PENGEMBANGAN TES KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan tes kognitif yang valid dan reliabel, dengan tes yang memiliki tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh pada materi sistem pernapasan pada siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 SMAN 1 Makassar. Proses pengembangan perangkat tersebut menggunakan model pengembangan tipe formatif research oleh Tessmer. Data validitas isi dianalisis secara matematis menggunakan rumus Gregory, sedangkan validitas empiris menggunakan korelasi point biserial. Reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan program ITEMAN, sedangkan tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh dianalisis dengan menggunakan bantuan analisis ANATES Ver. 4. Hasil ujicoba menghasilkan tes kognitif dengan soal tes bentuk pilihan ganda sebanyak 50 nomor, 25 nomor untuk paket A dan 25 nomor untuk paket B. Keselurah paket soal dinyatakan valid dan reliabel dengan tingkat kesukaran untuk masing-masing paket dari kategori sulit, sedang, dan mudah yaitu 1:2:1. Daya beda masing-masing paket berada pada kategori baik. Efektivitas pengecoh masing-masing paket berfungsi dengan baik.Downloads
References
Ali, Ahmad (2014). Pengembangan Perangkat Asesmen Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia Berbasis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Biotek (Online),Vol.2,No.1(http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1686 , diakses 09 November 2016).
Anwar, Syafri. (2006). Peningkatan Kinerja Guru dalam Membuat Soal Objektif melalui Umpan Balik. Jurnal Pendidikan don Kebudayaan. No. 059, Tohun Ke-12, Morel 2006.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Teknik Evaluasi. Jakarta: Diknas.
Haling. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: UNM Makassar.
Mahaputri, Ni Luh Putu., Nyoman Dantes, I Wayan Sadia. (2013). Pengembangan tes prestasi belajar berbasis taksonomi Anderson dan krathwohl pada kompetensi dasar fisika Smk kelas x semester ganjil se-kota singaraja. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA (online). Vol. 3 (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal-ep/article/view/763, diakses 20 Juli 2016).
Mansyur, Rasyid, H. & Suratno. (2009). Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Nurhayati. (2011). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Makassar: Jurusan Biologi Universitas Negeri Makassar.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahayu, T., Purwoko & Zulkardi. (2008). Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMPN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika (Online), Vol. 2. No. 2 (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/301, diakses 20 Juli 2016).
Republik Indonesia, Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. II; Jakarta: Sinar Grafika, 2009.
Ruslan. (2005). Prinsip Dasar Evaluasi. Makassar: Disampaikan pada Diklat Guru Sekolah Dasar Mata pelajaran Matematika. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan.
______. (2009). Validitas Isi. Buletin Pa’biritta No. 10. Tahun VI, 18-19
Safari. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.
Taufiq, Ainul U. (2013). Pengembangan Tes Kognitif Berbasis Revisi Taksonomi Bloom Pada Materi Sistem Reproduksi untuk Siswa SMA. Jurnal Biotek (online), Vol. 3, No. 2 (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1014, diakses 26 Juli 2017).
Uno, Hamzah B., Koni, Satria. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Yahya, Yudrik. (2003). Wawasan Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Widodo. (2010). Analisis Butir Soal Tes. Jurnal Pendidikan Penabur - No.14/Tahun ke-9/Juni 2010
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.