GAYA KEPEMIMPINAN OTORITER (OTOKRATIS) DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN

  • Sri Wahyuni Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
    (ID)
  • Sukatin Sukatin Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
    (ID)
  • Inda Nur Fadilah Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
    (ID)
  • Winda Astri Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
    (ID)

Abstract

Abstract: Authoritarian Leadership Style (Autocitas) in Education Management

This paper was made to find out the impact of Authoritarian Leadership Style (Otokritas) in Education Management with Literature research methods by gathering various sources of writing sources to get specific conclusions, from this study it can be known that the model of Authoritarian Leadership (Otokritas) has a positive and negative impact. Among them can improve the work discipline of Educators and Education Personnel but many adverse effects of this Authoritarian leadership Style are that educators and educators tend to be passive and uncreative, and the lack of family in schools because educators and educators tend to feel afraid by the principal.

 

Abstrak: Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokritas) dalam Manajemen Pendidikan

Tulisan ini dibuat untuk mengetahui dampak Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokritas) dalam Manajemen Pendidikan dengan metode penelitian Kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai sumber sumber tulisan untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus, dari penelitian ini dapat diketahui bahwa model Kepemimpinan Otoriter (Otokritas) memiliki dampak positif dan negative. Diantaranya dapat meningkatkan disiplin kerja para Pendidik dan Tenaga Kependidikan tetapi banyak dampak buruk dari Gaya kepemimpinan Otoriter ini yaitu membuat Pendidik dan Tenaga Pendidik cenderung bersifat pasif dan tidak kreatif, dan kurangnya Kekeluargaan didalam Sekolah karena Pendidik dan Tenaga Pendidik cenderung merasa takut oleh Kepala Sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Wahyuni, Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
Mahasiswi
Sukatin Sukatin, Institut Agama Islam Nusantara Batanghari
Dosen

References

Chaniago, A. (2017). Pemimpin & Kepemimpinan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Dian Narulita Tristina, S. W. (2019). Kepemimpinan dan Kinerja Seri Praktis Peningkatan Kinerja Guru. Jawa Timur: Wade Publish.

Dinda Putri Halilintar, I. P. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter Pada Usia Remaja. Jurnal Hasil Kajian dan Penelitian dalam Bidang Keislaman dan Pendidikan, 386-397.

Hamzah B. Uno, N. L. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayatullah, R. (2018). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kinerja Guru IPS SMP dan MTs di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Guru.

Jamaludin, A. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kaho Indah Citra Garment Jakarta. Journal of Applied Business and Economics , 161-169.

Mulyadi, W. W. (2020). Pengantar Manajemen. Banyumas: Pena Persada.

Nawawi, H. (1993). Kepemimpinan Menurut Islam. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nisfu Kurniyatillah, S. A. (2020). Kepemimpinan Otoriter dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-IlmuSosial dan Keislaman, 160-174.

Ony, J. G. (2019). Kepemimpinan Otokratis Dalam Capaian Kinerja Bisnis ( (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Kuliner Khas Palembang ). Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.

Purwanggono, C. J. (2020). Buku Ajar Kepemimpinan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim.

Rohaeni, H. (2016). Model Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Ecodemica, 32-47.

Samsu. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan ( PUSAKA ).

Sari, H. M. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter terhada Loyalitas Melalui Kepuasan Kerja dan Stres Kerja Karyawan Perusahaan X di Blitar. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA, 179-190.

Published
2022-01-31
Section
Vol. 1 No. 2
Abstract viewed = 4199 times