Determinan Tingkat Pendapatan Nelayan Perahu Motor Tempel

  • Wardihan Sabar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) https://orcid.org/0000-0003-3858-2950
  • Nur Indasari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Kabupaten Takalar sebagai salah satu sentrum produksiperikanan tangkap di Sulawesi Selatan, mengalami peningkatan produksi dari waktu ke waktu. Akan tetapi, kondisi tersebut justru belum mampu meningkatkan pendapatan nelayan secara signifikan di wilayah ini. Hal tersebut semakin diperparah dengan rendahnya tingkat produktifitas nelayan, sehingga masalah ini kian begitu kompleks secara keseluruhan di Kabupaten Takalar, termasuk yang ada di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan perahu motor tempel di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan eksplanatori. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan teknik kuesioner. Analisis data dilakukan melalui teknik regresi linear berganda dengan pendekatan fungsi Cobb-Douglas, dan pengujian Asumsi Klasik. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel biaya bahan bakar minyak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan nelayan perahu motor tempel di Desa Tamasaju, pengalaman melaut berpengaruh positif namun tidak signifikan, sedangkan lama melaut dan umur nelayan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pendapatan nelayan perahu motor tempel di Desa Tamasaju. Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam menyusun kebijakan dan strategi untuk meningkatkan pendapatan nelayan perahu motor tempel di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.

 

Kata Kunci: Determinan Pendapatan, Nelayan, Perahu Motor.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addini, Ikhtaroma, 2016. Praktek Sosial Nelayan Sebelum Melaut di Kelurahan Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Volume 04 Nomor 03.

Al Arif, M. Nur Rianto, Euis Amalia, 2010. Teori Mikroekonomi Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana.

Anggia Rahmi Tiara, dkk , 2013. Usaha Perikanan Tangkap Skala Kecil di Sedang, Provinsi Istimewa Yogyakarta, Jurnal “Amanisal” PSP FPIK Unpatti- Ambon.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan, 2016. Kabupaten Takalar Dalam Angka.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan, 2016. Kecamatan Galesong Utara Dalam Angka

Imron, Masyuri. Kemiskinan Dalam Masyarakat Nelayan. Jurnal. Jakarta: PMB-UPI, 2003.

Jamal, Bahrul. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan (Study Nelayan Desa Klampis Kebupaten Bangkalan). Jurnal Universitas Brawijaya Malang.

Kusnadi, 2006. Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Bandung: Humaniora.

Kusnadi, 2009. Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Yogyakarta.

Masyhuri, 2007. Ekonomi Mikro. UIN Malang Press.

Mulyadi, 2007. Ekonomi Kelautan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ngurah Agung, I Gusti, 2004. Statistika Penerapan Metode Analisis untuk Tabulasi Sempurna dan Tak Sempurna dengan SPSS. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Perdana Gumilang, Andi, 2010. Tingkat Pendapatan Usaha Penangkapan Ikan Akibat Kenaikan Harga BBM Pada Nelayan Payang Di Ppi Bandengan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Skripsi: Institut Pertanian Bogor.

Prakoso, Jati, 2013. Peranan Tenaga Kerja, Modal, dan Tekhnologi Terhadap Pendapatan Masyarakat Nelayan Di Desa Asemdayong Kecamatan Taman Kabupaten Pamalang. Skripsi Universitas Negeri Malang.

Rahim, Abd, and Diah Retno Dwi Hastuti. "Determinan Pendapatan Nelayan Tangkap Tradisional Wilayah Pesisir Barat Kabupaten Barru." Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan 11.1 (2016): 75-88.

Rahim, A., & Hastuti, D. R. D. (2016). Determinan Pendapatan Nelayan Tangkap Tradisional Wilayah Pesisir Barat Kabupaten Barru. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 11(1), 75-88.

Rahim, Abd; Hastuti, Diah Retno Dwi. Determinan Pendapatan Nelayan Tangkap Tradisional Wilayah Pesisir Barat Kabupaten Barru. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 2016, 11.1: 75-88.

Sri Eko Wiyono, Pengaruh Lama Melaut dan Jumlah Hauling terhadap Hasil Tangkapan Ikan pada Perikanan Gillnet Skala Kecil di Pekalongan Jawa Tengah, Jurnal Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Vol. 3 No. 1, 2012.

Soekartawi, Faktor Produksi Dalam Menghasilkan Barang dan Jasa. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2002.

Soekartawi, Faktor-faktor Produksi. Jakarta, Salemba Empat.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombnasi.Bandung: Alfa Beta.

Sukirno, Sadono, 2009. Ekonomi Pembangunan, Proses, Masalah, dan Dasar Kebijaksanaan. Jakarta: Bina Grafika

Yofratha Jehau, Handrianus, 2009. Analisis Tekhnik, Biologis, dan Ekonomi Pengembangan Usaha Perikanan Purse Seine Di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Skripsi Universitas Hasanuddin.

Yusuf Agunggunanto, Edy, 2011. Analisis Kemiskinan dan Pendapatan Keluarga Nelayan Kasus Di Kecamatan Wedung Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Jurnal Fakulatas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Published
2018-06-25
How to Cite
Sabar, W., & Indasari, N. (2018). Determinan Tingkat Pendapatan Nelayan Perahu Motor Tempel. EcceS: Economics Social and Development Studies, 5(1), 43-60. https://doi.org/10.24252/ecc.v5i1.5236
Section
Volume 5 Nomor 1, Juni 2018
Abstract viewed = 756 times