A AN ANALYSIS OF THE USE OF EXTENSIVE READING IN TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 1 PANGALE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca pemahaman serta untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca pemahaman. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain studi kasus kualitatif dimana sumber data penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 1 Pangale, dari 25 siswa kelas IX peneliti mengambil 5 siswa untuk diwawancarai dalam sampel penelitian dengan menggunakan random contoh. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengetahui rumusan masalah tentang penerapan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca pemahaman. Sedangkan, wawancara dilakukan untuk menentukan rumusan masalah tentang persepsi siswa tentang penggunaan membaca ekstensif dalam pemahaman membaca mengajar. Setelah mencapai penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca pemahaman memiliki efek yang baik pada pemahaman bacaan siswa. Hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah atau cara yang ditempuh seperti guru memulai dengan salam, berdoa, mengecek daftar hadir, dan menyampaikan garis besar cakupan materi. Kemudian guru memberikan teks sesuai dengan kemampuan dan keinginan siswa seperti teks naratif. Selanjutnya, meminta siswa untuk membaca teks dan kemudian meminta siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman membaca siswa. Seperti diketahui bahwa banyak siswa yang aktif ketika menjawab soal-soal teks bahasa Inggris. Setelah itu, proses belajar mengajar diakhiri dengan menyimpulkan dan memberikan tugas kepada siswa. Sedangkan hasil wawancara persepsi siswa tentang penggunaan membaca ekstensif dalam pembelajaran membaca pemahaman berpengaruh baik karena sebagian besar siswa kelas IX SMPN 1 Pangale menikmati proses belajar-mengajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara: Pertama, sebagian besar siswa setuju bahwa membaca ekstensif efektif diterapkan dalam pengajaran membaca pemahaman. Kedua, meningkatkan minat baca siswa dan menambah pengetahuan kosakata siswa. Ketiga, membaca ekstensif dapat meningkatkan motivasi siswa untuk membaca.
Kata kunci: Analisis Extensive Reading, Reading Comprehension
##plugins.generic.usageStats.downloads##
An author who publishes in ELSTIC-IJ JOURNAL agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).