A AN ANALYSIS OF THE USE OF EXTENSIVE READING IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 1 PANGALE

  • Fajriani Fajriani Universitas Sulawesi Barat
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca pemahaman serta untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca pemahaman. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain studi kasus kualitatif dimana sumber data penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 1 Pangale, dari 25 siswa kelas IX peneliti mengambil 5 siswa untuk diwawancarai dalam sampel penelitian dengan menggunakan random contoh. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengetahui rumusan masalah tentang penerapan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca pemahaman. Sedangkan, wawancara dilakukan untuk menentukan rumusan masalah tentang persepsi siswa tentang penggunaan membaca ekstensif dalam pemahaman membaca mengajar. Setelah mencapai penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca pemahaman memiliki efek yang baik pada pemahaman bacaan siswa. Hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah atau cara yang ditempuh seperti guru memulai dengan salam, berdoa, mengecek daftar hadir, dan menyampaikan garis besar cakupan materi. Kemudian guru memberikan teks sesuai dengan kemampuan dan keinginan siswa seperti teks naratif. Selanjutnya, meminta siswa untuk membaca teks dan kemudian meminta siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman membaca siswa. Seperti diketahui bahwa banyak siswa yang aktif ketika menjawab soal-soal teks bahasa Inggris. Setelah itu, proses belajar mengajar diakhiri dengan menyimpulkan dan memberikan tugas kepada siswa. Sedangkan hasil wawancara persepsi siswa tentang penggunaan membaca ekstensif dalam pembelajaran membaca pemahaman berpengaruh baik karena sebagian besar siswa kelas IX SMPN 1 Pangale menikmati proses belajar-mengajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara: Pertama, sebagian besar siswa setuju bahwa membaca ekstensif efektif diterapkan dalam pengajaran membaca pemahaman. Kedua, meningkatkan minat baca siswa dan menambah pengetahuan kosakata siswa. Ketiga, membaca ekstensif dapat meningkatkan motivasi siswa untuk membaca.
Kata kunci: Analisis Extensive Reading, Reading Comprehension

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-04-30
Bagian
Volume 3, Number 01, April 2023
Abstrak viewed = 95 times