ANALISIS MATERI POKOK MATEMATIKA MI/SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ruang lingkup, kata kerja operasional (KKO) kompetensi dasar (KD), kata kerja operasional tujuan pembelajaran, higher order thinking skills (HOTS) atau lower order thinking skills (LOTS), 4C, literasi dasar, dan pendidikan karakter khusus pada materi pokok matematika dilihat dari buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 revisi 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik dari buku guru maupun siswa sudah cukup baik yaitu dominan untuk ruang lingkup terdapat pada materi geometri dan pengukuran sederhana sebesar 44%, dominan untuk KKO KD terdapat pada tingkat C2 “memahami” sebesar 55%, dominan untuk KKO tujuan pembelajaran terdapat pada tingkat C3 “mengaplikasi” sebesar 50%, pada materi pokok matematika kelas III MI/SD lebih dominan lower order thinking skills (LOTS) sebesar 77%, dominan untuk 4C terdapat pada tingkat critical thinking sebesar 83%, dominan untuk literasi dasar terdapat pada literasi numerasi sebesar 97%, dan dominan untuk pendidikan karakter terdapat pada sikap mandiri dan percaya diri sebesar 75%.
Abstract
This research aimed to analyze the scope, operational verbs (KKO), basic competence (KD), operational verbs of learning objectives, higher order thinking skill (HOTS), lower order thinking skill (LOTS), 4C, basic literacy, and special character education on the subject matter of mathematics from the teacher and the student books based on 2013 Curriculum revised 2018. The research method used was library research with data analysis techniques. The result of this study indicated that both of the teacher and the student books were good enough. This finding was proved by the percentage of scope dominant in geometry and simple measurement was 44%, dominant for KKO and KD was at the C2 level ”understanding” with 55%, dominant for KKO operational verbs of learning objectives was at the C3 level "applying" with 50%, in mathematics subject matter class III MI/SD was more dominant for lower order thinking skill at 77%, dominant for 4C was 83% at critical thinking level, dominant for basic literacy was 97% of numerical literacy, and dominant for character education was 75% of independent and confident attitudes.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, N., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 (pp. 415–426). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/ view/2741
Asy’ari, M. (2017). Analisis Buku Ajar Tematik Siswa Kelas I Sekolah Dasar pada Tema 5 (Pengalamanku). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/27431/
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Defantri. (2020). Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD Kurikulum 2013. Retrieved June 22, 2020, from https://www.defantri.com/2018/07/urutan-materi-pokok-matematika-sd-kurikulum-2013.html
Depdiknas. (2006). Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2017a). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta Timur: Tim GLN Kemendikbud.
Kemendikbud. (2017b). Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta Timur: Tim GLN Kemendikbud.
Kemendikbud. (2017c). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta Timur: Tim GLN Kemendikbud.
Kusainun, N. (2019). Relevansi Materi Pokok Matematika pada Tema 1 Kelas I SD dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 9–15. https://doi.org/10.12928/jpsd.v6i1.14145
Kusumo, G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi dengan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas IV. Transformatika, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.31002/transformatika.v1i1.242
Lestari, V. D. (2018). Analisis Kesesuian Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Kelas II Tema 1 Hidup Rukun di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/63264/
Novriyansah, A., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2017). Studi tentang Perkembangan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 2(1), 14–22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/28591/12928
Nugroho, R. A. (2019). HOTS Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Gramedia.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Persfektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, A. (2014). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rahman, F. F., Noorbaya, S., Haris, F., & Johan, H. (2020). Health Communication Model Based on Character Education to Improve University Student Achievement in Midwifery. In ACM International Conference Proceeding Series (pp. 226–230). https://doi.org/10.1145/3395245.3396429
Rahman, S. N. H. A., Mohamad, A. M., Hehsan, A., & Ajmain, M. T. (2020). Effective Approaches of the Education of Children in Forming A Sustainable Family According to Islamic References. UMRAN: International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 6(3–2), 103–112. https://doi.org/10.11113/umran2020. 6n3-2.425
Salim, M. H. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. In Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 dengan Tema “MenyongsongTransformasi Pendidikan Abad 21” (pp. 439–444). Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184/6600
Sulistyani, N., & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD di Kota Malang. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar}, 7(2), 133–141. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/download/9692/pdf
Supriyanto, A., Mardiyana, & Subanti, S. (2014). Karakteristik Berpikir Matematis Siswa SMP Majelis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Gemolong dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10), 1056–1068. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10540
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Tunardi. (2018). Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. Media Pustakawan, 25(3), 68–79. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i3.221
Wahyuningrum, H. (2017). Analisis Materi dan Soal Matematika dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi Timss. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/ 48995/
Yurniwati. (2015). Analisis Buku Teks Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 53–60. Retrieved from http://sipeg.unj.ac.id/repository/ upload/jurnal/Analisis_Buku_Teks_Matematika_Untuk_Siswa_Sekolah_Dasar.pdf
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Copyright (c) 2020 mizaniya mizan mizaniya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.