widiya, M., Fitriani, L., & Sari, P. A. 2020. Pengembangan Booklet Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Tumbuhan (Plantae) Kelas X MIPA MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4 (2): 153-161.

Muhammad, F., Muhiddin, P., & Adnan. (2018). Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA. Biology Teaching and Learning, 1(1): 28-32.

Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Subordo Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Ma Nu 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Bioeduca: Journal Of Biology Education. Https://Doi.Org/10.21580/Bioeduca.V2i1.5994.

Nahria, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Materi Hidrolisis Garam di MA Babun Najah Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Nisa, K., Ajizah, A., & Amintarti, S. (2021). The Validity of Learning Media in the Form of Booklet Types of Pteridophyta (Fern) in the Riverbanks of Wisata Alam Sungai Kembang for Senior High School Grade X. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. https://doi.org/10.20527/bino.v3i2.9978.

Novianti, P., & Syamsurizal, S. (2021). Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Edutech Undiksha, 9 (2) 225-230.

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GoEco.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Probowati, A., Gofur, A., & Lukiati, B. (2020). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Bahan Ajar Fisiologi Hewan dan Manusia pada Jurusan Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13586.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951.

Putri N. H.,Syamsurizal, S., Atifah, Y., & Fuadiyah, S. (2021). Booklet Sistem Ekskresi pada Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3): 309-314.

Putri, M. T. D. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Materi Manusia dan Lingkungan Dikaitkan Faktor Belajar Siswa di Kelas. 72. https://lib.unnes.ac.id/28824/1/4401412007.pdf.

Putri, N.M, & Saino. (2020). Pengembangan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3): 2337-6078.

Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education.

Raida, S. A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa Dan Guru SMA Se-Kota Salatiga. Journal of Biology Education, 1(2): 209.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351.

Reni Anggraeni, A. Y. L. S. (2018). Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (Text Book Readability of Indonesian Language in Junior High School). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i2.4428.

Safruddin, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu untuk Pembentukan Karakter Siswa SMP Kabupaten Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1188.

Sapkota, D., Baird, K., Saito, A., Budhathoki, S. S., Pokharel, R., Basnet, S., & Anderson, D. (2020). Development and Validation of an Information Booklet Aimed at Promoting Mental Health for Pregnant Women with a History of Abuse. Journal of Nepal Health Research Council. https://doi.org/10.33314/jnhrc.v17i4.2017.

Sari, L. A. (2019). Efektivitas Media Booklet dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dampak Kehamilan Remaja. Jambura Journal of Health Sciences and Research. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v1i2.2388.

Sary, A.L., & Isnawati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Berbasis Edible Mushroom Pada Materi Fungi Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Biologi Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(1): 218-228.

Sepriadi, I., Sumarmin, R., & Fitri, R. (2018). Development of Animal Comic Media (Anicom) Oriented with Contextual Approach for Grade X Students. Bioeducation Journal. https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.103.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. 1-9.

Siyamta. (2014). Jawaban Tugas KB-02; Jenis dan Klasifikasi Media Pembelajaran. Jakarta: Pustekom; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sulistina, B. A. (2016). Pengembangan Media Booklet Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Tumbuhan Kelas VII MTs/SMP. Skripsi. Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling.

Yudistira, O. K., Syamsurizal, S., Helendra, H., & Attifah, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34289.

Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem Dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.32287.

Diterbitkan
2024-02-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 423 times