PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEORI SOSIOLOGI

  • Muhammad Rusydi Rasyid Dosen
    (ID)

Abstract

Abstract: Sociology is an educational study approach, delivering to understand the relation of sociology to education. Sociology of education have diverse perspectives, in line with the diversity of perspectives that occurred in the study of sociology in general. Also understand the distribution of educational sociology perspective oriented in macro and micro with a number of theories within its perspective. Sociology of education can help to understand the planning, the implementation process and the implications of the implementation of certain programs or policies. In the division of educational sociology perspectives, it will be demonstrated the differences in educational sociology oriented in macro and micro studies. Beside that, it also presents the structural functional theory, the conflict theory, and the theory of symbolic interactionism. Sociology contributes significantly for those interested in efforts to conduct a critical assessment of what is happening in society. If we can understand what is in the society, then great opportunities for us to be able to control the changes in society.

Abstrak: Sosiologi merupakan pendekatan studi tentang pendidikan, menghantar-kan untuk memahami kaitannya sosiologi dengan pendidikan. Sosiologi pendidikan memiliki perspektif yang beragam, sejalan dengan keragaman yang terjadi dalam perspektif kajian sosiologi pada umumnya. Juga memahami pembagian perspektif sosiologi pendidikan yang berorientasi makro dan mikro dengan sejumlah teori yang berpayung di dalam perspektifnya. Sosiologi pendidikan dapat membantu memahami peren-canaan, proses implementasi dan implikasi penerapan progam maupun kebijakan tertentu. Dalam pembagian perspektif sosiologi pendidikan akan diperlihatkan perbedaan sosiologi pendidikan yang berorientasi pada dimensi kajian makro dan dimensi kajian mikro. Selain itu, dipaparkan pula Teori Fungsional Struktural, Teori Konflik, Teori interak-sionisme simbolik. Sosiologi memberi sumbangan yang berarti bagi mereka yang tertarik dalam upaya melakukan kajian kritis terhadap apa yang terjadi di masyarakat. Jika kita bisa memahami apa yang ada di lingkungan sekitar, maka besar peluang kita untuk dapat mengendalikan perubahan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Rusydi Rasyid, Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Ahmadi, Abu. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Batubara, Muhyi. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press, 2004.

Fakih, Mansour. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Jones, Pip. “Introducing Social Theory”. Diterjemahkan oleh Achmad Fedyani Saifuddin, Pengantar Teori-teori Sosial: dari Teori Fungsionalisme hingga Post-Modernisme. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2009.

Khaldun, Ibn. “Muqaddimah Ibn Khaldun”. Diterjemahkan oleh Ahmadie Thoha, Muqaddimah Ibn Khaldun. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008.

Langer, Beryl. “Emile Durkheim” dalam Peter Beilharz, ed. “Social Theory: A Guide to Central Thinkers”. Diterjemahkan oleh Sigit Jatmiko, Teori-teori Sosial: Observasi Kritis terhadap Para Filosof Terkemuka. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Lukacs, Georg. “History and Class Consciousness: Studies in Marxist Dialectics”. Diterjemahkan oleh Inyiak Ridwan Muzir, Dialektika Marxis: Sejarah dan Kesadaran Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2010.

Megawangi, Ratna. Membiarkan Berbeda: Sudut Pandang Baru tentang Relasi Gender. Bandung: Mizan, 1999.

Muthali’in, Achmad. Bias Gender dalam Pendidikan. Surakarta: Muhamma-diyah University Press, 2001.

Al-Nadwi, Mas’ud. “al-Isytirâkiyyah wa al-Islâm”. Diterjemahkan oleh Shuhaib Hasan dan Abdul Gaffar Hasan. Sosialisme dan Islam. Bandung: Risalah, 1983.

O’Dea, Thomas F. “The Sociology of Religion”. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Yasogama. Sosiologi Agama: Suatu Pengantar. Yogyakar-ta: RajaGrafindo Persada, 1995.

Poloma, Margaret M. “Contemporary Sociological Theory”. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Yosogama, Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Rahayu, Tuti Budi. “Prilaku Menyimpang,” dalam Dwi Narwoko dan Bagong Suyanto, eds. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prena-da Media Group, 2007.

Raho, Bernard. Teori Sosiologi Moderen. Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2007.

Rex, John. “Social Conflict”. Diterjemahkan oleh Sahad Simamora. Analisa Sistem Sosial. Jakarta: Bina Aksara, 1985.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. “Modern Sociological Theory”. Diterjemahkan oleh Alimandan. Teori Sosilogi Modern. Jakarta: Kenca-na, 2008.

………, “Sociology: a Multiple Paradigma Science”. Diterjemahkan oleh Alimandan. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Rudito. Bambang dan Melia Famiola, Social Mapping Metode Pemetaan Sosial: Teknik Memahami Suatu Masyarakat atau Komuniti. Bandung: Rekayasa Sains, 2008.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persa-da, 2009.

Susan, Novri. Sosiologi Konflik dan Isu-isu Konflik Kontemporer. Jakarta: Perdana Media Group, 2009.

Susdiyanto. Orang Jawa di Tanah Sabrang: Sistem Sosial Komunitas Jawa di Kantong Kolonisasi Wonomulyo. Jakarta: Pustaka Mapan, 2009.

Syarbaini, Syahrial dan Rusdiyanta. Dasar-dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Umar, Nasaruddin. Argumen Kesetaraan Jender Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Paramadina, 1999.

Wulandari, Dewi. Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung: Refika Aditama, 2009.

http://www.averroes.or.id/research/teori-interaksionisme-simbolik.html

http://blog.unila.ac. id/rone/mata-kuliah/interaksionisme-simbolik

Published
2015-12-31
How to Cite
Rasyid, M. R. (2015). PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEORI SOSIOLOGI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 274 - 286. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/882
Section
Artikel
Abstract viewed = 29786 times