STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MASA COVID-19 BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI ANAK USIA DASAR

  • Rahmaini Rahmaini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
    (ID)

Abstract

Abstrak

Pembelajaran kontekstual menjadi alternatif strategi yang diterapkan pada anak usia dasar di era covid-19. Sebab, anak sekolah dapat terus belajar dalam situasi pandemi tersebut, melalui kearifan lokal desa masing-masing. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa strategi pembelajaran kontekstual berbasis pendekatan saintifik di era covid-19 yang diberikan bagi anak usia dasar di desa Kutarih, Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual melalui kearifan lokal yang ada berbasis pendekatan saintifik di desa Kutarih, tepat diberikan bagi anak usia dasar di era covid-19. Hal ini ditandai dengan (1) Antusias belajar anak meski belajar tanpa seragam; (2) kreativitas anak dan pendidik dalam memanfaatkan fasilitas yang ada; dan (3) dukungan orangtua.

Abstract

Contextual learning becomes an alternative strategy applied to elementary-age students in the covid-19 era because they can still learn in a pandemic situation through each village's local wisdom. This paper aimed to analyze the contextual learning strategies based scientific approach in the covid-19 era implemented for elementary-age students in Kutarih, Southeast Aceh. This research used a qualitative approach with data collection through observation, interviews, and document studies. This study found that contextual learning through the local wisdom-based scientific approach in Kutarih Village was appropriate for elementary-age students in the covid-19 era. It was indicated by (1) Enthusiastic learning of children even though without wearing uniforms; (2) students’ and teachers’ creativity utilizing existing facilities; and (3) parental support.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ramli. (2016). “Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran” Lantanida Journal, 4 (1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1866.

Alamsyah, Nur. (2016). “Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA” Jurnal Pendidikan: Teori dan Praktik, 1 (1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/368.

Anggota Ikapi. (1988). Terjemah Tafsir Ibnu Katsir Jilid IV. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Aryani, Mei Fita. (2014). “Studi Kasus Penerapan Pendekatan Saintifik pada Guru-guru di SMA N 1 Bawang (Studi pada Tahun Ajaran 2013/2014)” Economic Education Analysis Journal, 3 (3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4511.

Arohman, Mamat, et.al. (2016). “Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem” Proceeding Biology Education Conference, 13 (1). https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5662.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2018). “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Alquran Hadis di MAN 3 Medan” Skripsi. Medan: UIN Sumatera Utara Medan. http://repository.uinsu.ac.id/3828/1/SKRIPSI%20MUHAMMAD%20SHALEH%20ASSINGKILY.PDF.pdf.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Mikyal Hardiyati. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2 (2): 19-31. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad/article/view/5210/0.

Assingkily, Muhammad Shaleh, et.al. (2019). “Kearifan Menyikapi Anak Usia Dasar di Era Generasi Alpha” Attadib: Journal of Elementary Education, 3 (2). https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/572.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Miswar. (2020). “Urgensi Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19)” Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1 (1): 53-68. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/62.

Aswita, Dian. (2015). “Indetifikasi Masalah yang Dihadapi Guru Biologi dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada Materi Ekosistem” Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 3 (1). http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v3i1.993.

Awofala, Adeneye. O. A, et.al. (2020). “Covid-19 Pandemic in Nigeria and Attitudes Towards Mathematics Homeschooling Among Pre-Tertiary Students” Nigerian Online Journal of Educational Sciences and Technology, 1 (2). http://jepa.unilag.edu.ng/index.php/nojest/article/view/915.

Ayuni, Fithri Nuru. (2015). “Pemahaman Guru Terhadap Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Geografi” Gea: Jurnal Geografi, 15 (2). https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3542.

Azhari, Ulpha Lisni & Dedy Achmad Kurniady. (2016). “Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, dan Mutu Sekolah” Jurnal Administrasi Pendidikan, 23 (2). https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/5631.

Benzeval, Michaela, et.al. (2020). “Briefing Note Covid-19 Survey: Home Schooling” Understanding Society Working Paper Series. https://ideas.repec.org/p/ese/ukhlsp/2020-12.html.

Budiyanto, Moch. Agus Krisno, et.al. (2016). “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang” Proceeding Biology Education Conference, 13 (1). https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5648.

Cahyani, R., et.al., (2014). “Kemampuan Kognisi, Kerja Ilmiah dan Sikap Mahasiswa Non IPA Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2894.

