Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Lewat Internet di Kalangan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian lewat on line yang berbasis web 2.0 di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang dipilih dengan metode simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t dan analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian didapatkan pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan keputusan pembelian lewat internet dengan nilai signifikan 95 %. Penelitian ini mengambil konklusi bahwa penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa tidak lagi menjadi sekedar gaya hidup, tetapi juga sudah mengarah pada sarana bertransaksi.
References
Aaker, D.A., Kumar, V., Day, G.S. 2004. Marketing Research, 8th ed. John Wiley & Sons. USA.
Abugaza, Anwar. 2013. Social Media Politica, PT. Tali Writing dan Publishing House, Jakarta.
Fitzsimmons, J.A., Fitzsimmons, M.J. 2006. Service Management : Operation, Strategy, and Information Technology, 5th ed, McGraw-Hill, New Jersey.
Hawkins, Del I, Roger J. Best, Kenneth A. Coney. 2004. Consumer Behavior; Building Marketing Strategy, 9th ed, McGraw-Hill, New York.
J. Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Kencana Prenanda Media, Jakarta.
Kartajaya, Hermawan. 2008. New Wave Marketing. PT. Gramedia, Jakarta.
Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. The Millennium ed, Prentice Hall, New Jersey.
Kotler, Philip, Gary Armstrong. 2006, Principles of Marketing, 11th ed, Prentice Hall, New Jersey.
Li, G., & Bernoff, J. 2008. Groundswell: Winning a World Transformed by Social Technoligies. Harvard Business School Press. Boston.
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, Hean Tat Keh, Xiongwen Lu. 2005, Service Marketing in Asia; Managing People, Technology, and Strategy, 2nd ed, Prentice Hall, Singapore.
Malhotra, Naresh K. 2004. Marketing Research, An Applied Orientation, 4th ed, Prentice Hall, New Jersey.
McCarthy, E. Jerome, Joseph P. Cannon, William D. Perreault, Jr. 2012. Essential Marketing , 13th ed, McGraw-Hill, New York.
Pawitra, Teddy. 2004. Peta dan Paradigma Baru Pemasaran Abad ke-21. Value Marketing; Paradigma Baru Pemasaran. PT Mizan Publika. Jakarta.
Perwira, Satri Iman. 2010. Implementasi Sosial Media Marketing pada Strategi Pemasaran (Studi Kasus pada Perusahaan Online Agency Virtual Consulting dan Thin Web). Tesis. Universitas Indonesia, Jakarta.
Peter, J. Paul, Jerry C. Olson. 2005. Consumer Behavior and Marketing Strategy, 7th ed, McGraw-Hill, New York.
Principato, Stefano. 2008. Social Media Marketing Maps. http://www.slideshare.net/ araknes /socail-media-marketing-maps.
Priyatna, H. 2009. Sukses di Era Facebook. How Press. Bandung.
Puskakom UI. 2015. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, Jakarta.
Salusu, J. 2005. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Gramedia Widia Sarana Indonesia, Jakarta.
Solis, B, & Breakenridge, D. 2009. Praise for Putting the Public Back in Public Relation.
Subroto, Budiarto, Diah Natalisa. 2004. Commitment to Service Quality to Increase Customer Satisfaction. Value Marketing ; Paradigma Baru Pemasaran. PT Mizan Publika, Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (mixed methods), Alfabeta, Bandung.
Susanto, A.B. 2004. Value Marketing. Value Marketing ; Paradigma Baru Pemasaran. PT Mizan Publika, Jakarta.
Tapscott, D. 2009. Grown Up Digital : How The Net Generation is Changing Your World. McGraw-Hill. New York.
Tjiptono, F. 2008. Pemasaran Strategi. Andi, Yogyakarta.
Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner, Dwayne D. Gremler. 2006. Service Marketing: Integrated Customer Focus Across The Firm. 4th Ed. McGraw-Hill, New York.