THE EFFECTIVENESS OF PAIR WORK IN TEACHING SPEAKING
Abstrak
Penelitian ini merupakan upaya untuk menemukan bukti pengaruh Teknik Kerja Berpasangan terhadap kemampuan berbicara. Dilakukan di SMPN 2 Sa’dan dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilakukan dengan tes Berbicara dan Kuesioner untuk dilakukan di dalam kelas. Dilakukan dalam 6 kali pertemuan. Untuk mengetahui apakah Teknik Kerja Berpasangan untuk pengajaran berbicara efektif, diberikan tes berbicara pada kelompok Eksperimen di kelas IX-A untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Persentase kemampuan berbicara siswa pada Pre-test ditemukan bahwa 1) 0% siswa mendapat kategori sangat baik, baik, dan cukup, 2) persentase kategori kurang adalah 10% (ada 2 siswa), 3 ) persentase kategori sangat kurang adalah 90% (ada 18 siswa). Dan persentase kemampuan berbicara siswa pada Post-test ditemukan bahwa: 1) persentase kategori sangat baik adalah 0%, tetapi 2) persentase kategori baik adalah 10% (ada 2 siswa), 3 ) persentase kategori cukup 85% (ada 17 siswa), 4) persentase kategori kurang 5% (hanya 1 siswa), 5) persentase kategori sangat kurang 0%. Sedangkan untuk menentukan apakah Teknik Kerja Berpasangan untuk pengajaran berbicara efektif, kuesioner diberikan pada kelompok Eksperimen untuk mengetahui motivasi siswa. Persentase motivasi siswa diketahui bahwa: 1) persentase klasifikasi sangat termotivasi sebesar 15% (ada 3 siswa) 2) persentase klasifikasi termotivasi sebesar 75% (ada 15 siswa) 3) persentase persentase klasifikasi cukup termotivasi adalah 10% (ada 2 siswa). Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknik Kerja Berpasangan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan motivasi belajar siswa kelas 9 SMPN 2 Sa’dan Toraja Utara tahun pelajaran 2020/2021.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).