Cullinane, Carl. (2020). “Covid-19 and Homeschooling: The Crisis Has Exacerbated and Highlighted Existing Educational Inequalities” British Policy and Politics. http://eprints.lse.ac.uk/104615/.

Eliza, Delfi. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-Kanak” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13 (2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4286.

Erny, et.al. (2017). “Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Kepahiang” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2 (1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/3088.

Farah, Bilqis & Robby Darwin Nasution. (2020). “Analisis Perubahan Orientasi Pola Hidup Mahasiswa Pasca Berakhirnya Masa Pandemi Covid-19” Jurnal NOKEN: Ilmu-ilmu Sosial, 5 (2). http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jn/article/view/968.

Fauziah, Resti, et.al. (2013). “Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah” Invotec, 9 (2). https://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/4878.

Firmansyah, Dani. (2016). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika” JUDIKA: Jurnal Pendidikan Unsika, 3 (1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199.

Guntaradewa, Oktavimega Yoga. (2018). “Motif Tindakan Mahasiswa dalam Gerakan Mahasiswa Mengajar” Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga. http://repository.unair.ac.id/75103/.

Gusdiantini, Lela, et.al. (2017). “Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual” Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1). https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10103.

Hairani, Esi. (2018). “Pembelajaran Sepanjang Hayat Menuju Masyarakat Berpengatahuan” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 2 (1). http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/107.

Hami, Eli. (2016). “Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Ilmiah dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling” Istiqra’, 3 (2). http://www.umpar.ac.id/jurnal/index.php/istiqra/article/view/261.

Harmsem, Joop. (2007). “Measuring Bioavailabity: From A Scientific Approach to Standard Methods” Journal Environment Quality, 36 (1): 1420-1428. https://doi.org/10.2134/jeq2006.0492.

Hati, Silvia Tabah. (2017). “Model Pendidikan Karakter yang Baik di Sekolah Alam” Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial dan Budaya, 1 (2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/1399.

Hayati, M.N., et.al. (2013). “Pengembangan Pembelajaran IPA SMK dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2510.

Henukh, Febriana Marthin. (2016). “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di SDN Cepit, Bantul” Basic Education, 5 (5). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/976.

Hidayati, Arini Ulfah. (2017). “Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4 (2). https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2222.

Hufri. (2018). “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru-guru IPA SMP Solok Selatan Melalui Pendampingan Implementasi Pembelajaran Kontektual Berbasis Pendekatan Saintifik” Pelita Eksakta: Journal of Mathematics and Sciences Community Engagement, 1 (2): 108-112. http://pelitaeksakta.ppj.unp.ac.id/index.php/pelitaeksakta/article/view/28.

Husin, Basri. (2009). “Beberapa Aspek Epistemologi: Konsep, Tabiat dan Sumber-sumber Ilmu dalam Tradisi Islam” Jurnal Usuluddin, 30 (1): 185-208. http://mojes.um.edu.my/index.php/JUD/article/view/7358.

Isnin, Yayu Hardiyanti. (2018). “Peran Komunitas Mengajar Terhadap Pendidikan di Kecamatan Muncang Provinsi Banten (Studi Kasus: Komunitas Gerakan Ayo Mengajar)” Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. http://103.229.202.68/dspace/handle/123456789/39882.

Istikomah, Dhian Ariesta & Padrul Jana. (2018). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Perkuliahan Aljabar Matrik” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2438.

Jannah, Fathul. (2015). “Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar” Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 1 (2). https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/711.

Kadir, Abdul. (2013). “Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah” Dinamika Ilmu: Journal of Education, 13 (1). https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20.

Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun et.al. (2020). “Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Sinestesia, 10 (1): 41-48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.

Kurniawan, Afan. (2019). “Kiprah Komunitas Pelajar Mengajar pada Masyarakat Nelayan Sukolilo Surabaya” Tesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/35478/.

Kusumawati, Yuli, et.al. (2017). “Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks di SMK Negeri 1 Miri Sragen” Tesis, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/53202/.

Lades, Leonhard, et.al. (2020). “Daily Emotional Well-Being During the Covid-19 Pandemic” British Journal of Health Psychology. https://doi.org/10.1111/bjhp.12450.

Machin, A. (2014). “Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2898.

