ANALISIS MATERI POKOK MATEMATIKA MI/SD

  • Mizaniya Mizaniya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ruang lingkup, kata kerja operasional (KKO) kompetensi dasar (KD), kata kerja operasional tujuan pembelajaran, higher order thinking skills (HOTS) atau lower order thinking skills (LOTS), 4C, literasi dasar, dan pendidikan karakter khusus pada materi pokok matematika dilihat dari buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 revisi 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik dari buku guru maupun siswa sudah cukup baik yaitu dominan untuk ruang lingkup terdapat pada materi geometri dan pengukuran sederhana sebesar 44%, dominan untuk KKO KD terdapat pada tingkat C2 “memahami” sebesar 55%, dominan untuk KKO tujuan pembelajaran terdapat pada tingkat C3 “mengaplikasi” sebesar 50%, pada materi pokok matematika kelas III MI/SD lebih dominan lower order thinking skills (LOTS) sebesar 77%, dominan untuk 4C terdapat pada tingkat critical thinking sebesar 83%, dominan untuk literasi dasar terdapat pada literasi numerasi sebesar 97%, dan dominan untuk pendidikan karakter terdapat pada sikap mandiri dan percaya diri sebesar 75%.

Abstract

This research aimed to analyze the scope, operational verbs (KKO), basic competence (KD), operational verbs of learning objectives, higher order thinking skill (HOTS), lower order thinking skill (LOTS), 4C, basic literacy, and special character education on the subject matter of mathematics from the teacher and the student books based on 2013 Curriculum revised 2018. The research method used was library research with data analysis techniques. The result of this study indicated that both of the teacher and the student books were good enough. This finding was proved by the percentage of scope dominant in geometry and simple measurement was 44%, dominant for KKO and KD was at the C2 level ”understanding” with 55%, dominant for KKO operational verbs of learning objectives was at the C3 level "applying" with 50%, in mathematics subject matter class III MI/SD was more dominant for lower order thinking skill at 77%, dominant for 4C was 83% at critical thinking level, dominant for basic literacy was 97% of numerical literacy, and dominant for character education was 75% of independent and confident attitudes.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mizaniya Mizaniya, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Mahasiswi pasca sarjana (S2) - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, N., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 (pp. 415–426). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/ view/2741

Asy’ari, M. (2017). Analisis Buku Ajar Tematik Siswa Kelas I Sekolah Dasar pada Tema 5 (Pengalamanku). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/27431/

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Defantri. (2020). Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD Kurikulum 2013. Retrieved June 22, 2020, from https://www.defantri.com/2018/07/urutan-materi-pokok-matematika-sd-kurikulum-2013.html

Depdiknas. (2006). Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2017a). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta Timur: Tim GLN Kemendikbud.

Kemendikbud. (2017b). Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta Timur: Tim GLN Kemendikbud.

Kemendikbud. (2017c). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta Timur: Tim GLN Kemendikbud.

Kusainun, N. (2019). Relevansi Materi Pokok Matematika pada Tema 1 Kelas I SD dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 9–15. https://doi.org/10.12928/jpsd.v6i1.14145

Kusumo, G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi dengan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas IV. Transformatika, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.31002/transformatika.v1i1.242

Lestari, V. D. (2018). Analisis Kesesuian Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Kelas II Tema 1 Hidup Rukun di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/63264/

Novriyansah, A., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2017). Studi tentang Perkembangan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 2(1), 14–22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/28591/12928

Nugroho, R. A. (2019). HOTS Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Gramedia.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Persfektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prastowo, A. (2014). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahman, F. F., Noorbaya, S., Haris, F., & Johan, H. (2020). Health Communication Model Based on Character Education to Improve University Student Achievement in Midwifery. In ACM International Conference Proceeding Series (pp. 226–230). https://doi.org/10.1145/3395245.3396429

Rahman, S. N. H. A., Mohamad, A. M., Hehsan, A., & Ajmain, M. T. (2020). Effective Approaches of the Education of Children in Forming A Sustainable Family According to Islamic References. UMRAN: International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 6(3–2), 103–112. https://doi.org/10.11113/umran2020. 6n3-2.425

Salim, M. H. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. In Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 dengan Tema “MenyongsongTransformasi Pendidikan Abad 21” (pp. 439–444). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184/6600

Sulistyani, N., & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD di Kota Malang. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar}, 7(2), 133–141. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/download/9692/pdf

Supriyanto, A., Mardiyana, & Subanti, S. (2014). Karakteristik Berpikir Matematis Siswa SMP Majelis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Gemolong dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10), 1056–1068. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10540

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Tunardi. (2018). Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. Media Pustakawan, 25(3), 68–79. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i3.221

Wahyuningrum, H. (2017). Analisis Materi dan Soal Matematika dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi Timss. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/ 48995/

Yurniwati. (2015). Analisis Buku Teks Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 53–60. Retrieved from http://sipeg.unj.ac.id/repository/ upload/jurnal/Analisis_Buku_Teks_Matematika_Untuk_Siswa_Sekolah_Dasar.pdf

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published
2020-06-29
How to Cite
Mizaniya, M. (2020). ANALISIS MATERI POKOK MATEMATIKA MI/SD. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 98-110. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a10.2020
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 3424 times