GAMBARAN PENGETAHUAN BIDAN TENTANG LOTUS BIRTH DI PUSKESMAS BARA-BARAYA, PUSKESMAS MAMAJANG, DAN PUSKESMAS BATUA MAKASSAR

  • Andi Sitti Rahma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ni'mayani Syam UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Lotus Birth merupakan metode persalinan dengan membiarkan tali pusat hingga terlepas sendiri secara alami. Metode persalinan ini masih menjadi kontroversi, baik dari segi manfaat maupun dari aspek tinjauan sosialnya, sehingga masih belum banyak diketahui dan dilakukan.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional untuk mengetahui tingkat pengetahuan bidan di beberapa Puskesmas di Makassar tentang sejarah, manfaat dan pelaksanaan Lotus Birth. Sampel adalah bidan yang bertugas di puskesmas Bara-Baraya, Puskesmas Mamajang dan puskemas Batua yang berjumlah 31 orang.

Hasil yang diperoleh adalah sebanyak 54.84% responden dengan tingkat pengetahuan tentang Lotus Birth secara umum adalah kurang, 83,87% tingkat pengetahuan kurang tentang sejarah Lotus Birth, 58.06% tingkat pengetahuan kurang tentang manfaat Lotus Birth, dan 61,29% tingkat pengetahuan kurang tentang pelaksanaan Lotus Birth.

Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa pengetahuan bidan tentang Lotus Birth masih kurang, baik pengetahuan secara umum, maupun pengetahuan tentang sejarah, manfaat dan pelaksanaan Lotus Birth.

Published
2019-11-17
How to Cite
Rahma, A. S., & Syam, N. (2019). GAMBARAN PENGETAHUAN BIDAN TENTANG LOTUS BIRTH DI PUSKESMAS BARA-BARAYA, PUSKESMAS MAMAJANG, DAN PUSKESMAS BATUA MAKASSAR. Alami Journal (Alauddin Islamic Medical) Journal, 3(1), 1-24. https://doi.org/10.24252/alami.v3i1.10310
Section
Article
Abstract viewed = 448 times