Apakah yang Memengaruhi Fenomena Migrasi Masuk ke Wilayah Perkotaan?

  • Moh Isa Ashari
  • Ahmad Kafrawi Mahmud

Abstract

Dinamika kependudukan terjadi karena adanya dinamika kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk terhadap perubahan-perubahan dalam jumlah, komposisi dan pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan angkatan kerja yang tidak sebanding dengan penyediaan lapangan kerja yang berarti bahwa tingkat pengangguran semakin besar, keadaan tenaga kerja yang mendorong meningkatnya mobilisasi dikalangan penduduk. Perpindahan penduduk dari desa ke kota sebagian besar dipengaruhi oleh faktor ekonomi yaitu harapan untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik dikota. Dengan tingkat upah yang lebih tinggi. Selain itu, semakin tingginya tingkat pendidikan akan mendorong penduduk untuk melakukan migrasi dengan tujuan untuk mendapatkan kesempatan kerja yang sesuai dengan tingkat pendidikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi minat migrasi ke kota Makassar. Penelitian dilaksanakan di Kota Makassar dengan metode kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Analisis model persamaan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan data panel.  Hasil penelitian menunjukan terdapat empat faktor yang memengaruhi penduduk untuk bermigrasi ke Kota Makassar yaitu UMP, investasi, pengeluaran pemerintah dan kesempatan kerja. Dimana tingkat upah dan kesempatan kerja yang paling kuat pengaruhnya terhadap penduduk yang masuk ke Kota Makassar (Migrasi Masuk). Sebagian besar penduduk yang masuk ke Kota Makassar adalah penduduk yang  berinisiatif untuk mendapatkan perekonomian yang lebih layak dan meningkatkan pendapatan dari daerah asalnya.

 

Kata Kunci: Migrasi, UMP, Investasi, Pengeluaran Pemerintah dan Kesempatan kerja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandiono, S dan Alihar, F. 1999. Tinjauan Penelitian Migrasi Internasional di Indonesia, Bandung: Penerbit Alumni.

BPS Kota Makassar. Jumlah penduduk Kota Makassar, PDRB, UMP, Migrasi Masuk, Pengeluaran Penerintah, Kesempatan Kerja di Kota Makassar 2003-2017

Didit Purnomo, SE. 2004. Studi Tentang Pola Migrasi Sirkuler Asal Wonogiri ke Jakarta. MIESP Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Dinas Penanaman Modal Makassar (BKPM). Perkembangan nvestasi Kota Makassar

Guritno. Algifari, Mangkoesoebroto.1998. Teori Ekonomi Makro.Yogyakarta:STIE YKPN.

Hugo. Graeme J, (1981). Population and Mobility in West Java, Disertasi . Yogya-karta : Gadjah Mada University Press

Kuncoro, Mudrajad. 2012. Perencanaan Membangun Ekonomi Lokal, Kota dan Kawasan, Jakarta: Penerbit Salemba Empat, Jakarta Selatan.

Lee, Everett. S. 1976. Teori Migrasi. Pusat Penelitian Kependudukan UGM. Yogyakarta.

Mantra. I. Abustam. (1989: 20). Gerak Penduduk Pembangunan dan Perubahan Sosial. Jakarta : Universitas Indonesia.

Mantra, Ida Bagoes, Tukiran, Kasto, dan R. Riyanto (waridin 2002). Teori Dan Metodologi Studi Kependudukan. Yogyakarta: Pusat Antar Universitas, Universitas Gadjah Mada.

Munir, R. (1981). Dasar - Dasar Demografi Migrasi . Jakarta: Lembaga Demografi UI.

Murray, H. 1983. Explorations In Personality. New York : Oxford University Press

Nuraini Atik. 2006. Analisis Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Minat Migrasi Sirkuler Menginap/Mondok (Studi Kasus Kabupaten Boyolali). Skripsi S1(tidak dipublikasikan) FE UNDIP : Semarang.

Puspitasari. Ayu Wulan. 2010. Analisis Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Minat Migrasi Sirkuler ke Semarang.

Ravenstein, 1985. Teori Migrasi. Pusat Penelitian Kependudukan UGM. Yogyakarta.

Tjiptoherijanto, Prijono. (2000). Mobilitas Penduduk dan Pembangunan Ekonomi. Simposium Dua Hari Kantor Mentrans dan Kependudukan/BAKMP di Jakarta Naskah No.20 , 1-10.

Rahanatha, Bayu, 2008, Skema Pembentukan Positioning Terhadap Pendengar Dari Sebuah Stasiun Radio, Jakarta : Visuo

Soliha, E., Taswan. (2002). Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Serta Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, STIE Stikubank Semarang, 1-18.

Sukirno, Sadono. 2000. Makroekonomi Modern. Jakarta: PT Raja Drafindo Persada.

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sunariyah, 2003. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, edisi ke tiga, UPP-AMP YKPN, Yogyakarta

Speare Jr, A. 1975 Interpreting the Migration Data from the 1971 Cencus. Majalah Demografi Indonesia, 2 (3), 1975. hal 66 - 68

Widarjono Agus. 2009. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya.Edisi Ketiga. EKONISIA. Yogyakarta

Published
2018-06-25
How to Cite
Ashari, M. I., & Mahmud, A. K. (2018). Apakah yang Memengaruhi Fenomena Migrasi Masuk ke Wilayah Perkotaan?. EcceS: Economics Social and Development Studies, 5(1), 61-79. https://doi.org/10.24252/ecc.v5i1.5237
Section
Volume 5 Nomor 1, Juni 2018
Abstract viewed = 3324 times