PEMBENTUKAN KARAKTER AKHLAK KARIMAH DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN ALAUDDIN MELALUI PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK
Abstract
Pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak dapat dipandang sebagai suatu wadah untuk membina dan membentuk tingkah laku mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) serta pembiasaan (psikomotorik). Pendidikan aqidah akhlak harus mendorong semua aspek tersebut ke arah pencapaian kesempurnaan hidup berdasarkan nilai-nilai Islam. Pembentukan Karakter akhlak karimah di kalangan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi melalui pembelajaran akidah akhlak. Tujuan pendidikan Aqidah Akhlak untuk menanamkan dan meningkatkan keimanan mahasiswa serta meningkatkan kesadaran untuk berakhlak karimah. Kegiatan Pembelajaran merupakan upaya menciptakan suasana pedagogis dan antragogis yang kondusif sesuai dengan situasi dan kondisi untuk mencapai standar kompetensi Aqidah Akhlak yang lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Pengaruh pendidikan aqidah akhlak dalam kehidupan dan membawa perubahan pada tingkah laku mahasiswa yang lebih baik dan bertanggung jawab terutama dalam pelaksanaan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Seorang dosen diharapkan mampu menguasai metode-metode pembelajaran yang dapat mendorong mahasiswa aktif di kelas. Metode ceramah memang sangat penting, namun jika tidak diimbangi dengan metode atau strategi yang lain akan menjadi sangat membosankan. Faktor penghambat dalam pembentukan Karakter akhlak karimah, terutama melalui pembelajaran Akidah akhlak di Fakultas Dakwah dan Komunikasi adalah: Kemampuan dasar para mahasiswa yang mengikuti kuliah Akidah akhlak sangat beragam. Kurangnya perhatian para mahasiswa terhadap masalah akhlak, Materi pembelajaran Akidah akhlak lebih banyak menekankan aspek kognitif, Kontrol terhadap mahasiswa di luar perkuliahan cukup sulit.
Downloads
References
Ahmadi, Abu, Noer Salami, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: 1991
Al-Abrasyi, M Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1987
al-Atsari, Abdullah bin ‘Abdil Hamid, Panduan Aqidah Lengkap, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2005
Ali, Muhammad Daud, Pendidikan Agama Islam Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000
Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I ;Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
An Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam Di Rumah Sekolah Dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani, 1995
Asmaran AS, Pengantar Studi Akhlak, Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 1992
Baker, Anton, Metode Penelitian Filsafat, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996
Barnadib,Imam, Dasar-dasar Kependidikan: Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Teori Pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996
Basri, Hasan, Remaja Berkualitas: Problematika Remaja dan Solusinya Cet. IV; Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2004
Danim, Sudarwan, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet.IV; Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2005
Idrus, Muhammad, Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Edisi II, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009
Madjid, Nurcholish, Indonesia Kita, Jakarta: Gramedia. Piötr Sztompka, 2004
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Cet. 1; Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2004
al Maskawaih, Abu Ali, Ahmad, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Beirut: mizan
Mudiyaharjo, Redja, Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Penddidikan pada Umumnya dan Pendididkan di Indonesia, (Cet .II; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002
Muhamad Al-Athiyah Al-Abrasy, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustomi A. Ghoni dan Jauhar Bahri, Cet. 1; Jakarta : Bulan Bintang, 1970
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001
Sinaga, Zahruddin AR, dan Hasanuddin, Pengantar Studi Akhlak, Cet.1; Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2004
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995
Sulaiman, Fathiyah Hasan, Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali, Cet. I; Bandung: al-Ma.arif, 1986
Tadjab, Muhaimin, Abd. Mujib, Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi III Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 2001
Umary, Barnawie, Materi Akhlak, Cet. XII;Solo: Ramadhani, 1995
Ya’kub, Hamzah, Etika Islam Pembinaan Akhlaqul Karimah (Suatu Pengantar), Cet. VI; Bandung: CV. Diponegoro, 1993