THE EFFECTIVENESS OF PAIR WORK IN TEACHING SPEAKING

  • Fajriani Fajriani Universitas Sulawesi Barat
    (ID)
  • Melda Wahyuni Patawang Universitas Sulawesi Barat
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan bukti pengaruh Teknik Kerja Berpasangan terhadap kemampuan berbicara. Dilakukan di SMPN 2 Sa’dan dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilakukan dengan tes Berbicara dan Kuesioner untuk dilakukan di dalam kelas. Dilakukan dalam 6 kali pertemuan. Untuk mengetahui apakah Teknik Kerja Berpasangan untuk pengajaran berbicara efektif, diberikan tes berbicara pada kelompok Eksperimen di kelas IX-A untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Persentase kemampuan berbicara siswa pada Pre-test ditemukan bahwa 1) 0% siswa mendapat kategori sangat baik, baik, dan cukup, 2) persentase kategori kurang adalah 10% (ada 2 siswa), 3 ) persentase kategori sangat kurang adalah 90% (ada 18 siswa). Dan persentase kemampuan berbicara siswa pada Post-test ditemukan bahwa: 1) persentase kategori sangat baik adalah 0%, tetapi 2) persentase kategori baik adalah 10% (ada 2 siswa), 3 ) persentase kategori cukup 85% (ada 17 siswa), 4) persentase kategori kurang 5% (hanya 1 siswa), 5) persentase kategori sangat kurang 0%. Sedangkan untuk menentukan apakah Teknik Kerja Berpasangan untuk pengajaran berbicara efektif, kuesioner diberikan pada kelompok Eksperimen untuk mengetahui motivasi siswa. Persentase motivasi siswa diketahui bahwa: 1) persentase klasifikasi sangat termotivasi sebesar 15% (ada 3 siswa) 2) persentase klasifikasi termotivasi sebesar 75% (ada 15 siswa) 3) persentase persentase klasifikasi cukup termotivasi adalah 10% (ada 2 siswa). Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknik Kerja Berpasangan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan motivasi belajar siswa kelas 9 SMPN 2 Sa’dan Toraja Utara tahun pelajaran 2020/2021.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Volume 2, Number 03, December 2022
Abstrak viewed = 203 times