KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK: Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru

  • M. Shabir U. M. Shabir U. Dosen
    (ID)

Abstract

Abstract: Teachers as professional educators are in charge in educating, teaching, guiding, directing, training, assessing, and evaluating students in formal early education. In performing these duties, the teachers are responsible for the students, parents, nation and religion. In carrying ou their task, they also have the right to have salary, promotion, opportunities to improve their competence, as well as have an obligation to plan good instruction, and developing qualification and competence sustainably. The teachers who perform their duties are called professional, that is, having some expertise or competence including pedagogy, personality, and social, professional. interwoven with one another.

Abstrak: Guru sebagai pendidik profesional bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal. Dalam pelaksanaan tugasnya, guru bertanggung jawab terhadap peserta didik, orang tua, masyarakat, bangsa, negara, dan agama. Dalam menjalankan tugas-nya, guru mempunyai hak berupa penghasilan, promosi, kesempatan meningkatkan kompetensi serta berkewajiban untuk merencanakan pembelajaran secara baik, mengembangkan kualifikasi dan kompetensinya secara berkesinam-bungan dan sebagainya. Guru yang menjalankan tugasnya dengan baik disebut guru yang profesional, yakni guru yang memiliki beberapa keahlian atau kompetensi meliputi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang terjalin satu dengan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

M. Shabir U. M. Shabir U., Dosen
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Abȋ Shâlih, Muhȋbb al-Dȋn Ahmad, et al. Mudzakkirah Mu’jizah fȋ al-Tarbiyah al-Islâmiyyah wa Thuruq Tadrȋs al-‘Ulûm al-Diniyyah wa al-Arabiyyah. Al-Madȋnah al-Munawwarah: Matâbi‘ al-Jâmi‘ah al-Islâmiyyah, 1410 H.

Abidin, Zainal. Kepribadian Muslim. Semarang: Aneka Ilmu, 1989.

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. Al-Tarbiyyah al-Islâmiyyah, ter. Bustami A. Gami dan Djohar Bahry, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Cet. IV; Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Barnadib, Sutari Imam. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: Andi Ofset, 1993.

Al-Bukhârȋ, Abu ‘Abdillâh Muhammad ibn Ismaâȋl ibn Ibrâhȋm ibn al-Mugȋrah ibn Bardarbah. Shahȋh al-Bukhârȋ. CD Mausǔ’ah al-Hadȋs al-Syarȋf, Kitâb Ahâdȋs al-Anbiyâ’.

Departemen Agama R.I. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra, t.th.

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Hamka. Tafsir Al-Azhar, Juz IV. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983.

Rusn, Abidin Ibn. Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Idris, Muhamad. Kiat Menjadi Guru Profesional. Cet. I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Ja’far, M. Beberapa Aspek Pendidikan Islam. Surabaya:Al-Ikhlas, 1992.

Muchith, Saekhan. Pembelajaran Kontekstual. Cet. I; Semarang: Rasail Media Group, 2008.

Muhaimin, dkk. Strategi Belajar Mengajar (Penerapan dalam Pendidikan Agama). Surabaya: Citra Media, 1996.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2006.

Mulyasa. E. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Cet. VII; Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jilid I. Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers, 1993.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Quthub, Sayyid. Fi> Z{ila>l al-Qur;’a>n, Juz I. CD al-Maktabah al-Sya>milah.

Redaksi Sinar Grafika. Undang-undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005). Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan, Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Zuhairini, dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Published
2015-12-31
How to Cite
M. Shabir U., M. S. U. (2015). KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK: Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 221 - 232. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/878
Section
Artikel
Abstract viewed = 13267 times