EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL TERHADAP PENGOLAHAN DATA PENELITIAN MAHASISWA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Abstract
Abstract: The Effectiveness of Using Microsoft Excel Applications on Data Processing for Final Year Student Research in the Department of Islamic Education Management, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Alauddin Makassar
This study aims to determine the level of effectiveness of the use of Microsoft Excel on research data processing for final year students in the Department of Islamic Education Management, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Alauddin Makassar. This research is a quantitative study using a quantitative descriptive approach, with the population in this study all final year students in the Department of Islamic Education Management, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at UIN Alauddin Makassar, and for sampling in this study using random sampling technique and resulted in 31 students. The data collection technique in this study used a questionnaire or questionnaire, then the data obtained were analyzed using descriptive analysis techniques. And the results of the research obtained show that as many as 74.2% of respondents categorize that the use of Microsoft Excel is quite effective in processing research data for final year students in the Department of Islamic Education Management, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at UIN Alauddin Makassar.
Abstrak: Efektivitas Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel terhadap Pengolahan Data Penelitian Mahasiswa UIN Alauddin Makassar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari penggunaan Microsoft Excel terhadap pengolahan data penelitian mahasiswa tingkat akhir di jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini yaitu semua mahasiswa tingkat akhir di jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, dan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan menghasilkan sebanyak 31 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Dan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa sebanyak 74,2% responden yang mengkategorikan bahwa penggunaan Microsoft Excel cukup efektif digunakan dalam pengolahan data penelitian mahasiswa tingkat akhir di jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Downloads
References
Asti Riani Putri. (2015). Optimalisasi Penggunaan Microsoft Excel untuk Pengolahan Nilai Raport di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Adimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/j-adimas.v3i1.306.g154
Darmono, & M, H. A. (2005). Menyelesaikan Skripsi dalam Satu Semester. In Jakarta Grasindo (4th ed., p. 37). Jakarta: Jakarta Grasindo.
Dwi Widya Ningrum. (2011). Hubungan antara Optimisme dan Coping Stres pada Mahasiswa UEU yang sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Psikologi, 9(1), 41–47.
Hasnidar, Tasnim, Sitorus, S., Hidayati, W., Mustar, Fhirawati, … Sulfianti. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat. In Yayasan Kita Menulis (p. 57). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Heri Setyo Basuki. (2020). Teknologi Perkantoran (C2) Kelas X Malang. In Tim Quatum Book.
Hetty Patmawati, & Satya Santika. (2016). Penggunaan Software Microsoft Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir. Seminar Nasiona; Matematika X Universitas Negeri Semarang.
Kemendiknas RI. (2000), Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, Jakarta, Sekretariat Negara.
Radhya Yusri. (2020). Pelatihan Microsoft Excel sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengolah Data. Rangkiang (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1).
Rosana, D., & Setyawarno, D. (2016). Statistik Terapan untuk Penelitian Pendidikan. In UNY Press (1st ed.). Yogyakarta.
Sudarsana, I. K., Simarmata, J., Swasgita, I. P. H. Y., Suciati, N. P., Rudiadnyana, I. M., RN, K. B., & Pande Komang Novi Anggreni. (2018). Teknologi dan Aplikasinya dalam Pendidikan. In Jayapangus Press (pp. 46–50). Denpasar.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyudin Rajab. (2009). Buku Ajar Epidemiologi Untuk Mahasiswa Kebidanan. In Buku Kedokteran EGC (p. 66). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.