Maknun, Djohar. (2014). “Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kualitas Argumentasi Siswa Pondok Pesantren Darul Ulum PUI Majalengka pada Diskusi Sosiosaintifik IPA” Jurnal Tarbiyah, 21 (1). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/221.

Marjan, Johari. (2014). “Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Muallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4 (1). http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316.

Mas, Sitti Roskina. (2011). “Partisipasi Masyarakat dan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan” El-Hikmah, 8 (2). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/2243.

Muali, Chusnul. (2016). “Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar” Pedagogik Jurnal Pendidikan, 3 (2). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/119.

Mulatsih, Bekti. (2020). “Apllication of Google Classroom, Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5 (1). https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129.

Niron, Maria Dominika, et.al. (2013). “Rujukan Integratif dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar” Jurnal Kependidikan, 43 (1): 19-31. https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2247.

Noviyanti, Erna. (2017). “Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Literasi Sains di Sekolah Dasar” Prosiding Seminar Nasional. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2017/6%20Erna%20Unissula.pdf.

Nurhidin, Edi. (2017). “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual dan Pengembangan Budaya Religius di Sekolah” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1 (1). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/23.

Perta, Presilia Aditya, et.al. (2017). “Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Menalar Siswa Melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1 (1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/3153.

Purwanto, Agus, et.al. (2020). “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2 (1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Ramdani, Emi. (2018). “Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter” Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 10 (1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/8264.

Rostika, Deti & Prihantini. (2019). “Pemahaman Guru tentang Pendekatan Saintifik dan Implikasinya dalam Penerapan Pembelajaran di Sekolah Dasar” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11 (1): 86-94. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/14443.

Saregar, Antomi. (2016). “Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa” Al-Biruni: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5 (1). http://103.88.229.8/index.php/al-biruni/article/view/105.

Sari, Fitri Kurnia. (2017). “Implementasi Pendekatan Saintifik pada Penugasan Aktivitas di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013” Jurnal Pendidikan Edutama, 4 (1). https://www.ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/44.

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran Vol. 15. Jakarta: Lentera Hati.

Sinaga, Juster Donal. (2018). “Tingkat Dukungan Orangtua Terhadap Belajar Siswa” Indonesian Journal of Educational Counseling, 2 (1): 43-54. https://doi.org/10.30653/001.201821.19.

Sukmawati, Wati. (2017). “Pembelajaran Kontekstual dengan Saintifik Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi dan Sikap Sains Siswa” BioEduScience: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1 (1). https://journal.uhamka.ac.id/index.php/bioeduscience/article/view/1085.

Susanto, Muhammad Yudi, et.al. (2019). “Pengembangan Pola Pikir Rasional dan Objektif dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Scientific” Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1 (1): 12-18. http://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/9302.

Umi. (2015). “Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro” Scholari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5 (1): 24-38. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4.

Utari, Ni Komang Tris, et.al. (2015). “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Pengetahuan Konseptual Siswa pada Tema Cita-citaku Kelas IVB SD Negeri 4 Pemecutan” Mimbar PGSD Undiksha, 3 (1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6166.

Wana, Prima Rias. (2018). “Implementasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Budaya Literasi di Sekolah Dasar” Jurnal Tunas Bangsa, 5 (2): 133-142. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/661.

Wardani, Eva Rosita Sulistia. (2014). “Analisis Kesesuaian Kegiatan Pembelajaran Pendekatan Saintifik dengan Tujuan Pembelajaran di SMAN Mojokerto” BioEdu, 3 (3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/9593.

Wijayanti, A. (2014). “Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/3107.

Wina, Demi Roma, et.al. (2017). “Studi Kasus Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri 5 Semarang” Journal of Innovative Science Education, 6 (1). https://doi.org/10.15294/jise.v6i1.17045.

Yuhety, Harina. et.al. (2008). “Indikator Mutu Program Pendidikan Sepanjang Hayat” Jurnal Ilmiah Visi, 3 (2). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/7544.

Yunitasari, Made Ayu Mas, et.al. (2015). “Analisis Kemampuan Siswa Kelas IV di SDN 6 Panjer dalam Kegiatan Mengkomunikasikan Pembelajaran Tema Cita-citaku dengan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013” Mimbar PGSD UNDIKSHA, 3 (1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/4942.

Published
2020-12-25
How to Cite
Rahmaini, R. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MASA COVID-19 BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI ANAK USIA DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 184-201. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a8.2020
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 2590 times