ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR)

  • Melisa Putri Universitas Jambi
    (ID)
  • Eko Kuntarto Universitas Jambi
    (ID)
  • Alirmansyah Alirmansyah Universitas Jambi
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar, dan cara mengatasi kesulitan belajar yang dilaksanakan secara daring di era pandemi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 058/XI Koto Dumo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun data dalam penelitan ini diperoleh dari pengamatan kelas daring dan wawancara yang dilaksanakan secara daring. Kemudian peneliti menganalisis data yang diperoleh dengan mereduksi dan mengklasifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas III Sekolah Dasar yang dilaksanakan secara daring yaitu kesulitan dalam memahami materi pelajaran, kesulitan menemukan tutor yang membantu siswa memahami materi pembelajaran, dan kesulitan konsentrasi belajar. Faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar yaitu alat atau fasilitas belajar, malas dan bosan, dan rendahnya dukungan dari orang tua. Cara mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan menciptakan metode dan strategi belajar daring yang menarik, perlunya pendampingan orang tua saat proses belajar anak, dan mencari lokasi atau area full wifi.

Abstract

The purpose of this study was to describe the students' learning difficulties, the factors that cause learning difficulties, and how to overcome learning difficulties that were carried out online during the pandemic era. This research was conducted in SD Negeri No. 058/XI Koto Dumo. The approach used in this research was a qualitative approach using case study research. The data in this study were obtained from online class observations and interviews. Then, the researchers analyzed the data by reducing and classifying. The results indicated that the learning difficulties of the third-grade elementary school students during distance learning were difficulties of understanding the subject matter, finding tutors to help them understand the learning materials, and learning concentration. The factors of learning difficulties were learning tools or facilities, laziness and boredom, and low support from parents. The way to overcome learning difficulties was by creating interesting online learning methods and strategies, parental assistance during the child's learning process, and looking for locations or areas with good connection or wifi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arirahmanto. (2018). Psikologi Kognitif. Srikandi.

Febrianto, P. T., Mas’udah, S., & Megasari, L. A. (2020). Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island, Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8), 233–254. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.8.13

Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hidayat, F., & Imroatun. (2018). Keluarga Berencana dan Pengasuhan Anak Usia Dini di Indonesia Perspektif Psikologi. Internasional Proceeding Seminar “Konsepsi dan Implementasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini,” 164–171. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/60131608/2018-fat-im-KB20190727-2364 -dupl3z.pdf?1564238683=&response-content-disposition=inline%3B+filename %3DKeluarga_Berencana_Dan_Pengasuhan_Anak_U.pdf&Expires=1623625408&Signature=SPbB2MOFNZFYts30NlXdII9qajPYaxbLl

Husein, M. Bin. (2020). Kesulitan Belajar pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Jurnal Cahaya Pendidikan, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2381

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21 580/nw.2014.8.2.580

Lassoued, Z., Alhendawi, M., & Bashitialshaaer, R. (2020). An Exploratory Study of the Obstacles for Achieving Quality in Distance Learning during the Covid-19 Pandemic. Education Sciences, 10(9), 1–13. https://doi.org/10.3390/educsci1009 0232

Lestari, S. W. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Masa Pandemi. https://www.academia.edu/42850434/Selvy_Windy_Lestari_15 03618034_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_Dalam_Masa_Pandemi

Lestariningrum, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Adjie Media Nusantara.

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena, 4(1), 63–76. https://doi.org/10.2 1093/fj.v4i1.279

Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (JIKDISKOMVIS), 2(1), 1–14. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/28

Nassr, R. M., Aborujilah, A., Aldossary, D. A., & Aldossary, A. A. A. (2020). Understanding Education Difficulty during Covid-19 Lockdown: Reports on Malaysian University Students’ Experience. IEEE Access, 8, 186939–186950. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3029967

Negara, J. D. K., & Syadiah, T. (2018). Pengaruh Penerapan Teknik Rileksasi terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(2), 142–147. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12486

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the Covid-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/ 10.29333/ejecs/388

Rifa’i, S. D., & Sakinah, H. (2021). Tinjauan Hukum Islam atas Peran Ganda Orang Tua terhadap Pembelajaran Online Anak di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 15(1), 93–105. https://ejournal.iaingawi. ac.id/index.php/almabsut/article/view/509

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9 759

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Suryabrata. (2012). Psikologi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Rajagrafindo Persada.

Yazdi, M. (2012). E-Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152. http://jurnal.untad. ac.id/jurnal/index.php/FORISTEK/article/view/665

Yulianti, E., & Hayyun, M. (2020). Kesiapan Guru dalam Implementasi E-Learning di Masa Pandemi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac. id/index.php/semnaslit/article/view/7873

Yustina, Y., Halim, L., & Mahadi, I. (2020). The Effect of “Fish Diversity” Book in Kampar District on the Learning Motivation and Obstacles of Kampar High School Students through Online Learning during the Covid-19 Period. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 7–14. https://doi.org/ 10.46843/jiecr.v1i1.

Published
2021-06-16
How to Cite
Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91-108. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a8.2021
Section
Vol. 8 No. 1
Abstract viewed = 5656 times