ANALISIS TIPOLOGI DAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Abstract: Analysis of Typology and Leadership Style in Islamic Education Institutions
This article aimed to analyze typology and leadership styles in Islamic education. The method used was literature review or literature study, where the researcher collected data sources from various works of literature related to the problem being studied. After that, the researcher analyzed, recorded, and managed the data obtained to conclude the problems studied. Data sources were primary and secondary data. The results indicated that: First, the type of educational leadership could be classified into participatory/democratic, autocratic, Laissez-Faire, transformative, paternalistic, and militaristic leadership. Second, the educational leadership model can be classified into Contingency (Fiedler Leadership), Vroom-Yetton Normative, and Transformational Leadership Models. Third, leadership according to the Prophet Muhammad, can be described that (1) A leader must have potential in his/her field; (2) Be gentle and accepting suggestions or criticisms; (3) Be fair in all activities; (4) Encouraging, caring, controlling followers continuously to develop their potential, or empowering existing resources to achieve goals. (5) Be patient, trustworthy, and trustful; and (6) Upholding the values of deliberation. Fourth, the relevances of the types, styles, and leadership models to Islamic education were in planning, managing, supervising, motivating, and controlling education implementers to achieve common goals.
Abstrak: Analisis Tipologi dan Gaya Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan Islam
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tipologi dan gaya kepemimpinan dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau studi literatur, yaitu peneliti melakukan pengumpulan data yang bersumber dari berbagai literatur yang terkait dengan masalah yang dikaji. Setelah itu, peneliti menganalisis, mencatat, dan mengelolah data yang didapatkan untuk menarik kesimpulan dari persoalan yang dikaji. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, tipe kepemimpinan pendidikan dapat diklasifikasikan terdiri dari tipe kepemimpinan partisipatif/demokratis, otokratif, laissez-Faire, transformative, paternalistis, dan militerialstis. Kedua, model kepemimpinan pendidikan dapat diklasifikasikan terdiri dari model kontingensi (fiedler leadership contingency model), model kepemimpinan normatif vroom-yetton, dan model jalur tujuan (transformational leadership model). Ketiga, kepemimpinan menurut Rasulullah saw., dapat deskripsikan bahwa (1) Seorang pemimpin harus mempunyai potensi di bidangnya; (2) Bersikap lemah lembut kepada yang dipimpinnya dalam artian terbuka dalam menerima saran atau kritikan; (3) Berlaku adil dalam segala aktivitasnya; (4) Mendorong, memperhatikan, dan mengontrol pengikutnya untuk senantiasa mengembangkan kemampuan atau memperdayakan sumber daya yang ada dalam rangka percapaian tujuan. (5) Bersikap sabar, amanah, dan tawakal; dan (6) Menjunjung tinggi nilai-nilai musyawarah. Keempat: adapun relevansi antara tipe, gaya, dan model kepemimpinan terhadap pendidikan Islam adalah membuat perencanaan, mengelola, mengawasi, memotivasi, dan mengontrol pelaksana pendidikan dalam rangka mencapai tujuan bersama.
Downloads
References
Adiwantari, S. A., Bagia, I. W., & Suci, N. M. (2019). Terhadap Kinerja Pegawai. 5(2), 101–111.
Aisah, S. N. (2020). No Title. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan, 1(2). https://doi.org/doi:10.31328/bmb.v1i2.100
Atmodiwirio, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. PT. Ardadizya Jaya.
Bahri, S. (n.d.). Teori Kepemimpinan dan model-model kepemimpinan. https://atibilombok.blogspot.com/2014/06/makalah-teori-kepemimpinan-dan-model.html
Firmansyah, K. G. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Lee Cooper Indonesia Jakarta Selatan. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Lee Cooper Indonesia Jakarta Selatan.
Majma’ al-Lugah al-Arabiyyah, al-Mu’jam al-Wasit, (Kairo, M.-S. ad-D. (2004). Majma’ al-Lugah al-Arabiyyah, al-Mu’jam al-Wasit, (Kairo, Maktabatusy-Syuruq ad-Dauliyah.
Manzur, I. (n.d.). Ibnu Manzur, Lisanul Arab, Jilid 1, hlm. 222.
Mattayang, B., & Artikel, I. (2019). JEMMA | JURNAL OF ECONOMIC ,. 2(4), 45–52.
Muhaimin, dkk. (2012). Manajemen Pendidikan (Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrash. Kencana, cet.4.
Nashiruddin Al-Albani, S. M. (n.d.). Mukhtashar Shahih Muslim, No. Hadis. 1206.
P. Siagian, S. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan (PT Rineka Cipta (ed.)).
Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan (Konsep dan Aplikasi). STAIN Press.
Rosaliawati, B. N. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. 3, 61–71.
Wahab, A. A. (2011). http://najibuddin17.blogspot.co.id/2021/02/tipe-kepemimpinan-dalam-pendidikan.html. Alfabeta.
Yukl, G. A. (1998). Kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta Prenhallindo. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=11287&pRegionCode=UNTAR&pClientId=650
Referensi dari situs internet:
http://atibilombok.blogspot.co.id/2021/02/makalah-teori-kepemimpinan-dan-model.html.
http://najibuddin17.blogspot.co.id/2021/02/tipe-kepemimpinan-dalam-pendidikan.html.
http://naufalsyawal.blogspot.co.id/p/pengertian-gaya-kepimpinan.html/2021/02.