Perilaku Hedonisme Remaja di Mall Panakukkang Makassar

  • Ritma Resita Pengembangan Masyarakat Islam UIN Alauddin
    (ID)
  • Syamsuddin AB Pengembangan Masyarakat Islam UIN Alauddin
    (ID)
  • Syamsuddin AB Pengembangan Masyarakat Islam UIN Alauddin
    (ID)

Abstrak

Dampak sosial yang ditimbulkan perilaku remaja di Mall Panakukkang akibat pola hedonisme remaja. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif, dengan metode pendekatan sosiologi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer meliputi 10 orang informan remaja yang cenderung berperilaku hedonisme di Mall Panakukkang Makassar. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan library research. Instrumen penelitian peneliti sendiri. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan dampak yang ditimbulkan perilaku hedonisme remaja: 1) Berperilaku konsumtif yang membeli atau memakai suatu barang yang tidak didasarkan pada pertimbangan rasional tetapi hanya untuk bermewah-mewahan. 2) Mentalitas instan membawa manusia untuk tidak usah melalui proses berbelit-belit dalam hal mendapatkan suatu kebahagiaan. Fenomena remaja masa kini kecenderungan untuk memilih hidup enak, mewah, dan serba berkecukupan tanpa bekerja keras. Perbuatan boros gaya hidup yang gemar berlebih-lebihan dalam menggunakan uang. Para remaja merasa termotivasi berprilaku hedonisme dengan alasan: 1) Ingin refreshing karena banyak tugas kuliah, banyak laporan, banyak tugas, pokoknya serba banyak ia merasa refreshing bisa membuat fikirannya jernih kembali. 2) Rekreasi, bagi remaja mall menjadi sarana rekreasi untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman mereka dengan belanja, nongkrong di cafe, nonton bioskop.

Diterbitkan
2022-05-30
Bagian
Vol. 7 No. 1 Mei-Agustus 2022
Abstrak viewed = 92 times