Analysis Of Students' Understanding Of Concepts On Fluid Topics
Abstrak
Dikenal sebagai ilmu sains yang mempelajari tentang fenomena alam, oleh karena itu pembelajaran fisika memerlukan kemampuan pemahaman konsep fisika pada semua materi fisika terutama pada materi fluida. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah. Dikarenakan pembelajaran fisika kebanyakan masih menggunakan metode ceramah dengan berbantuan teks beserta Power Point, tetapi jarangnya ditemukan pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen yang dapat mempengaruhi tingkat pemahaman konsep fisika peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada 16 siswa di salah satu SMA di Kota Medan SMAS FREEMETHODIST-1 MEDAN dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika siswa pada topik materi fluida yang mencakup fluida statis dan fluida dinamis serta menganalisis sub topik materi apa saja yang sering menjadi permasalahan siswa pada pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan intrumen 10 soal three tier tentang Tekanan Hidrostatis, Hukum Pascal, Hukum Archimedes dan Prinsip Hukum Bernoulli. Berdasarkan penelitian ini siswa mengalami miskonsepsi pada semua sub topik fluida yang diujikan yaitu Tekanan Hidrostatis dengan rata-rata miskonsepsi sebesar 50% dan yang tidak paham konsep sebesar 50%. Hukum Pascal dengan rata-rata miskonsepsi sebesar 25% dan yang tidak paham konsep sebesar 50%. Hukum Archimedes dengan rata-rata miskonsepsi sebesar 37,5% dan yang tidak paham konsep sebesar 62,5%. Prinsip Bernoulli dengan rata-rata miskonsepsi sebesar 59% dan yang tidak paham konsep sebesar 28%.
Kata Kunci: pemahaman konsep, fluida statis, fluida dinamis, three tier
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]