Efektivitas Penggunaan Media Film Kartun terhadap Peningkatan Maharah Al-Kalam Peserta Didik

  • Chamdar Nur Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Alauddin
    (ID)

Abstrak

هدف هذا البحث هو وصف مهارة الكلام لدى طلاب الصف العاشر الثانوي الذين تم تعليمهم بدون استخدام الافلام الكرطونية عند تعليمهم اللغة العربية, ووصف نفس المهارة لدى الطلاب الذين تم تعليمهم باستخدامها عند تعليمهم اللغة العربية, واختبار مدى فعالية الوسائل الافلام الكرطونية في تعليمها من أجل ترقية مهارة الكلام لدى طلاب. وهذا البحث هو بحث الكمي من نوع التجربة. وسكان البحث هم طلاب. وطريقة جمع  بياناته هي: الملاحظة, والإختبار القبلي والبعدي والتوثيق. وأما التقنية التي تم بها تنظيم البيانات وتحليلها فهي الإنحدار الخطي البسيط. ودلت نتائج البحث وفقا لنتائج اختبار الفرضيات مع الاستعانة ب t الاختبارية على ان t دلت علي أن النتيجة المحسوبية اقل 0,005 فهذه النتيجة أصغر من Alfa 0,05 وتدل على أن Ha مقبولة, فمن هذه النتيجة تدل على أن استخدام وسائل الافلام الكرطونية تكون فعالية ظاهرة في ترقية مهارة الكلام لدى طلاب. أن مهارة الكلام التي يتجلى بها طلاب الفصل التجريبي تكون في المرتبة الجيدة, ولذلك يجب استخدامه استمراريا حتى يصل إلى المستوى الجيد جدا أو الممتاز.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan maharah al-kalam peserta didik yang diajar tanpa menggunakan media film kartun dalam pembelajaran bahasa Arab, dan untuk mendeskripsikan maharah al-kalam peserta didik yang diajar dengan menggunakan media film kartun dalam pembelajaran bahasa Arab, serta untuk menguji efektivitas penggunaan media film kartun dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan maharah al-kalam  peserta didik. Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis eksperimen. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan t-test, Hal tersebut ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,005 lebih kecil dari nilai Alfa 0,05. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media film kartun efektif terhadap peningkatan maharah al-kalam peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2010.

Arsyad, Azhar, Teknologi Pembelajaran Agama, Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Arsyad, Azhar, Hamalik, Oemar, Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Andily Bakti, 1989.

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. IV; Bandung: Remaja Rosda karya, 2014.

Herman, Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Visual Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs. DDI AD Galesong Baru

Makassar. Universitas Negeri Makassar, 2010.

Ahmad, Abdul Karim H, Media Pembelajaran, Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2007.

Ahmad, Abdul Karim H, dkk., Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Mathar, Muh. Quraisy, Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu Perpustakaan, Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Musdalifah, Efektivitas Penggunaan Al’ab Lugawiyyah Terhadap Peningkatan Maharah Al-Kalam di MAN 2 Watampone. Universitas Negeri Alauddin, 2016.

Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Prasetyo, Bambang dan Mifathul jannah, Lina, Metode Penelitian Kuantitatif, Cet. VIII, Jakarta; Grafindo Persada, 2013.

Rosyidi, Abd.Wahab dan Ni’mah, Mamlu’atul, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Rosyidi, Abdul Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Ahmad Izzan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2009.

Rahman, Abd. Strategi Guru Bahasa Arab dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Memahami Teks Bahasa Arab Peserta Didik Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Negeri Makassar, 2015.

Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Cet. I; Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Sadiman, Arif S., dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya, Cet. I; Jakarta: CV. Rajawali, 1998.

Sadiman, Arief S, dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Siregar, Syofian, Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta: PT Bumi, 2014.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad, Media Pengajaran; Penggunaan dan Pembuatannya, Cet. IV; Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo, 2001.

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet. XI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Sudjana, dkk , Media Pengajaran Bahasa, Klaten: PT Intan Pariwara, 1988.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. III; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alafabeta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Method, Bandung: Alfabeta, 2013.

Suharjo, Bambang, Analisis Terapan dengan SPSS, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Tayibnapis, Farida Yusuf, Evaluasi Program, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Usman, Basyiruddin, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Widyastuti dan Nurhayati, Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Kementerian Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.

Diterbitkan
2019-06-29
Abstrak viewed = 4725 times