EFEKTIVITAS UJIAN KOMPREHENSIF DALAM MENINGKATKAN KOMPOTENSI MAHASISWA PRODI ILMU AQIDAH

  • Rahmi Damis Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Ujian komprehensip merupakan salah satu bentuk ujian yang harus dilalui oleh mahasiswa Prodi Ilmu Akidah yang pelaksanaannya melalui syarat-syarat; Mahasiwa mengecek nilai, kemudian melakukan tes baca tulis al-Qur’an dan mendapat keterangan dari pembimbing Skripsi.

Kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam ujian komprehensif kurang mengusai materi yang akan diujikan. Kesulitan menentukan waktu yang tepat untuk ujian, karena harus menyesuaikan waktu penguji, dan kurangnya referensi tentang mata kuliah yang diujikan.

Adapun manfaat yang diperoleh mahasiswa adalah; Menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang materi-materi mata kuliah kompotensi Prodi. Menguji kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa, sekaligus dimaksudkan mengetahui kompotensi yang dimiliki oleh mahasiswa yang akan menjadi sarjana atau menyelesaikan studinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Muin Salim, Beberapa Aspek Metodologi Tafsir al-Qur’an (Ujung Pandang: Lembaga Studi Kebudayaan Islam, 1990), h. 24-25.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Ine I Yousda Amiran & Zainal Arifin, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Restu, Aksara.

James P. Spradley, Participation Observation, New York: Holt, Rinehart and Winston, 1990.

M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teroritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Cet.VIII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Muhammad bin Ali bin Muhammad, Irsyad al-Fuhuli Ila Tahqiq al-Haqq min Ilmi al-Usuli, Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

Surtrisno Hadi, Metodologi Reseach, Jakarta: UGM Press,1980.

Panduan Akademik

Borang Akreditasi Ilmu Aqidah

How to Cite
Damis, R. (1). EFEKTIVITAS UJIAN KOMPREHENSIF DALAM MENINGKATKAN KOMPOTENSI MAHASISWA PRODI ILMU AQIDAH. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(1), 57-72. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v4i1.5173
Section
Artikel
Abstract viewed = 602 times